Trenz Indonesia
News & Entertainment

INDONESIA MENARI 2017 Sukses Digelar

Serentak Di JAKARTA, BANDUNG, DAN SOLO

403

Trenz Edutainment | Lebih dari 3.000 orang yang terdiri dari perorangan, berbagai komunitas generasi muda, sanggar tari, komunitas pecinta tari, sekolah dan universitas di Indonesia menari bersama di Jakarta, Bandung dan Solo guna memeriahkan perhelatan Indonesia Menari 2017, Minggu, (19/11).

Indonesia Menari  merupakan perhelatan rutin yang telah diselenggarakan sejak tahun 2012 oleh Bakti Budaya Djarum Foundation yang bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia lebih dekat dengan tarian tradisional yang dikemas secara modern.

Yang istimewa, baru pada tahun ini, perhelatan Indonesia Menari  yang menunjukan kemampuan menari para peserta  untuk memperebutkan hadiah ratusan juta rupiah ini dilangsungkan secara indoor dan berlangsung serentak di tiga kota yaitu, Jakarta, Bandung, dan Solo.

“Indonesia Menari merupakan salah satu upaya Bakti Budaya Djarum Foundation untuk mengenalkan seni tari tradisional Indonesia dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Melihat antusiasme masyarakat yang berada di luar Jakarta, maka dari itu, di tahun ini kami rasa perlu untuk melakukan penambahan kota yaitu di Solo dan Bandung. Sehingga, peserta di daerah sekitar Bandung dan Solo pun dapat berpartisipasi di Indonesia Menari 2017. Kami harap, melalui Indonesia Menari 2017 semakin banyak masyarakat khususnya generasi muda yang memiliki keinginan untuk mempelajari tarian tradisional Indonesia dan bangga akan seni budaya bangsa. #MariMenari!,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Indonesia Menari 2017 dilangsungkan dengan bentuk tarian massal koreografi yang menggabungkan beberapa gerakan tari tradisional nusantara dan tarian modern dengan durasi 4 menit yang diiringi musik aransemen Pongky Prasetyo yang menggabungkan lagu daerah dari Aceh (BungongJeumpa), Kalimantan Barat (Cik Cik Periuk), Jawa Barat (Cingcangkeling), Maluku (Rasa Sayange), Sulawesi Utara (Si Patokaan) dan Nusa Tenggara Timur (Gemu Fa Mi Re).

Tahun ini, Indonesia Menari 2017 dikonsep oleh Rosmala Sari Dewi dari CIOFF INDONESIA dengan gerakan tari tradisional yang dikemas secara modern. Para peserta dapat menyaksikan tutorial gerakan Indonesia Menari 2017 melalui https://www.indonesiakaya.com/indonesiamenari/tutorial. Para peserta diwajibkan untuk mengikuti gerakan tari yang telah dikonsep, namun gerakan ini terbuka untuk dikreasikan oleh para peserta misalnya pada peserta kelompok dapat berkreasi di pola lantai/blocking, variasi tinggi rendah pada setiap gerakan atau pengembangan komposisi koreografi bagi peserta individu.

“Untuk Indonesia Menari 2017 saya mengkolaborasikan beberapa gerakan tari tradisional dari beberapa daerah dengan menyisipkan sedikit gerakan tari modern. Gerakan yang cukup mudah untuk diikuti, sehingga para peserta yang bukan penari tak perlu merasa tidak percaya diri untuk berpartisipasi dalam acara ini. Karena menari dan melestarikan tarian daerah bukan hanya tugas penari, tetapi menjadi tugas kita semua sebagai masyarakat Indonesia,” ujar Rosmala Sari Dewi, CIOFF INDONESIA dan koreografer Indonesia Menari 2017.

Kegiatan Indonesia Menari 2017 dimulai serentak pada pukul 13.00 WIB dengan konsep indoor yang tersebar di beberapa area di Grand Indonesia, Jakarta; Mall The Park, Solo; dan 23 Paskal, Bandung. Acara ini juga diramaikan dengan kehadiran para pekerja seni yang turut menari bersama dalam kemeriahan Indonesia Menari 2017 di masing-masing kota. Aktor Fero Walandouw dan Marcell Darwin juga aktris Yuki Kato ikut terlibat menari bersama ribuan peserta di Jakarta, Ayushita dan Rangga Moela tampil di Solo, dan Citra Kirana bersama Morgan Oey ikut menari bersama para peserta Indonesia Menari 2017 di Bandung.

Baik penari atau bukan, siapapun dapat berpartisipasi dalam acara ini. Dengan tema kostum etnik modern, pendaftaran dibuka dengan 2 kategori yaitu individu dan kelompok dengan minimal 5 peserta dan maksimal 7 peserta per-kelompok. Para peserta juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah dengan total ratusan juta rupiah dalam bentuk subsidi.

“Selain itu, tersedia hadiah khusus yang kami persiapkan untuk kelompok dengan kostum terbaik yang akan diumumkan satu hari setelah acara melalui akun instagram @indonesia_kaya. Bagi peserta individu terbaik masing-masing akan mendapatkan hadiah berupa 1 unit handphone. Pemenang akan dipilih oleh para juri yang terdiri dari Bakti Budaya Djarum Foundation, CIOFF Indonesia, Grand Indonesia/Perwakilan Gandrung Dance Studio/Mall The Park Solo,” tambah Renitasari.

Berikut daftar nama pemenang Indonesia Menari 2017:

5 peserta terbaik kategori Individu masing-masing mendapatkan 1 unit SamgsungGalaxy J5 Pro persembahan Blibli.com, antara lain:

– Pinkyvi Tiffany Widajanto

– Fiqral Ifthahul Pahlawan

– Muhammad Tazul Arifin

– BungaArulia Gibran

– Indah Dwi Saraswati

Sedangkan untuk kategori kelompok, dimenangkan oleh:

Juara 1      :Sanggar Yusnita (mendapatkan Rp. 25.00/0.000 dalam bentuk subsidi)

Juara 2: Tutuh Pini (mendapatkan Rp. 20.000.000 dalam bentuk subsidi)

Juara 3: Satwika Garjita (mendapatkan Rp. 15.000.000 dalam bentuk subsidi)

Kelompok Favorit: Kelanamatra (mendapatkan Rp. 10.000.000 dalam bentuk subsidi)

(PR/Trenz Indonesia) | Foto: Dok. Bakti Budaya Djarum Foundation

Leave A Reply

Your email address will not be published.