Trenz Indonesia
News & Entertainment

Babaturan Bogor Baheula

Rutin Gelar Acara Baksos Ramadhan Sejak Tahun 2009

196

Trenz Lifestyle | Bakti sosial atau berbagi di bulan Ramadhan menjadi aktifitas rutin tahunan yang diselenggarakan komunitas Babaturan Bogor Baheula yang terbentuk sejak tahun 2009 lalu.

Seiring usia yang ke 9 tahun keberadaannya, untuk kali ke 9 pula, komunitas peduli masyarakat yang tergabung dalam Babaturan Bogor Baheula tersebut kembali menyelenggarakan acara bertajuk “Baksos Ramadhan 2018 – Babaturan Bogor Baheula” yang merupakan kegiatan bakti sosial Ramadhan untuk 700 kaum dhuafa dan 600 anak yatim/piatu pada Sabtu, 9 Juni di Rumah Endie, Jl. Ahmad Yani No. 80, Tanah Sareal, Kota  Bogor. Selain berbentuk uang, santunan juga diberikan dalam bentuk sarung dan mukena.

Abdul Rachman

Menurut Abdul Rachman, Ketua Panitia, setiap tahunnya di bulan Ramadhan, Babaturan Bogor Baheula konsisten untuk menyelenggarakan bakti kemanusiaan dengan tujuan dapat memberikan kontibusinya terhadap saudara saudara yang kurang beruntung, agar mereka dapat merasakan kebahagiaan bulan suci Ramadhan dengan mengajak saudara-saudara yang memiliki kelebihan rezeki agar dapat peduli terhadap sesama dan bersedia berbagi kebahagiaan dalam kegiatan sosial ini.

“Baksos Ramadhan merupakan agenda tahunan dari Babaturan Bogor Baheula yang kali ini terlaksana untuk ke 9 kalinya”, ujar Abdul Rachman yang akrab dipanggil Maman” saat acara “Baksos Ramadhan 2018 – Babaturan Bogor Baheula”, di Rumah Endie, Tanah Sareal, Bogor (9/6).

“Alhamdulillah, untuk tahun ini terkumpul donasi lebih dari 250 juta  atau 2.500 paket. Selain Baksos Ramadhan untuk 600 anak yatim/piatu dan lebih dari 700 kaum dhuafa yang digelar di Rumah Endie, kegiatan santunan juga dilanjut pada safari Ramadhan pada Senin 11  Juni hingga Kamis 14 Juni  2018 dengan mengunjungi beberapa Yayasan, Panti, Madrasah serta tempat lainnya yang dianggap layak, guna menyalurkan seluruh dana yang terhimpun”, jelas Maman.

Sementara menurut Lia Djaki, pengurus di Babaturan Bogor  Baheula, sebenarnya Komunitas Babaturan Bogor Baheula bukanlah perkumpulan yang terbentuk secara resmi. Awalnya teman kumpul sekolah yang kemudian menjadi wadah yang bertujuan untuk memfasilitasi teman teman sekaligus mencari dan menghimpun donasi dari saudara saudara yang ingin menyalurkan donasinya kepada pihak-pihak yang memang berhak untuk menerimanya.

“Awalnya teman kumpul waktu SMA atau SMP, kini anggotanya mencakup lintas generasi yang memiliki kepedulian sosial untuk sesama” ujar Lia Djaki.

Pada perjalananya, BakSos Ramadhan bukan menjadi aktifitas rutin satu-satunya yang diselenggarakan komunitas Babaturan Bogor Baheula. Namun juga beberapa aksi sosial pada moment moment tertentu.

“Kami hampir selalu berkumpul jika ada kegiatan BakSos, namun juga di acara lain seperti membantu korban bencana alam dan sebagainya” lanjut Lia Djaki.

“Permohonan zakat/sodaqoh/infak kepada para dermawan/donatur , jadwal kegiatan dan undangan kami publikasikan lewat media sosial”, jelasnya.

‘Dalam pelaksanannya, Babaturan Bogor Baheula berkoordinasi dengan pengurus yayasan yatim piatu, RT/RW setempat dan jaringan masing-masing donator untuk mengumpulkan data anak yatim dan dhuafa yang berasal dari wilayah sekitar”, ungkap Lia Djaki lebih lanjut.

Selaku bagian dari warga Bogor, penyanyi bersuara emas Vina Panduwinata merupakan artis yang terlibat aktif pada kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan komunitas Babaturan Bagor Baheula.`Bahkan Baksos Ramadhan 2018 merupakan kali ke-4 secara berturut turut bagi penyanyi yang dikenal sebagai si Burung Camar ini turut terlibat di kegiatan Babaturan Bogor Baheula.

Vina Panduwinata yang akrab dipanggil mama Ina bersama para donator yang hadir memeriahkan “Baksos Ramadhan 2018 -Babaturan Bogor Baheula”, kembali terlibat aktif berbaur sekaligus menghibur dengan melantunkan beberapa lagu hitsnya yang disambut ceria ratusan anak yatim yang hadir.

“Aku kan orang Bogor, tiga tahun sebelumnya aku selalu ikut kegiatan BakSos Ramadhan bersama Komunitas Babaturan Bogor Baheula” ujar Vina Panduwinata, usai menghibur anak-anak yatim di acara “Baksos Ramadhan2018 – Babaturan Bogor Baheula..

“Sebenarnya sedekah atau berbagi itu anytime, bisa dilakukan kapan saja. Mungkin karena sudah menjadi tradisi, nerasa lebih afdol di bulan Ramadhan. Mudah-mudahan aksi berbagi seperti ini bisa dilakukan sesering mungkin di waktu kapan saja” harap Mama Ina antusias.

“In sya Allah kedepannya, kegiatan BakSos Babaturan Bogor Baheula semakin diapresiasi warga Bogor dan dapat menghimpun donasi yang lebih besar lagi sehingga semakin banyak yang bisa dibagikan” pungkas Abdul Rachman. (Fjr/Trenz Indonesia) | Foto Fajar/Doni.

 

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.