Trenz Indonesia
News & Entertainment

KT Corp. akan bangun Virtual Reality Center di Malaysia

28

    KT Teken Kontrak dengan IISB asal Malaysia untuk Bisnis VR di Luar Negeri yang Pertama

Kedua Mitra Usaha Menjajaki Berbagai Peluang di Sektor Jaringan 5G, Energi dan Keamanan

Trenz News |KT Corp. (KRX: 030200; NYSE: KT), perusahaan telekomunikasi yang terbesar di Korea Selatan, berencana meluncurkan bisnis virtual reality (VR) di luar negeri, tepatnya di Malaysia. Rencana tersebut menjadi langkah terkini dalam upayanya menjadi pemimpin dunia di sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

KT meneken kontrak dengan Iskandar Innovations Sdn Bhd (IISB) asal Malaysia pada awal Oktober lalu dalam rangka pendirian VR center di negara bagian selatan, yaitu Johor. Acara penandatanganan kontrak berlangsung di kantor pusat KT di pusat kota Seoul pada 11 Oktober.

VR center yang baru akan berada di area belanja internasional, di dekat Legoland, Malaysia, tujuan wisata yang populer di kawasan ekonomi khusus Iskandar Malaysia, berbatasan dengan Singapura. KT ingin memperluas kemitraan ini demi menjajaki lebih banyak peluang usaha di Malaysia, menawarkan teknologi mutakhirnya di jaringan dan solusi 5G, energi canggih (smart energy) dan keamanan siber.

“Kami mengambil langkah pertama yang penting dalam penjajakan kerja sama dengan IISB, serta memperkenalkan keahlian kami di bisnis VR,” ujar Yoon Kyoung-Lim, Head of Global Business Office, KT. “KT tak akan membuang-buang kesempatan kerja atau investasi agar dapat menjalankan bisnis VR dengan Sukses di Malaysia.”

Datuk Khairil Anwar Ahmad dari Iskandar Innovations Berhad (IIB), induk usaha IISB, bilang, “Saya yakin, kerja sama kami akan memimpin pengembangan berbagai solusi baru di luar VR dan AR (Augmented Reality). VR Center ini akan didirikan oleh kedua perusahaan, serta menandakan awal dari kerja sama jangka panjang dengan KT.”

IIB adalah perusahaan investasi dan pembangunan yang mengembangkan Iskandar Malaysia dalam jangka panjang. IIB bekerja demi memastikan daya tarik Malaysia sebagai tujuan investasi, serta kawasan dinamis, layak huni, berfokus pada sejumlah proyek dengan dampak positif yang besar di sektor pendidikan, pariwisata, hiburan, kesehatan dan kebugaran.

Guna memprakarsai sejumlah bisnis baru dengan teknologi inovatif, KT meluncurkan dua VRIGHT (http://VRIGHT.com), taman rekreasi bertema VR di Seoul pada tahun ini, bekerja sama dengan GS Retail, gerai waralaba terkemuka yang menjajakan berbagai kebutuhan sehari-hari asal Korea Selatan. Perusahaan berencana mewaralabakan bisnis hiburan VR pada tahun depan, baik di dalam dan luar negeri.

KT mengembangkan layanan media dan belanja yang berjenis immersive, dengan menggunakan TIK generasi terbaru, tak hanya memakai VR dan AR, namun juga kecerdasan buatan (AI) serta pembuatan model 3D. Chairman KT Hwang Chang-Gyu pada bulan lalu menyatakan, pemimpin telekomunikasi Korea itu akan segera meluncurkan VR Theater, layanan VR pada Internet Protocol Television (IPTV). (PRNewswire/TrenzIndonesia) | Foto: Dok. PRNewswire

Leave A Reply

Your email address will not be published.