Trenz Indonesia
News & Entertainment

Rossa Meriahkan Konser 3 Dekade Purwa Caraka

Konser 30 Tahun Purwa Caraka Music Studio

31

Trenz Musik | Tembang ‘Cerdas Bersama Musik’ yang dikumandangkan PCMS Choir dengan iringan musik dari PCMS Orchestra memungkasi perhelatan Konser 30 tahun Purwa Caraka Music Studio (PCMS) bertajuk “3 Dekade” yang dihelat di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, (3/11).

Selain anak anak dari PCMS Choir, konser “3 Dekade” juga menampilkan siswa siswi terbaik dan terpilih diantara sekitar 20 ribu siswa yang saat ini aktif belajar di 90 cabang Purwa Caraka Music Studio yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

“Konser ini menghadirkan anak anak PCMS yang memang layak tampil yang dikemas dalam sebuah pagelaran”, ujar Purwa Caraka, beberapa saat sebelum dimulainya konser 3 Dekade, di Teater Jakarta.

“Menjadi kebanggaan saya malam ini bisa menampilkan, ini lho anak anak Indonesia, yang memang menjadi komitmen kami dalam dunia pendidikan musik anak anak Indonesia”, lanjut pria yang akrab disapa Kang Purwa ini antusias.

“Bagi kebanyakan orang tua yang anaknya belajar di PCMS, bukan soal menjadi pemain musik yang lebih baik aza, tapi karena anak anaknya jadi lebih PeDe”, terang Kang Purwa.

3 Decade”  menjadi puncak dari rangkaian acara Konser 30 Tahun Purwa Caraka Music Studio yang berlangsung di tahun 2018 ini, di antaranya:

Asia Pacific Arts Festival

Sebuah kompetisi tingkat Asia Pacific yang di selenggarakan oleh Transinex Singapore  dan dihelat di Kuala Lumpur (26 – 29 Januari) dan di Kamboja (7 – 10 Februari 2018) dengan peserta dari Indonesia, Cina, Hong Kong, Korea, Malaysia, Philipina, Singapura, Vietnam, Kamboja dan Brunei.

Di ajang tersebut, PCMS memperoleh 6 Distinction Gold Awards, 31 Silver Awards sekaligus meraih 1st Runner Up in Music Category.

Final Festival Drum PCMS Se Indonesia

Acara yang berlangsung pada 31 Maret 2018 ini menjadi ajang kompetisi pencarian bakat terbaik siswa/siswi PCMS di Divisi Drum yang terbagi dalam 3 kategori kelompok umur yakni kategori A (6-10 tahun), kategori B (11-15 tahun) serta kategori C (16 tahun keatas).

Lomba Design Logo Purwa Caraka Music Studio

Membuat logo baru yang lebih berwarna dan lebih modern namun tak menghilangkan ciri dari PCMS

Konser Purwa Caraka Musik Studio Choir

PCMS Choir yang yang terbentuk sejak tahun 2007 dan terdiri atas ‘PCMS Children Choir’ dan ‘PCMS Youth Choir’, dengan anggota siswa/siswi PCMS di wilayah Jabodetabek ini menyajikan talentanya di Gedung Kesenian Jakarta (21 Juli 2018).

Lomba Cover Jingle Purwa Caraka Music Studio

Di era digital ini, PCMS juga melibatkan generasi muda kreatif di bidang musik dalam lomba cover jingle PCMS berjudul ‘Cerdas Bersama Musik’, yang diselenggarakan pada bulan September – Oktober 2018.

 A Celebration Of Ten Thousand Days In Music

Gelaran konser 1000 angklung dari 108 SD se Bandung yang telah menerima program bantuan (CSR) dari Purwa Caraka Musik Studio (PCMS) dalam 10 tahun terakhir, di CFD di Taman Cikapayang – Car Free Day Dago Bandung, Minggu, (30/9/2018)

Konser 3 Dekade

Konser “3 Dekade” diawali dengan aksi PCMS Choir lewat ‘Cold & Fugue Season’ (Bach’s Fugue In G Minor) yang disusul oleh PCMS Orchestra lewat ‘Minuet In G’ (Bach Lovers Concerto).

Lalu ada alunan ‘Janger’ yang tersaji indah lewat permainan biola yang cantik dari Nada (Serenada Audria Sundah), dari PCMS Banjarmasin. Gadis kelahiran Banjarmasin, 18 November 1999 ini, masih kuliah di UNLAM Fakultas Kedokteran Gigi.

Berikutnya giliran Qory Aina dari PCMS Seturan Yogyakarta, yang menggemakan ‘Rapsodia Nusantara No. 6’ lewat permainan piano klasik nan menawan. Gadis berprestasi kelahiran Sleman Yogyakarta pada 1 Desember 2004 ini diantaranya pernah meraih Gold The Best III Piano Klasik Kategori C yang diselenggarakan PCMS cabang Yogya Solo pada Februari 2018.

GADIS & DARA

Penampilan menghibur dan memesona juga hadir dari kolaborasi kelompok vokal GADIS (Andini Sekar Prameswari, Salsabila Tasyah, Nadya Andini Wulandari dan Gizka Aulia Nurafifah) yang pernah meraih Gold with Distiction dalam Asia Pacific Arts Festival 2018 di Kuala Lumpur, serta DARA ( Diva Aurora Wijaya, Caitlin Michaela  Hermawan, Amelia Angeliqa Hadinata dan Levinia Hadinata) yang pernah meraih Gold dalam Asia Pacific Arts Festival 2018 di Kuala Lumpur, lewat serangkaian Medley ‘Zamrud Khatulistiwa’, ‘We Are One’, dan ‘Mahadaya Cinta”.

Aditya

Lahir di Palembang, 17 April 2005, suara emas Aditya Majid dari PCMS Palembang yang pernah menjadi juara 2  Lomba Musik XL Axiata se- Sumatera Selatan 2018, juga mampu memukau penonton lewat tembang bertajuk ‘Seroja’.

Angga

Nicholas Anggaraksa Putra Hernawan dari PCMS Thamrin Solo, tampil memikat dengan permainan gitar klasiknya lewat ‘Choros In G’. Pria berprestasi di bidang gitar klasik yang akrab disapa Angga ini pernah meraih Juara 1 FLS2N cabang gitar klasik tingkat nasional jenjang SMP (2016) dan Juara 1 FLS2N cabang gitar klasik tingkat nasional jenjang SMA (2018).

Karen

Tak kalah menawan adalah atraksi piano klasik dari Josephine Karen Aristo dari cabang PCMS Kemang Pratama yang menggemakan ‘Tarantelle’. Dara mungil kelahiran Jakarta, 10 Juni 2005 yang biasa disapa Karen ini aktif mengikuti dan memenangkan berbagai piano competition, choir competition juga sebagai pianis gereja.

Esnamble Guitar PCMS cabang BSD City

Ada juga aksi kolaborasi ensamble gitar 31 siswa dari cabang PCMS BSD City.

PCMS Drums Corp & Kelas Musik Digital

Kolaborasi memikat yang membuat suasana Teater Jakarta, TIM, semakin semarak hadir dari atraksi Purwa Caraka Musik Studio Drum Corps dan Kelas Musik Digital yang diwakilimoleh Geovanni Audrey Suhartono dan Fredy Darmawan lewat ‘Yamko Rambe Yamko’.

Purwa Caraka Bersama Matthew, Marvellio & Stanley

Berikutnya ada Drum Battle bertajuk ‘Sing, Sing, Sing’, yang menampilkan aksi enerjik dari 3 pemenang Festival Drum PCMS 2018.  Mereka adalah Gabriel Marvellio (Marvellio, lahir Sukabumi, 10 Maret 2003) dari PCMS cabang Sukabumi, Stanley Abel Hartanto (Stanley, lahir di Malang, 27 September 2001) dari PCMS cabang Malang serta Matthew Vai Gultom (Matthew, 11 tahun) dari PCMS cabang Cibubur.

PCMS Banjarmasin

Dalam kesempatan di konser “3 Dekade”,Purwa Caraka juga memberikan penghargaan kepada PCMS cabang Banjarmasin yang terpilih sebagai PCMS terbaik di tahun 2018 ini.,

Jane Callista

Penampilan memesona dan luar biasa juga dihadirkan Jane Callista lewat ‘Girl In 4 G’. Gadis mungil dengan talenta menyanyi yang terbilang luar biasa ini lahir pada Januari 2008. Prestasi yang sukses diraih Jane Callista diantaranya menjadi Grand Champion Vocalist Asia Pacific Arts Festival 2018 di Cambodia. Pada Oktober – Desember 2017, Jane juga terpilih sebagai Marta von Trapp, pemeran utama dalam musikal “The Sound of Music” produksi original dari London West End yang dipentaskan di Marina Bay Sands, Singapore. Jane juga menjadi presenter acara musik anak “Dubi Dubi Dam” yang tayang di RTV yang meraih penghargaan Komisi Penyiaran Indonesia sebagai acara musik anak terbaik di Indonesia 2018. Selain pernah menjadi finalis The Voice Kids Indonesia, Jane juga baru merilis album perdananya bertajuk “This Is Jane”.

Jane dan Andrea

Berikutnya, pertunjukan memikat kembali ditampilkan Jane Callista yang berkolaborasi dengan Andrea Miranda dengan melantunkan tembang ‘Popular’.

Lalu, Andrea Miranda ft. PCMS Children Choir yang melantunkan tembang ‘Mereka Tahu Namaku” yang diambil dari album perdananya yang bergenre operatic pop, bertajuk “Andrea Miranda”.  Penyanyi bersuara Sopran yang tak lain merupakan putri dari Purwa Caraka ini pernah memperdalam ilmu musik klasik pada Jurusan Musik di Universitas Pelita Harapan, dan sempat mengikuti kursus singkat di Berklee College of Music (Boston, AS).

Andrea Miranda & PCMS Children Choir

Andrea juga aktif bermain dalam teater musikal, diantaranya, ‘Onrop!’, ‘Semut Merah Semut Hitam’, ‘Sangkuriang’, ‘Drama Musikal Gita Cinta’ serta ‘Tresna’. Andrea juga sempat membawakan musikal berjudul ‘Songs For A New World’ karya Jason Robert Brown saat memperdalam ilmu teater musikal di New York Film Academy (NYFA).

Tentunya pertunjukan yang juga paling ditunggu tunggu oleh penonton adalah aksi dari Rossa yang tampil sebelum konser 3 Decade dipungkasi oleh penampilan PCMS Choir dan PCMS Orchestra.

Purwa Caraka & Rossa

Rossa atau lengkapnya bernama Sri Rossa Roslaina Handayani, merupakan penyanyi kebanggaan Indonesia yang juga jebolan dari PCMS cabang pertama yakni di Bandung.

Rossa

Kang Purwa itu paling baik hati, dulu waktu tinggal di Sumedang, saya ingin belajar main piano, ngumpulin duit dapet 8 juta, titip beliin piano ke Kang Purwa,sampe dianter segala ke Sumedang, ternyata kang Purwa cuma dapet selisih untung 18 ribu aza”, jelas Rossa yang akrab dipanggil Oca di sela penampilannya.

Malam itu Rossa yang tampil diiringi Purwa Caraka, menyanyikan 4 lagu diantaranya ‘Ayat Ayat Cinta’ dan ‘Sakura’.

“Senang bisa menjadi saksi memperingati 30 tahun Purwa Caraka Music Studio”, ungkap Oca.

“Makanya Oca selalu siap bila dipanggil untuk tampil di konser konser Kang Purwa, semua dilakukan dengan penuh cinta”, pungkas Rossa. (Fjr) | Foto: Fajar, Muller, Novil

 

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.