Trenz Indonesia
News & Entertainment

Anak-Anak Bisa Belajar Musik Langsung Praktik Bersama Kohar Kahler

965
Musisi Kohar Kahler (potong tumpeng) bersama penyanyi dan koleganya, saat syukuran pembukaan kantor dan studio baru, Starline Creative Media, di Niaga Centerpoint AA3/1 Bukit Golf Housing Estate Cibubur, Leuwinanggung, Gunung Putri, Bogor, Kamis (02/05/2019) lalu.

Jakarta, Trenz Music |  Pendidikan kesenian penting diajarkan kepada anak sejak dini, khususnya seni musik. Musik memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan intelektual anak. Membantu mereka mengolah emosi, berpikir logis dan intuitif, sekaligus cerdas, kreatif, jujur, dan tajam perasaannya.

Beruntung bagi warga yang tinggal di kawasan Cibubur dan sekitarnya, saat ini ada sekolah musik alam, yang mengajarkan musik kepada anak-anak dengan metode pendekatan alami.

”Direct method atau metode langsung. Suatu cara menyajikan pengetahuan musik dimana guru dan murid praktik langsung bermain musik. Anak-anak latihan langsung dengan melihat, mendengar dan meniru, hingga mencapai penguasaan bermain musik secara otomatis,” ujar musisi Kohar Kahler, saat ditemui di studio Starline Creative Media, di Niaga Centerpoint AA3/1 Bukit Golf Housing Estate Cibubur, Leuwinanggung, Gunung Putri, Bogor, Minggu (04/05/2019).

Melalui Starline Creative Media yang dikelolanya, Kohar berharap banyak lahir seniman, khususnya musisi anak, yang akan menjadi kebanggaan dunia musik Indonesia di tingkat internasional.

“Tak hanya kompetensi di musik, tapi kami juga memberi ruang bagi anak-anak dan orang dewasa yang ingin terjun di seni peran (akting), menjadi artis film, televisi, model, dan bakat seni lainnya. Tapi untuk tahap awal kami kuatkan pembelajaran di bidang musik dulu,” terang Kohar.

Starline Creative Media, berada di kawasan urban strategis Bukit Golf Cibubur, Leuwinanggung, Gunung Putri, Bogor. Strategis karena kawasan ini berbatasan langsung dengan sejumlah wilayah administratif, antara lain, Depok, Bekasi, dan Jakarta Timur. Kawasan ini mengalami transformasi millenium; budaya pop, kosmopolit, konsumtif – materialis.

Seiring pesatnya pembangunan di sekitarnya, kawasan ini berubah menjadi kota baru yang semakin lengkap, megah dan mewah. Tak hanya perkampungan, kebun, persawahan dan rumah-rumah sederhana, melainkan hotel bintang lima, café, restoran, pusat perbelanjaan bertarap internasional, rumah sakit dan taman rekreasi tumbuh di kawasan ini.

Belajar Musik yang Menyenangkan

Musisi Kohar Kahler bersama penyanyi asal Bandung, Merry Tiara, serta aktor dan pemandu bakat, Eddie Karsito, di studio Starline Creative Media.


Kepedulian sosial menjadi alasan kiprah Kohar Kahler di jalur pendidikan musik. Selain peningkatan kompetensi di bidang seni musik, proses belajar juga mengacu pada implementasi pendidikan karakter, di mana pendidikan budi pekerti, menurutnya, tak lagi diajarkan di sekolah-sekolah.

“Kami ingin menjadikan proses belajar mengajar musik itu hidup, menyenangkan dan efektif. Selain sisi normatifnya; pendidikan karakter, kita harapkan mereka kelak dapat menjadi harapan baru bagi potensi ekonomi kreatif Indonesia di sektor musik,” kata Kohar.

Kohar Kahler bukan orang baru di kancah musik Indonesia. Selain pencipta lagu, dan vokalis, ia juga banyak membidani lahirnya puluhan grup musik dan penyanyi solo. Karya-karyanya tidak hanya edar di Indonesia, tetapi juga merambah ke pasar Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Ratusan karya musik sudah ditelurkan musisi senior yang sempat melejitkan nama penyanyi Mayangsari, lewat lagu ’Tiada lagi’ ini. Sejumlah karyanya juga banyak dibawakan penyanyi lain, diantaranya; Amy Search (penyanyi Malaysia), Poppy Kelly (Kuala Lumpur), Inka Kristi, Ahmad Akbar, Judika, Tiara, MR.TV All The Best, dan penyanyi Indonesia lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.