Trenz Indonesia
News & Entertainment

Hiroaki Kato Merelakan Waktu Tersita Untuk Malam Pulih Untuk Sulawesi Tengah

Pria berkebangsaan Jepang, Hiroaki Kato yang terlanjur mencintai alam dan budaya Indonesia. "Sulit rasanya untuk menolak kegiatan sosial. Apalagi untuk menghibur korban bencana gempa dan tsunami. Jadi teringat Jepang yang tak luput dengan gempa," ungkap Hiroaki.

314

Palu, Trenz News I 28 September 2018, sebuah gempa bumi berskala besar mengguncang provinsi Sulawesi Tengah, berujung menyebabkan tsunami yang melanda wilayah pesisir Teluk Palu, dan likuifaksi di area Palu dan sekitarnya. Tercatat sekitar 15 ribu orang menjadi korban bencana dan sekitar 110.000 rumah hancur serta 170.000 orang terpaksa mengungsi di hunian sementara (Huntara).

Adalah Hiroaki Kato, musisi Jepang yang cukup aktif dalam kegiatan sosial di Indonesia, Jumat (26/7) malam, turut hadir di gelaran “Malam Pulih Untuk Sulawesi Tengah” di Palu. Kehadiran si pemilik single “Jakarta Sunset” bekerjasama dengan Japan International Coorperation Agency (JICA) dalam program “Meningkatkan Kapasitas Pengurangan Risiko Bencana Menggunakan Radio Komunitas dengan Berbasis Kerjasama Pemerintah – Penduduk”.

Selain JICA, program yang turut melibakan bekerjasama dengan Solidaritas Korban Pelanggaran HAM (SKP-HAM), Lembaga Non-Profit Jepang Community Media FMYY, dan radio lokal serta komunitas kemanusiaan lainnya.

Di “Malam Pulih Untuk Sulawesi” Hiroaki Kato mengadakan live performance dan talk show ikut disaksikan oleh korban bencana alam.  “Iya aya dengan semangat dari kata “Palu Bangkit” ingin mengajak masyarakat untuk selalu berjuang, karena kalian tidak sendiri,” ucap Hiroaki kepada Trenzindonesia.com lewat jejaring WhatsApp.

Dalam kegiatan ini, Hiroaki Kato membenarkan, turut memperkenalkan dukungan JICA dalam rekonstruksi Sulawesi Tengah, pengurangan risiko bencana, dan menciptakan masyarakat yang tangguh bencana sesuai dengan konsep Jepang dalam pengurangan risiko bencana, yaitu “Build Back Better”. Sebagai Pre-Event memorial satu tahun bencana Sulawesi Tengah, penampilan Hiroaki Kato di kantor secretariat SKP-HAM pun disambut meriah oleh para korban bencana alam tersebut.

“Di negaraku Jepang, gempa bumi bukanlah hal yang baru. Jadi saya sangat bisa merasakan kepedihan dari para korban gempa dan tsunami di Palu. Makanya untuk kegiatan sosial, saya selalu siap untuk diajak menjadi penghibur mereka,” papar Hiroaki yang menjadi pengisi talk show di Tutura FM (Sabtu, 27/7), dan MS Radio (Minggu, 287) ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.