Trenz Indonesia
News & Entertainment

FIBO Akan Dihelat Perdana di Asia Tenggara mulai 2020

50

Singapura, PRNewswire | Untuk kali perdana, ajang  “FIBO Southeast Asia” (FIBO SEA) akan dihelat mulai tahun depan, tepatnya di Singapura pada  24-26 September 2020. Ajang ini akan menghadirkan berbagai merek, produsen, distributor, pemberi lisensi, perantara, pembeli, serta pelatih industri kebugaran dari Asia Tenggara dan internasional.

FIBO sendiri merupakan pameran dagang internasional yang terbesar di dunia untuk sektor kebugaran, kesegaran, dan kesehatan, serta wadah bagi inovasi, investasi, dan tren: Dalam ajang FIBO di Cologne, sekitar 1.100 perusahaan bertemu dengan 145.000 pengunjung dari kalangan usaha dan perorangan yang berasal dari hampir 140 negara. FIBO menawarkan bisnis internasional dan sarana menjalin relasi, namun juga menarik minat para penggemar kebugaran lewat pertunjukan langsung yang luar biasa. Pada 2020, pameran dagang ini akan berlangsung dari 2-5 April. Bersama sejumlah ajang FIBO lainnya di Tiongkok, Meksiko, Afrika, dan Amerika Serikat, FIBO menyediakan akses terhadap pasar-pasar kebugaran yang paling dinamis dan penting di seluruh dunia.

“Sebagai merek global, kami menyediakan akses terhadap pasar kebugaran yang paling dinamis dan penting di dunia,” ujar Hans-Joachim Erbel, CEO, Reed Exhibitions Deutschland GmbH, penyelenggara FIBO di Jerman, sambil menambahkan, “Asia Tenggara termasuk salah satu kawasan yang paling berkembang pesat di industri kami, serta memiliki peluang besar bagi para peserta pameran. Lebih lagi, kami mendatangkan sejumlah pasar-pasar penting termasuk Indonesia, Malaysia, Vietnam dan Thailand, bersama kota metropolitan Singapura.” Permintaan akan layanan kebugaran tengah meningkat berkat perkembangan kelas menengah, sektor pariwisata, dan tingginya tingkat kesadaran tentang kesehatan.

FIBO SEA diadakan Reed Exhibitions Singapore lewat kerja sama dengan Reed Exhibitions Deutschland, penyelenggara FIBO di Cologne, serta kelak memanfaatkan jaringan internasional dan keahliannya di sektor kebugaran serta kesehatan.

 

Menyasar Asia Tenggara

Asia Tenggara diperkirakan tumbuh dengan rata-rata tahunan sebesar 5,2% dari 2018 hingga 2022, dan segera menjadi pasar tunggal terbesar keempat di dunia pada 2030—setelah Amerika Serikat, Tiongkok, dan Uni Eropa. Menurut Ernst & Young (EY), ASEAN dianggap sebagai “wilayah ideal bagi bonus demografi” dengan angkatan kerja berusia muda dan basis konsumer berjumlah besar yang terdiri atas lebih dari 659 juta orang. Tak seperti negara-negara Asia yang lebih mapan, jumlah angkatan kerja di ASEAN melampaui penduduk yang tidak produktif sehingga mendorong perkembangan ekonomi, tingkat belanja konsumen dan investasi, serta akumulasi aset secara besar-besaran. Dianggap sebagai perekonomian dengan kinerja terbaik di dunia, pasar kebugaran di ASEAN menghasilkan omzet gabungan senilai US$ 1,5 miliar. Di Singapura, laju penetrasi keanggotaan pusat kebugaran telah tumbuh menjadi 5,8% dari 2014-2018, dan diperkirakan mencapai 6,4 persen per tahun antara 2018 dan 2023[4]. Negara-negara lain di ASEAN termasuk Thailand (dengan laju penetrasi keanggotaan pusat kebugaran sebesar 0,5%), Indonesia (0,18%), Filipina (0,53%), Malaysia (1,04%), dan Vietnam (0,50%).

“Ajang ‘FIBO Southeast Asia‘ diposisikan sebagai platform bisnis bagi merek-merek internasional yang ingin melayani komunitas kebugaran dan kesehatan yang tengah berkembang di kawasan tersebut. Dengan daya tarik internasional Singapura sebagai kota yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, lokasi strategis, dan kemudahan akses terhadap pasar-pasar dengan pertumbuhan tinggi di Asia Tenggara, pameran dagang dan konferensi ini segera menjadi ajang wajib untuk pertemuan industri tahunan,” kata Michelle Lim, Managing Director, Reed Exhibitions Singapura, Indonesia dan Malaysia.

 

DNA FIBO

Seperti FIBO di Cologne, FIBO SEA juga mengulas industri kebugaran sebagai bisnis yang berpadu dengan minat. Pameran dagang ini akan berfokus pada segmen B2B, menyasar para agen penyalur, operator klub kebugaran, pengelola fasilitas, dan pembeli dari beragam sektor, seperti lembaga pemerintah, militer atau perhotelan. Di segmen B2C, FIBO SEA secara khusus menyasar kalangan pelatih kebugaran dan konsumen yang juga dapat berpartisipasi pada berbagai ajang kemitraan dan sesi pelatihan.

 

Lokasi Unik

Marina Bay Sands

FIBO SEA akan digelar di Marina Bay Sands yang terkenal. Resor terpadu dengan arsitektur yang menawan ini cocok untuk pertemuan bisnis, rekreasi, dan hiburan, serta mengubah garis langit Singapura. Properti tersebut mencakup sebuah hotel mewah, berbagai fasilitas konvensi dan pameran mutakhir, beraneka ragam pilihan sarana hiburan dan pusat belanja terkemuka, serta sederet restoran kelas dunia—semuanya berada di bawah Sands SkyPark yang spektakuler. (PR Newswire) | Foto: PR Newswire & Google.co.id

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.