Trenz Indonesia
News & Entertainment

MUFFEST 2020:MUFFEST 2020: Sofie – Nuniek Mawardi Lewat Tema Louvre Gandeng UBS Gold

281

Jakarta, Trenz Life Style I Muslim Fashioon Festival 2020 (MUFFEST) yang mengangkat tema Fashionable People for Sustainable Planet, yang berlangsung sejak 20-23 Februari 2020, di Jakarta Convention Center. Pada hari penutup gelaran fashion show  ditandai dengan penampilan kolaborasi Sofie – Nuniek Mawardi, merupakan dua dari empat desainer seperti Monika Jufry dan Ria Miranda yang turut memamerkan rancangannya dalam rangkaian program UBS Gold dengan tema #Beliinmasdonk.

Nuniek Mawardi
Nuniek Mawardi 
Nuniek Mawardi

Nuniek Mawardi menginterpretasikan zero waste dengan cara melipat kain segi empat menjadi 2 (dua) bagian dan menghasilkan bentukan segitiga yang menyerupai bentukan struktural fluid.

Nuniek Mawardi
Nuniek Mawardi
Nuniek Mawardi

Menurut Nuniek dikatakan, prinsip zero waste ini berhasil memberikan desain yang multifungsi dalam penggunaannya. Ini merupakan konsep yang sesuai dengan tema MUFFEST 2020. “Jadi kemegahan arsitektural art islamic louvre yang berbentuk permadani terbang dan berbahan dasar contemporary glass triangle serta keindahan Islamic pattern yang ada di dalam galeri Muslim menarik perhatian untuk dijadikan inspirasi,” papar Nuniek mengakui LOUVRE sebagai tema koleksi teranyarnya ini.

Nuniek Mawardi
Nuniek Mawardi
Nuniek Mawardi

Sementara itu, terinspirasi kaum urban yang gemar tampil beda dan bereksperimen, desainer Sofie menceritakan, menampilkan gaya busana modern yang tercipta dari tindakan memaksimalkan penggunaan (utility) untuk kebahagiaan dan kepuasan.

Nuniek Mawardi
Nuniek Mawardi

“Kalau melihat dari konsep koleksinya, berupa padu-padan motif dan style sehingga menciptakan ragam busana dengan keterbatasan material serta memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia dengan gaya maksimal, menggali potensi diri, dan mencurahkan kemampuan secara estetika dan teknik,” ungkap Sofie.

Lebih jauh terhadap koleksinya, Sofie akui, menggabungkan bahan katun motif kotak dan garis yang menjadi ciri khas lurik dan tenun tradisional dengan gaya asimetris dan layer sehingga menghasilkan busana modern yang nyaman dikenakan dan indah dilihat. Nuansa monokrom dipertegas dengan eksplorasi warna hitam, putih, abu-abu, dan sentuhan marun. [Foto-foto: © Eddy Bogel / Trenzindonesia.com]

 

Berikut ini, karya rancang busana Sofie:

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.