Trenz Indonesia
News & Entertainment

Hiroaki Kato, Tidak Panik Hadapi Wabah Corona

Pesan Musisi Jepang Untuk Indonesia

187

Jakarta, Trenz Corner | Hiroaki Kato, musisi asal Jepang yang memilih berkarir di Indonesia punya pesan penting untuk masyarakat Indonesia dalam menghadapi musibah Virus Corona / Covid 19, yang turut melanda negeri ini.

Seperti yang juga sudah banyak disampaikan oleh banyak pihak, Hiroaki Kato pun menegaskan, ‘Tidak Panik’.

Pesan penting itu kembali disampaikan oleh Hiroaki Kato kepada sejumlah awak media yang mewawancarainya beberapa hari lalu, saat menghadiri acara Grand Opening Manekineko Japanese Family Karaoke, sebuah family karaoke terbesar di Jepang yang membuka outlet pertamanya di Indonesia, yakni di lantai 7, Baywalk Mall Pluit, Jakarta Utara.

Hiroaki Kato

Hiroaki Kato sendiri merupakan musisi asal Jepang yang sudah cukup dikenal publik Indonesia. Ia studi linguistik Bahasa Indonesia di Jepang, kemudian melanjutkan studi bidang tersebut di Universitas Gajah Mada, Jogjakarta. Serta, bermain musik, tentunya.

Secara waktu, Hiroaki Kato sudah cukup lama bermukim di Indonesia. Ia kini tinggal di Jakarta, bahkan sudah menikah dengan musisi Indonesia pada Rabu (21/08/2019). Hiroaki Kato menikahi Arina Ephipania, yang tak lain adalah vokalis Band Mocca.

Beberapa saat setelah pernikahannya, Arina Mocca pernah menuturkan, mereka pertama kali bertemu pada tahun 2008 dan kemudian menikah tahun 2019. Secara bergurau, Arina Ephipania menyebut: seperti stiker di angkot, kalau memang sudah jodoh, tak kan lari ke mana.

Hiroaki Kato & Arina Mocca

Di penghujung tahun 2019 lalu, pasanga Hiroaki Kato dan Arina Mocca ini juga sempat merilis single duet bertajuk ‘Nada Sousou’, yang merupakan lagu dari grup musik BEGIN, asal Okinawa, Jepang, yang liriknya di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia oleh pasangan mesra tersebut.

Dalam konteks menghadapi musibah Virus Corona kini, Hiroaki Kato atau yang akrab dipanggil Hiro mengaku kagum pada Indonesia, dalam meredam kepanikan publik. Ia membandingkan dengan kepanikan yang terjadi di negaranya, yaitu di Jepang. Hiro pun berharap agar kepanikan yang demikian, tidak terjadi di Indonesia. Dengan demikian, para pemangku kepentingan akan lebih leluasa menetapkan kebijakan, agar musibah ini lebih cepat ditangani, hingga situasi serta kondisi kembali normal.

Selaku musisi, pada Maret 2020 ini, sebenarnya Hiroaki Kato memiliki dua jadwal manggung di Jepang. Karena musibah ini, kedua jadwal tersebut pun batal. Bersamaan dengan itu, ada dua grup musik dari Jepang, yang bakal manggung di Jakarta. Pertama, BabyMetal, grup musik pop metal dan SukimaSwitch, musisi di balik soundtrack iklan Pocari Sweat. Karena musibah ini, kedua grup musik Jepang itu pun batal manggung di Jakarta.

Hiroaki Kato

Hiroaki Kato menyebut, musibah Virus Corona ini telah merontokkan industri entertainment di Jepang, hingga mengenaskan. Menurut saya, banyak bidang lain, yang juga mengalami nasib sama. Bukan hanya di Jepang, tapi juga di berbagai belahan dunia, termasuk di negeri kita. Karena itu, dibutuhkan kesungguhan warga untuk bersama-sama mengatasi musibah ini. Tak ada gunanya saling menuding serta saling menyalahkan.

Pesan Hiroaki Kato ini, bisa menjadi salah satu instrumen untuk menggugah kesadaran kita. Ini menjadi salah satu ujian, seberapa tinggi soliditas kita dengan sesama. Hanya dengan kesungguhan serta kebersamaan, kita bisa lepas dari musibah ini. (Isson Khairul / Fajar) | Video: Isson, Foto: Fajar

Leave A Reply

Your email address will not be published.