Trenz Indonesia
News & Entertainment

Daihatsu Sigra Menjadi Pilihan Favorit Konsumen Selama Masa Pandemi Covid 19

Jakarta, Trenz Otomotif I Astra Daihatsu Motor (ADM) menorehkan catatan menarik selama menjalani masa PSBB dalam menghadapi pandemi covid 19 antara rentang bulan Februari 2020 hingga Mei 2020. Berdasarkan pemaparan yang disampaikan oleh Hendrayadi, AI DSO Astra Daihatsu Motor, terdapat peningkatan pembelian unit mobil secara cash ditengah pandemi ini.

Tanpa diduga, komposisi penjualan untuk unit mobil LCGC MPV dan SUV medium mengalami peningkatan yang cukup menggembirakan. Khususnya untuk kelas LCGC MPV yang mengalami peningkatan sebanyak 2% dengan pencatatan prosentase sebesar 10,9% di bulan April 2020 meningkat menjadi 12,4% dibulan Mei 2020.

Peningkatan yang terjadi pada LCGC MPV (Sigra) telah melampaui pencapaian yang biasa diperoleh kelas MPV Low (Xenia) yang malah mengalami penurunan yang cukup drastis dari 19,4% dibulan April 2020 ke angka 13,0% pada bulan Mei 2020.

Selanjutnya lewat press conference  yang digelar secara virtual pada Jumat (19/6),  Hendrayadi menambahkan, bahwa tingkat kebutuhan masyarakat saat ini telah mengalami transformasi secara massive disebabkan situasi selama masa pandemi covid 19 dimana orang menjadi lebih selektif dalam menentukan pilihan akan kebutuhannya.

“Konsumen saat ini lebih memilih untuk membeli unit dengan cara cash disbanding kredit, dan ketersediaan keuangan keluarga juga turut menjadi bahan pertimbangan bagi calon konsumen sehingga besaran pengeluaran menjadi sangat menentukan. Terlebih lagi, saat ini pengajuan kredit baru melalui perusahaan leasing (*diluar Astra Group-RED) sudah mencapai anti klimaks,” ujar Hendrayadi.

Peningkatan penjualan yang diraih oleh Daihatsu Sigra akan menjadi fokus utama ADM selanjutnya dalam memanfaatkan moment dipasar otomotif. Disamping Sigra, berturut-turut ditempati oleh Terios, Ayla dan Xenia.

Meskipun mengalami penurunan secara grafis di bulan April 2020 – Mei 2020, namun peningkatan permintaan konsumen terhadap Sigra sangat berpengaruh besar pada kurva segmentasi penjualan retail sales.

ADM di Q1.2020 dan bulan April – Mei 2020, berhasil menempatkan Sigra dan Ayla pada ranking kedua brand to brand pada YTD Mei 2020 demikian juga dengan Terios dan Xenia yang menempati ranking ketiga.

Disinggung soal ketersediaan unit, Hendrayadi menyampaikan bahwa saat ini ADM masih menggunaan stok unit dari produksi yang dilakukan sebelum proses penghentian pabrik ADM.

“Situasi masa pandemi dan pemberlakuan masa PSBB sangat berpengaruh sekali terhadap ketersediaan stok kami dipasaran, menurunnya penjualan yang sudah dimulai sejak bulan Februari 2020 hingga Mei 2020 menjadi berkah tersendiri bagi kami bila dikaitkan dengan ketersediaan stok unit produksi karena adanya penurunan penjualan.” pungkas Hendrayadi.

ADM sendiri saat ini belum berfokus pada produksi untuk kebutuhan domestik karena masih berkonsentrasi untuk kebutuhan eksport meskipun masih dalam jumlah yang minim. Hal ini sempat ditegaskan oleh Amelia Tjandra, Corporate Planning & Communication Director PT. Astra Daihatsu Motor (ADM).

“Untuk proyeksi produksi di bulan Juli  hingga Agustus2020, PT ADM, masih belum memulai produksinyai untuk kebutuhan domestik, karena kami masih berfokus untuk memenuhi kebutuhan eksport itupun masih sangat minim jumlahnya.” Jelas Amelia.

“Saat ini secara operasional, PT. ADM sudah memberlakukan WFO (Work From Office) tapi karena masih dalam masa pandemi, kami masih menerapkan ketentuan protokol kesehatan dan hanya mengaktifkan karyawan dengan jadwal kerja hanya 50% karyawan yang diaktif-kan dan kami juga memberi sekat partisi pada meja kerja masing-masing karyawan untuk menghindari kontak langsung dan bisa tetap menjaga jarak,” tegas Amelia lagi.

Amelia juga memastikan bahwa PT. ADM tidak melakukan PHK besar-besaran dalam menghadapi masa pandemi covid 19 ini. Pemutusan hubungan kerja hanya dilakukan pada karyawan kontrak, yang telah habis masa kontraknya dan tidak diperpanjang lagi, jumlahnya pun tidak melebihi dari 1000 karyawan dari total keseluruhan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.