Trenz Indonesia
News & Entertainment

Akan Digelar Pameran Lukisan “Urban Humanity” Refleksi Kehidupan Pemulung

Cibubur, Trenzindonesia.com | Dalam era perkembangan perkotaan yang cepat, fenomena kemiskinan kota menjadi perhatian utama bagi banyak lembaga sosial. Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan, dengan fokus pada kesejahteraan para pemulung, akan menggelar pameran lukisan berjudul “Urban Humanity” yang menggambarkan refleksi kehidupan mereka.

Dipandu oleh perupa berbakat Putra Gara, pameran ini dijadwalkan berlangsung di Sanggar Humaniora Perumahan Kranggan Jatisampurna Kota Bekasi mulai tanggal 5 hingga 12 Januari 2024.

Putra Gara, seorang perupa multitalenta yang juga seorang penulis, novelis, wartawan, dan penggiat seni budaya, akan memamerkan serangkaian lukisan perkotaan yang menyoroti kondisi kehidupan dan kepiluan para pemulung.

Karya seninya telah mengumpulkan pujian dari para kolektor terkemuka dan telah dipamerkan di berbagai galeri seni di seluruh Indonesia. Dengan konsistensi dan keberanian dalam ekspresi seni, Gara telah menjadi narasumber dalam berbagai seminar dan workshop terkait dengan dunia seni rupa dan kepenulisan.

Pameran ini juga menarik perhatian karena melibatkan pemulung secara langsung dalam proses kreatif melalui instalasi seni. Dalam kolaborasi unik ini, benda-benda sehari-hari milik para pemulung, seperti gerobak, karung, gancu, dan alat-alat lainnya, akan diubah menjadi karya seni yang mengandung makna mendalam.

Hal ini akan memberikan perspektif baru tentang kehidupan mereka dan mengilustrasikan pentingnya memberikan perhatian kepada mereka yang kurang beruntung di tengah kompleksitas kehidupan perkotaan.

Menurut Ketua Umum Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan, Eddie Karsito, pameran ini adalah dedikasi mereka untuk para pemulung yang telah dibina oleh yayasan. Lebih dari sekadar sebuah perhelatan seni, “Urban Humanity” akan menjadi pengingat akan kompleksitas kehidupan perkotaan dan mengundang pemirsa untuk merenungkan realitas sosial yang seringkali terabaikan.

Diharapkan bahwa pameran ini tidak hanya akan menjadi bentuk apresiasi terhadap seni, tetapi juga akan membangkitkan kesadaran akan isu-isu sosial yang mendesak.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.