Trenz Indonesia
News & Entertainment

Badan Pangan Nasional Rayakan HUT Ke-2 Di Nusa Tenggara Timur

Kolaborasi dan Sinergi untuk Merdeka Pangan

174

NUSA TENGGARA TIMUR, Trenzindonesia | Momentum merayakan dua tahun keberhasilan Badan Pangan Nasional (National Food Agency/NFA), diisi dengan semangat sinergi dan kolaborasi dalam upaya mewujudkan ketersediaan pangan yang memadai.

Bertemakan “Sinergi dan Kolaborasi Mewujudkan Merdeka Pangan“, acara hyang dihelat di  kompleks Kantor Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT),Sabtu (12/08/2023) tersebut, merupakan perwujudan semangat kerjasama dan upaya bersama dalam memastikan ketersediaan pangan yang memadai.

Badan Pangan Nasional Rayakan HUT Ke-2 Di Nusa Tenggara TimurPemilihan Provinsi NTT sebagai tempat perayaan ini bukan tanpa alasan. Provinsi ini memiliki potensi besar sebagai calon lumbung pangan nasional. Dalam semangat tersebut, Badan Pangan Nasional berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada masyarakat di wilayah tersebut, khususnya di Kupang dan seluruh NTT, dengan mengirimkan lebih dari 30 kontainer bantuan pangan murah.

“Melalui perayaan ini, kami ingin memberikan kontribusi nyata bagi NTT, sehingga masyarakat dapat memiliki akses terhadap pangan yang murah dan berkualitas,” kata H. Arief Prasetyo Adi, S.T., M.T. dalam sambutannya pada acara perayaan di Kantor Gubernur Nusa Tenggara Timur.

 

Mendorong Kesadaran Pangan dan Belanja Bijak di Masyarakat

Keberadaan NFA di Kupang tidak hanya memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat, tetapi juga sebagai sarana untuk memperkenalkan peran dan tujuan organisasi kepada masyarakat.

“Dengan berbagai kegiatan yang melibatkan lebih dari 15.000 peserta, NFA berharap dapat memperkenalkan peran dan tujuan organisasi ini kepada masyarakat. Kami ingin memberikan panduan praktis kepada masyarakat Kupang mengenai Stop Boros Pangan dan Belanja Bijak,” jelas Arief.

Dalam rangkaian perayaan ulang tahun ke-2 NFA yang meriah, para peserta turut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seperti senam pagi bersama, sarapan sehat dengan menu Bergizi, Beragam Seimbang, dan Aman (B2SA) yang mengedepankan pangan lokal NTT, serta makan telur bersama. Lebih dari 15.000 butir telur matang disajikan untuk dinikmati bersama usai acara senam. Selain itu, acara juga diwarnai dengan beragam kegiatan seru lainnya seperti penyaluran bantuan pangan, Cooking Demo, dan Festival Kuliner Lokal.

 

Sinergi Pemerintah dan Badan Pangan Nasional dalam Merdeka Pangan

Victor Laiskodat, Gubernur Nusa Tenggara Timur, menyambut positif kolaborasi antara Badan Pangan Nasional dan Pemerintah Provinsi NTT. Dalam pidatonya, beliau menekankan pentingnya partisipasi semua pihak untuk memahami dan mengatasi tantangan dalam pemenuhan pangan di daerah ini.

“Kami percaya kerjasama ini akan memberikan solusi yang efektif dalam mengatasi permasalahan pangan di NTT. Partisipasi langsung dari semua pemangku kepentingan adalah kunci untuk memahami dan mengatasi tantangan yang dihadapi.” ujar Victor Laiskodat.

Kepala Badan Pangan Nasional, dengan penuh optimisme, menekankan potensi luar biasa yang dimiliki Provinsi NTT. Ia berharap dalam beberapa tahun mendatang, NTT dapat menjadi lumbung pangan bagi Indonesia, terutama dalam pasokan daging sapi, ikan laut, dan jagung. “Dengan penuh semangat, kita menantikan kontribusi besar dari potensi alam NTT dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional, khususnya di wilayah Indonesia bagian Barat,” kata Arief Prasetyo optimistis.

 

Peluncuran Jingle “Stop Boros Pangan”

Dalam perayaan ini, Badan Pangan Nasional juga memperkenalkan jingle baru dengan judul “Stop Boros Pangan.” Jingle ini adalah ciptaan dari Madeena, yang juga tampil menyanyikannya. Dengan jingle ini, diharapkan pesan tentang pentingnya tidak boros dalam mengelola pangan dapat disampaikan dengan lebih kuat dan kreatif kepada masyarakat. (Fajar Irawan) | Foto: Dok. Buyil

Leave A Reply

Your email address will not be published.