Trenz Indonesia
News & Entertainment

Festival Budaya Tuah Utare Siap Meriahkan HUT RI Ke-78

Memperkaya Keberagaman Budaya Kecamatan Siantan Utara

299

SIANTAN UTARA, Trenzindonesia | Siantan Utara, sebuah kecamatan yang kaya akan warisan budaya, akan menyelenggarakan Festival Budaya Tuah Utare yang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 25 hingga 27 Agustus 2023.

Acara yang digelar dalam rangka turut memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-78, 17 Agustus 2023 ini, akan berlangsung di Lapangan Sepakbola KarangTaruna Alim Sidi Desa Pian Pasir. Festival ini diadakan sebagai upaya untuk memperkaya keberagaman budaya di wilayah Kecamatan Siantan Utara.

Tuah Utare, yang artinya “Daya Tarik Budaya” dalam bahasa setempat, merupakan festival yang bertujuan untuk memperlihatkan beragam aspek budaya yang dimiliki oleh masyarakat Kecamatan Siantan Utara. Festival ini menjadi ajang penting untuk memahami dan mengapresiasi warisan budaya yang mendalam yang terdapat di wilayah ini.

Festival Budaya Tuah Utare Siap Meriahkan HUT RI Ke-78
Festival Budaya Tuah Utare diselenggarakan oleh Kecamatan Siantan Utara bekerjasama dengan komunitas Luan ( langkah untuk anambas) dan didukung oleh Harbour Energy dan skkmigas.

Festival Budaya Tuah Utare Siap Meriahkan HUT RI Ke-78
Salah satu rangkaian acara yang menarik adalah Lomba Tari Lemak Manis Tingkat Ibu PKK. Lomba ini merupakan kesempatan bagi para ibu PKK untuk menampilkan kemampuan mereka dalam tarian tradisional khas daerah. Selain itu, juga akan diadakan Lomba Tari Zapin Tradisi tingkat Pelajar, di mana pelajar dapat menunjukkan kepiawaian mereka dalam menari zapin, tarian tradisional yang kaya akan gerakan dan irama.

Bagi yang berminat untuk mengikuti lomba, pendaftaran telah dibuka mulai tanggal 1 Juli 2023 hingga 10 Agustus 2023. Pendaftaran dapat dilakukan melalui layanan pesan WhatsApp (WA) dengan menghubungi nomor 081268813642. Ini adalah kesempatan bagi masyarakat untuk menunjukkan bakat dan minat mereka dalam seni tari tradisional serta berinteraksi dengan komunitas budaya setempat.

Festival Budaya Tuah Utare Siap Meriahkan HUT RI Ke-78
Festival Budaya Tuah Utare juga akan menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya, seperti pagelaran seni musik tradisional, pameran kerajinan tangan lokal, serta kuliner khas daerah. Selain itu, akan ada workshop dan sesi pembelajaran interaktif, di mana pengunjung dapat belajar tentang tradisi dan kebudayaan setempat.

Melalui festival ini, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami dan menghargai warisan budaya yang ada di Kecamatan Siantan Utara. Festival Budaya Tuah Utare juga menjadi ajang untuk mempererat ikatan antargenerasi, di mana pengetahuan dan keterampilan tradisional dapat dialihkan kepada generasi muda.

Festival Budaya Tuah Utare merupakan wujud dari kebanggaan masyarakat Kecamatan Siantan Utara akan kekayaan budaya mereka. Dengan adanya acara ini, diharapkan budaya lokal dapat terus hidup dan berkembang, sementara pengetahuan dan apresiasi terhadap warisan budaya semakin ditingkatkan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti Festival Budaya Tuah Utare dan ikut serta dalam memperkaya keberagaman budaya di Kecamatan Siantan Utara. Jadikan momen ini sebagai kesempatan untuk belajar, berbagi, dan merasakan keindahan budaya yang ada di sekitar kita. (Fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.