Community Edutainment Lifestyle News

IKA TELADAN SMA NEGERI 3 JAKARTA, TELADAN KEPEDULIAN

JAKARTA, Trenzindonesia |Ramadhan menjadi momentum penting untuk memperkuat kepedulian kepada sesama. Komitmen kepedulian itulah yang terus dijaga serta terus dikembangkan IKA Teladan, Ikatan Keluarga Alumni SMA Negeri 3 Jakarta Selatan. Menyambut Ramadhan tahun 2023 ini, IKA Teladan melakukan dua kegiatan kepedulian sekaligus: Vaksinasi Booster dan Penjualan Paket Sembako Murah.

Bersama dalam Kepedulian

SMA Negeri 3 Jakarta Selatanberada di tengah Kota Jakarta, tepatnya di Jalan Taman Setia Budi II, kawasan Rasuna Said. Saat ini, kawasan Rasuna Said sudah menjelma menjadi kawasan perkantoran, yang ditandai dengan berdirinya gedung-gedung pencakar langit di seputar kawasan tersebut.

Meski demikian, sekitar 1.000 siswa tetap leluasa menjalani proses pendidikan di sana, karena luas area sekolah tersebut hampir 1 hektar. Proses belajar-mengajar di sana, sangat kondusif. Selain didukung oleh infrastruktur pendidikan yang baik dan lengkap, SMA Negeri 3 Jakarta Selatan juga mendapat dukungan penuh dari para alumninya, yang tergabung dalam IKA Teladan.

Alumni SMA Negeri 3 Jakarta Selatan tersebar di berbagai bidang. Bahkan, cukup banyak alumni sekolah tersebut yang menjadi tokoh nasional. Antara lain, pengusaha Erick Thohir, yang kini menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Juga, pengusaha Rachmat Gobel, yang merupakan mantan Menteri Perdagangan dalam Kabinet Kerja Periode 2014-2019, yang kini Wakil Ketua DPR RI Periode 2019-2024.

Nah, Rachmat Gobeladalah sosok yang menjadi Ketua Umum IKA Teladan, periode 2021-2024. Ini adalah periode keduanya menjadi Ketua Umum IKA Teladan. Dalam Program Vaksinasi Booster ke-2, pada Sabtu, 18 Maret 2023 lalu, yang menjadi Ketua Pelaksana adalah Madyastha Aji Bhirawa, lulusan SMA Negeri 3 Jakarta Selatan, tahun 2007.

“Ada 600 orang lebih peserta Vaksinasi Booster ke-2 ini. Mereka terdiri dari para alumni beserta keluarga, guru yang masih aktif beserta keluarga, guru yang sudah pensiun beserta keluarga, para siswa, serta masyarakat umum,” ujar Madyastha Aji Bhirawa, yang akrab disapa Aji.

Lucyana Topit, Ketua Humas Persatuan Putra Putri TNI Angkatan Darat (P3AD) & Madyastha Aji Bhirawa

Untuk menjaring peserta, Aji bersama para panitia menyebar i-poster di grup WhatsApp IKA Teladan serta di sejumlah grup WhatsApp yang relevan. Intinya, seluruh sumber daya IKA Teladan dikerahkan untuk menjangkau masyarakat, yang hendak melakukan Vaksinasi Booster.

Vaksinasi Booster ini dilakukan secara gratis, karena merupakan program kepedulian IKA Teladan terhadap masyarakat secara luas. Lucyana Topit, Ketua Humas Persatuan Putra Putri TNI Angkatan Darat  (P3AD) menyebut, vaksin serta pelaksana medis di lapangan berasal dari tim medis Kodam Jaya. Ini adalah kolaborasi untuk yang ke-5 kalinya antara IKA Teladan dengan P3AD (d/h HIPAKAD).

Paket Sembako Murah

Bersamaan dengan Program Vaksinasi Booster tersebut, IKA Teladan juga melakukan Penjualan Paket Sembako Murah. Kegiatan ini dikoordinasikan oleh Koperasi Teladan (KopTel), yang menjadi bagian dari IKA Teladan. Pada Sabtu, 18 Maret 2023 lalu, sejumlah bahan pokok digelar di halaman SMA Negeri 3 Jakarta Selatan.

Dengan demikian, keluarga besar IKA Teladan serta masyarakat umum bisa langsung memilih serta membeli jenis sembako yang diinginkan. Ade Suryadi, wakil ketua bidang organisasi di Koperasi Teladan, menjelaskan, penjualan Paket Sembako Murah tersebut bukan hanya berlangsung pada hari itu.

Ade Suryadi mengungkapkan, bagi warga masyarakat yang berminat mengikuti Paket Sembako Murah IKA Teladan, silakan mengakses Instagram (IG) koperasi_teladan3. Ini merupakan bagian dari kepedulian IKA Teladan dalam konteks memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, dengan harga yang terjangkau.

Ade Suryadi, wakil ketua bidang organisasi di Koperasi Teladan

Dalam konteks yang lebih luas, dua kegiatan kepedulian, Vaksinasi Booster dan Penjualan Paket Sembako Murah tersebut, sesungguhnya adalah terobosan kreatif. Di satu sisi menunjukkan, bahwa IKA Teladan sebagai Ikatan Keluarga Alumni SMA Negeri 3 Jakarta Selatan terus berupaya merawat spirit kebersamaan sesama alumni.

Di sisi lain, IKA Teladan bukan hanya berkontribusi kepada kalangan internal alumni, tapi terus meluaskan jangkauan kontribusi mereka kepada masyarakat luas. Gerakan kreatif tersebut, tentu saja akan menginspirasi para siswa yang kini tengah menjalani pendidikan di sekolah tersebut.

Dengan kata lain, melalui perbuatan secara nyata, IKA Teladansesungguhnya tengah menebar spirit kebersamaan, spirit kepedulian kepada sesama. Yang juga patut dicatat, kegiatan itu dilakukan secara berkelanjutan serta melibatkan berbagai angkatan alumni.

Sekali lagi, Ramadhan menjadi momentum penting untuk memperkuat kepedulian kepada sesama. Komitmen kepedulian itulah yang terus dijaga serta terus dikembangkan IKA Teladan, Ikatan Keluarga Alumni SMA Negeri 3 Jakarta Selatan. (Isson Khairul) | Foto: Fajar Irawan & Kak Oeyay

Avatar

Fajar Irawan

About Author

Ketua Komunitas Penulis Kota Bogor I Bendahara Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia I Ketua Silverian '86 Region Bogor I Content Writer I Journalist I Photographer I Vice President Bogor Chapter 'Calon Jenazah Motorcycle Club' I PRESS #GasTipisTipis E-mail: fajar_fireone@yahoo.com Telp / WA: +62 855 740 5555

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

News

Wedari Hadirkan Keindahan Balijava Batik Kudus Koleksi Denny Wirawan

  • September 29, 2017
Rayakan dua dekade berkarya di industri fashion tanah air, Denny Wirawan Angkat khasanah kekayaan ragam motif langka Batik Kudus Lewat
News

Indonesia Digital Popular Brand Award 2017 Fase III

  • September 30, 2017
Indonesia Digital Popular Brand Award, merupakan penghargaan terpercaya dan paling bergengsi bagi merek-merek di Indonesia yang berhasil menancapkan popularitas mereknya