Edutainment Lifestyle News TOURISM Trenz Corner

JARAN KEPANG | TARI MERIAH WARNA-WARNI

BANTEN, Trenzindonesia | Tari Jaran Kepang. Seru dan meriah di event atraksi seni budaya yang diadakan Polda Banten. Ini bagian dari strategi Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto untuk merawat keberagaman serta menjaga kebhinnekaan.

Tari Jaran Kepang ini adalah salah satu dari sejumlah komunitas seni budaya yang beratraksi di halaman Polda Banten, pada Sabtu, 18 Februari 2023. Atraksi itu digelar sejak pukul 15.00 hingga menjelang waktu shalat magrib.

Event budaya di Polda Banten tersebut, terbuka untuk umum. Warga dari berbagai wilayah Banten berdatangan menyaksikannya. Konsepnya hiburan rakyat. Gratis. Beberapa pedagang makanan gerobakan diizinkan untuk berjualan di sana.

Suasana event budaya itu benar-benar guyub. Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto memang sengaja mendekatkan sekaligus mengakrabkan personel dari berbagai jajaran Polda Banten dengan masyarakat.

“Kedekatan personel dengan warga, tentu dengan sendirinya akan menciptakan rasa aman. Melalui pendekatan budaya, kedekatan tersebut akan tumbuh secara alamiah,” ungkap Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto, yang memang concern pada seni dan budaya.

Selama pandemi Covid-19, komunitas seni budaya relatif tidak bisa berekspresi, karena ada larangan mengadakan keramaian. Nah, setelah pandemi mereda, Polda Banten sengaja menciptakan ruang ekspresi kepada para pegiat seni budaya.

Di event atraksi seni budaya tersebut, warga dan pegiat budaya sama-sama mendapatkan momentum untuk bersukaria dengan leluasa. “Ini salah satu wujud kongkrit kami mengayomi warga masyarakat dalam makna yang luas,” lanjut Kapolda Banten.

Atraksi seni budaya itu mewakili sejumlah etnis. Selain dari etnis Banten, juga ada Reog Ponorogo, Tari Piring Minangkabau, Tari Saman Aceh, bahkan ada Tarian Papua. Setidaknya, para penampil itu mewakili etnis yang bermukim di wilayah Banten.

Polda Banten sengaja mengingatkan kembali, bahwa Indonesia sangat kaya akan budaya. Sangat beragam. Mari bersama kita rawat keberagaman tersebut. Kita jaga kebhinnekaan demi memperkuat persatuan,” ujar Kapolda Banten penuh optimis.

 

Foto-foto: Mada Mahfud

salam dari saya Isson Khairul

Persatuan Penulis Indonesia

Avatar

Fajar Irawan

About Author

Ketua Komunitas Penulis Kota Bogor I Bendahara Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia I Ketua Silverian '86 Region Bogor I Content Writer I Journalist I Photographer I Vice President Bogor Chapter 'Calon Jenazah Motorcycle Club' I PRESS #GasTipisTipis E-mail: fajar_fireone@yahoo.com Telp / WA: +62 855 740 5555

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

TOURISM

Wisata Tempat Syuting Di INDONESIA

  • September 27, 2017
Keindahan alam di Indonesia menjadi aset untuk membuat berbagai karya film.
News

Wedari Hadirkan Keindahan Balijava Batik Kudus Koleksi Denny Wirawan

  • September 29, 2017
Rayakan dua dekade berkarya di industri fashion tanah air, Denny Wirawan Angkat khasanah kekayaan ragam motif langka Batik Kudus Lewat