Trenz Indonesia
News & Entertainment

Jelang Ramadhan, Masjid Ar-Rahmah Sukses Gelar Khataman Akbar V

183

CILEUNGSI, Trenzindonesia | Khataman Al-Qur’an Akbar V yang diselenggarakan oleh Majlis Khotmil Qur’an Masjid Ar-Rahmah sukses digelar, Ahad, 12 Maret 2023. Lebih dari 300 peserta hadir mengikuti proses khataman dan doanya yang dipimpin oleh Ust. H. Achmad Khotib, MA. Kegiatan khataman kali ini menandai selesainya kelompok 15, 16 dan 17 dalam mengkhatamkan Al-Qur’an 30 juz.

Pembina Majlis Khotmil Qur’an ust. Ahmad Jaeni menjelaskan bahwa Majlis Khotmil Qur’an menjadi sarana untuk bahu-membahu (ta’awun) antar peserta dalam kebaikan dan takwa. Semua peserta setidaknya dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun mampu mengkhatamkan Al-Qur’an, sebuah capaian yang belum tentu dapat diraih di luar Majlis Khotmil Qur’an. Dengan berkelompok dan bersama-sama, sesuatu yang sebelumnya dirasa sulit akan menjadi mudah. Selain itu, Majlis Khotmil Qur’an juga akan meluncurkan 3 program baru yang muncul dari aspirasi para jamaah, yaitu program umroh bersama, wisata religi dan khataman keliling.

Sementara itu, pimpinan Yayasan Ar-Rahmah yang diwakili Bapak Sarto memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Majlis Khotmil Qur’an yang telah ikut menghidupkan kegiatan di masjid Ar-Rahmah. Yayasan berupaya akan memberikan dukungan dalam meningkatkan kualitas kegiatan khataman Al-Qur’an. Demikian pula Kepala Desa Cileungsi Kidul yang diwakili Ketua RW 15 Bapak Purlan memberikan apresiasi dan dukungan terhadap program-program yang digagas oleh Majlis Khotmil Al-Qur’an. Khataman Al-Qur’an diharapkan dapat menjadi salah satu program untuk mewujudkan visi Ar-Rahmah sebagai Pusat Pendidikan Al-Qur’an.

Dalam tausyiyahnya Ust. Ahmad Khotib mengingatkan bahwa yang sulit dan berat dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an adalah menjaga istiqomahnya. Jika kita telah mampu membaca setiap hari satu juz dan khatam dalam jangka waktu 30 hari, maka yang sulit adalah menjaga agar bisa melakukan kembali hal yang sama secara terus-menerus. Oleh karena itu ada ungkapan, istiqomah itu lebih baik daripada seribu karomah. Sedikit, tetapi yang penting kontinyu. Giat Khataman Akbar V akhirnya ditutup dengan doa oleh Ust. Rusydi Helmi, salah satu pembina Yayasan Ar-Rahmah. (Kelana Peterson)

Leave A Reply

Your email address will not be published.