Trenz Indonesia
News & Entertainment

Kemeriahan Talkshow Kiprah Perempuan Bersama Titiek Puspa dan Niniek L Karim Serta Dr. Ciwuk

Ngobrol Santai Bareng Perempuan Hebat Di Museum Tanah Dan Pertanian Bogor

BOGOR, Trenzindonesia | Suasana hangat dan penuh semangat menyelimuti Museum Tanah dan Pertanian, Bogor, pada Jumat (27/10/2023).

Kemeriahan Talkshow Kiprah Perempuan Bersama Titiek Puspa dan Niniek L Karim Serta Dr. CiwukKemeriahan dalam acara KIPRAH PEREMPUAN : Talkshow Talk Show & Pameran bertajuk “Ngobrol Santai Bareng Perempuan Hebat dengan tema Perempuan Hebat Dalam Pusaran Museum Dan Budaya” yang dimoderatori oleh artis Ratna Listy tersebut sukses menghipnotis para pengunjung.

Acara ini merupakan kolaborasi antara Museum Tanah dan Pertanian Bogor dengan Forum Wartawan Hiburan Indonesia (FORWAN) Indonesia dengan tujuan memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya generasi muda dan remaja, mengenai peran besar yang telah dimainkan oleh perempuan dalam sejarah Indonesia.

Topik yang diangkat dalam acara ini sangat penting, membahas tentang jati diri, citra, dan peran perempuan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam keluarga, masyarakat, dan negara.

Belantara Budaya Indonesia

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta persembahan tarian selamat datang oleh anak anak dari Belantara Budaya Indonesia binaan Museum Tanah dan Pertanian Bogor yang direspon dengan kebanggaan dan kecerian oleh para peserta yang hadir terutama Niniek L Karim dan Titiek Puspa.

Kemeriahan Talkshow Kiprah Perempuan Bersama Titiek Puspa dan Niniek L Karim Serta Dr. CiwukAcara KIPRAH PEREMPUAN : Talkshow Talk Show & Pameran ini diisi oleh pembicara-pembicara inspiratif, yakni Titiek Puspa, musisi legendaris Indonesia yang kini berusia 86 tahun. Ia membuktikan bahwa usia bukanlah hambatan untuk terus berkarya dan tetap produktif dalam menciptakan lagu-lagu hingga saat ini. Selain berbagi rahasia tentang menjaga kebugaran fisik, Titiek Puspa juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan mental.

Kemeriahan Talkshow Kiprah Perempuan Bersama Titiek Puspa dan Niniek L Karim Serta Dr. CiwukPada kesempatan yang sama, psikolog Niniek L. Karim memberikan saran bahwa minat terhadap museum harus ditanamkan sejak masa anak-anak. Dia sendiri memiliki kecintaan terhadap museum sejak muda karena terinspirasi oleh cerita gurunya. Menurut Niniek, anak-anak seharusnya diperkenalkan dengan museum yang menampilkan perlengkapan sehari-hari seperti pakaian dan pisau.

Setelah talkshow selesai, para pengunjung diajak untuk menjelajahi Museum Tanah dan Pertanian Bogor. Museum ini menampilkan berbagai artefak budaya bersejarah yang menjadi bukti kontribusi perempuan dalam membangun peradaban di Tanah Air. Tak ketinggalan, acara ini juga melibatkan seni tari dari anak-anak berkebutuhan khusus, menunjukkan bahwa seni adalah sarana ekspresi yang universal.

acara KIPRAH PEREMPUAN : Talkshow Talk Show & Pameran bertajuk "Ngobrol Santai Bareng Perempuan Hebat dengan tema Perempuan Hebat Dalam Pusaran Museum Dan Budaya"Acara KIPRAH PEREMPUAN : Talkshow Talk Show & Pameran bertajuk “Ngobrol Santai Bareng Perempuan Hebat dengan tema Perempuan Hebat Dalam Pusaran Museum Dan Budaya” dihadiri sekitaar 250 peserta dengan melibatkan perwakilan sekolah serta beberpaa komunitas diantaranya dari komunitas SILVERIAN’86 Bogor dan JJS’86 Jabodetabek. .

Kepala Museum Tanah dan Pertanian Bogor, Rima Setiani, berbagi semangat dan ide dalam mengatasi rendahnya minat generasi muda terhadap museum. Ia menjelaskan bahwa tujuan dari talkshow ini adalah untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap museum, khususnya Museum Tanah dan Pertanian Bogor.

Kemeriahan Talkshow Kiprah Perempuan Bersama Titiek Puspa dan Niniek L Karim Serta Dr. Ciwuk
Kepala Museum Tanah dan Pertanian Bogor, Rima Setiani

Rima Setiani menyatakan, “Saya terharu melihat antusiasme luar biasa dari masyarakat yang hadir. Dalam rangka merayakan Hari Museum Indonesia, kami di Museum Tanah dan Pertanian Bogor tidak hanya mengadakan talkshow, tapi juga tur museum serta kegiatan lainnya untuk meningkatkan cinta masyarakat terhadap museum. Hal ini sangat penting, terutama untuk generasi muda. Dr. Ciwuk, salah satu pembicara, juga menekankan pentingnya mengajarkan anak-anak untuk berkunjung ke museum sejak usia dini.”

Talkshow yang menginspirasi ini membuktikan bahwa edukasi bisa datang dalam berbagai bentuk, dan perempuan memiliki peran besar dalam memberikan inspirasi kepada generasi muda. Dengan semangat kecintaan terhadap sejarah dan budaya, kita dapat bersama-sama melestarikan warisan berharga yang dimiliki Indonesia. (PR/Fajar) | Foto: Fajar Irawan

Leave A Reply

Your email address will not be published.