Trenz Indonesia
News & Entertainment

Meriahnya Perayaan International Museum Day 2023 Di Mustani Bogor

Mengutamakan Keberlanjutan dan Kesejahteraan

BOGOR, Trenzindonesia |  Hari Museum Internasional (International Museum Day-IMD) telah memancarkan semangat keberlanjutan dan kesejahteraan dalam perayaannya yang meriah. Diperingati setiap tanggal 18 Mei, IMD ditetapkan oleh International Council of Museums untuk mempromosikan peran penting museum dalam mencapai Sustainable Development Goals yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Tahun ini, tema IMD adalah “Museums, Sustainability and Well-being” yang mengedepankan upaya museum dalam aksi perubahan iklim, inklusivitas, serta meningkatkan kesadaran mental.

Pada beberapa tahun terakhir, paradigma museum telah mengalami perubahan signifikan. Dari sekadar lembaga yang berfokus pada benda koleksi, museum saat ini mengarah pada kepentingan pengunjungnya. Para pemangku kepentingan menyadari anggapan masyarakat bahwa museum terkesan kuno, tidak dinamis, dan kurang memberikan manfaat bagi masyarakat umum. Oleh karena itu, museum harus berinovasi dan berkreasi untuk memenuhi paradigma bahwa mereka adalah lembaga yang melayani pengunjung dengan baik dan melibatkan semua pemangku kepentingan, sehingga aktivitas permuseuman dapat berorientasi pada publik.

Dalam rangka perayaan IMD 2023, Museum Tanah dan Pertanian, atau yang lebih akrab disebut Mustani, memilih program yang sangat spesial dengan mengajak para Oma Opa sebagai pengunjung utama sekaligus memperingati Hari Lanjut Usia Nasional.  Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pengelola Museum Tanah dan Pertanian (Mustani) bersama Pustaka Kementerian Pertanian ini mengusung tema “NYAAH KA KOLOT” yang bertujuan memberikan kasih sayang dan penghargaan kepada Oma Opa, sekaligus memberikan ruang bagi mereka untuk berekspresi dan merasa tidak sendirian.

Rangkaian kegiatan diisi dengan senam santai, ngobrol santai @40” dengan topik “Mengenali Alzheimer dan Dimensia: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengantisipasinya,”, bersama nara sumber Imelda Theresia . S.Sos (Yayasan Alzeimer Indonesia), serta “Tips Hidup Sehat dengan Makanan Bergizi.“, bersama narasumber Annis Husniah (SIRKA nutrition consultant).

Selain itu, para Oma Opa juga dapat melakukan konsultasi kesehatan dan Konsultasi gizi dengan pakar gizi, yang dipersembahkan oleh SIRKA nutrition consultant, sekaligus juga dapat menikmati hidangan makanan sehat yang disajikan.

Di akhir acara, para Oma Opa juga berkesempatan melakukan Tour Mustani serta makan siang bersama dengan pengelola Mustani yang dikomandoi oleh ibu Rima Setiani, SP., MM, selaku Kepala Museum Tanah dan Pertanian Bogor, Jawa Barat, dengan hiburan organ tunggal.

Rima Setiani, SP., MM, Kepala Museum Tanah dan Pertanian Bogor, Jawa Barat

“Pada perayaan ulang tahun Museum Internasional tahun ini kami menggelar senam sehat untuk lansia dan Konsultasi gizi untuk kaum lansia,” ujar Rima Setiani, SP., MM, Kepala Museum Tanah dan Pertanian Bogor, Jawa Barat. Usai menggelar acara di Mustani Bogor, Rabu (30/5/2021)

Menurut Rima Setiani, tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada warga senior (Oma Opa) serta memberikan tambahan wawasan tentang kesehatan kepada mereka. Selain itu, Museum Tanah dan Pertanian juga berharap dapat memperkenalkan diri kepada Oma Opa sebagai salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Rabu, 31 Mei 2023, di halaman parkir Museum Tanah dan Pertanian yang terletak di Jl. H Juanda No. 98, Bogor, menghadirkan suasana meriah dan disambut antusiasme oleh sekitar 80 peserta lanjut usia atau para Oma Opa yang berasal dari Kota Bogor dan sekitarnya. Melalui kegiatan tersebut, mampu menggambarkan betapa pentingnya peran museum dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Perayaan International Museum Day tahun ini tidak hanya menjadi ajang mengapresiasi museum sebagai lembaga budaya, tetapi juga menggarisbawahi peran museum dalam mendukung keberlanjutan, kesejahteraan, dan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental. Mustani berharap kegiatan ini menjadi inspirasi bagi museum lainnya untuk terus berinovasi dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat yang mereka layani. (Fjr) | Foto: Google.com & Fajar Irawan

Leave A Reply

Your email address will not be published.