Trenz Indonesia
News & Entertainment

NTT Ltd. menciptakan Konsep ‘Digital Twin’ Untuk Tour de France

242

Jakarta, Trenz Edutainment l – NTT Ltd., mitra teknologi resmi untuk A.S.O, pada hari Kamis, (24/6), mengumumkan bahwa pihaknya akan membuat stadion terhubung terbesar di dunia, yakni sebuah konsep unik untuk Tour de France, dengan penciptaan ‘Digital Twin’.

Jutaan data akan terkumpul dan dihidupkan melalui visualisasi yang memberikan wawasan luas guna memberikan pengalaman digital untuk para penggemarnya dan juga adanya layanan baru untuk mendukung operasional ajang balapan selama tiga minggu, yang akan berlangsung dari tanggal 26 Juni – 18 Juli 2021 mendatang.

Digitizing the Tour de France// dok. NTT LTD,.//sonnywibz-trenzindonesia.com

Adanya pembatasan dalam bepergian dan protokol keamanan COVID-19 yang sedang berlangsung, NTT Ltd., bersama dengan A.S.O, akan memberikan sejumlah pengalaman digital yang mengikut-sertakan penggemar dari seluruh dunia. Hal tersebut termasuk:

Race Center – situs LIVE jalur pelacakan resmi yang menyediakan pembaruan informasi terkait balapan, termasuk data pelacakan langsung dari para peseda di www.letour.fr dan di aplikasi mobile resmi dari Tour de France.

• LeTourData – pemahaman mengenai data dan prediksi berbasis teknologi AI yang ditampilkan di twitter, Instagram, dan siaran TV.

• Pelacak 3D – aplikasi dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang menyediakan tampilan 3D dari panggung.

• Tour de France Fantasy oleh Tissot – permainan olahraga fantasi yang menggabungkan pemahaman data dan pembelajaran mesin (perkiraan NTT), untuk memberikan wawasan tentang pengendara sepeda yang ditonton.

• NTT Ltd. Media Wall – tampilan media di lingkungan perlombaan, yang menampilkan wawasan mengenai data dan visualisasi dari LeTourData, dan pembaruan informasi terkait balapan secara langsung.

Tampilan media wall dilingkungan perlombaan // dok. NTT LTD,.//sonnywibz-trenzindonesia.com

Menciptakan digital twin dengan IoT dan Edge Computing

Tour de France adalah stadion yang bergerak setiap hari selama 21 hari, melintasi 3.400km dengan mengunjungi beberapa lokasi paling terpencil di Perancis, mulai dari pedesaan yang indah hingga pemandangan Alpes dan Pyrenees.

Dengan menciptakan digital twin dari ajang ini mempermudah staf operasional untuk mendapatkan visibilitas secara langsung, dan pada akhirnya mempersingkat waktu operasional untuk memastikan kelancaran dan menyiasati dinamika dari ajang perlombaan.

Untuk pertama kalinya di tahun 2021, NTT Ltd. akan menggunakan analitik waktu pada edge agar dapat mengirim data balik balapan secara langsung ke kendaraan pendukung lomba.

Hal ini akan memberikan gambaran mengenai situasi balapan, bahkan di daerah terpencil atau pegunungan tinggi sekalipun.

Peter Gray, Senior Vice President, Advanced Technology Group, Sport NTT Ltd // dok. NTT LTD,.//sonnywibz-trenzindonesia.com. 

Peter Gray, Senior Vice President, Advanced Technology Group, Sport di NTT Ltd. mengatakan, “Digitalisasi Tour de France dimulai pada tahun 2015 dengan mengambil data dari para pesepeda untuk pembaruan informasi secara langsung. Setiap tahun kami mampu membawa teknologi ke tingkat berikutnya, tahun ini kami menciptakan Digital Twin. Hal ini akan memberikan gambaran lingkungan yang senantiasa berubah dimana akses langsung ke informasi ini dapat memastikan pengelolaan ajang balapan agar lancar dan berkesinambungan, dengan lebih melibatkan keikut-sertaan dari para penggemar.”

Konektivitas inti, diaktifkan secara aman dari cloud

Dengan menciptakan digital twin juga berarti menambah koneksi yang lebih besar pada perangkat dan kendaraan pendukung lomba, dan juga pemanfaatan aplikasi dan platform yang menggunakan layanan cloud, baik cloud publik, cloud pribadi, atau hybrid cloud campuran dari keduanya.

Apapun hostnya, untuk A.S.O, data akan menjadi intinya. Hal tersebut tidak hanya mencakup pemahaman mengenai dimana data berada, tetapi bagaimana mengumpulkan dan menggunakannya secara efektif untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik, untuk penggemar, media, atau juga untuk tim sepeda.

Gray menjelaskan, banyak organisasi memiliki cara tersendiri di saat pandemi, untuk memastikan kebutuhan dan keinginan pelanggan yang berubah dapat terpenuhi. Kemampuan untuk beradaptasi telah menjadi inti dari kemitraan kami selama tujuh tahun bersama A.S.O.

“Kami akan terus berinovasi dalam pelaksanaan Tour de France, sebuah ajang yang ditunggu-tunggu oleh jutaan penggemar dari seluruh dunia. Setiap tahun, tantangannya terus meningkat agar kami menciptakan inovasi untuk menjangkau dan mengundang lebih banyak orang dengan cara-cara baru dan menarik, yang sebenarnya bukan hal mudah jika anda mempertimbangkan kerumitan dari ajang balapan ini,” lanjut Gray.

Yann Le Moenner, Chief Executive, A.S.O, menambahkan, Teknologi memiliki peran penting dalam membantu kami berinovasi untuk mengimbangi kecepatan yang diharapkan oleh para penggemar dari aplikasi berbasis cloud yang diakses secara mobile juga menyediakan data mendalam mengenai ajang balapan, kaya akan analitik, dan solusi-solusi digital yang cerdas lainnya.

“Sejak 2015, kami telah menghadirkan berbagai perangkat tambahan digital ke ajang ini, untuk menciptakan pengalaman ‘terhubung dengan penggemar’ yang lebih baik. Tahun ini pun kami memberikan pengalaman berbasis data di perangkat apa pun yang digunakan, di mana pun anda berada,” tukas Yann Le Moenner.

***

Leave A Reply

Your email address will not be published.