Edutainment Music News

Opera Majapahit “GAYATRI Sang Sri Rajapatni” Siap Pentas Di Tanah Kelahirannya

Opera Majapahit "GAYATRI Sang Sri Rajapatni" Siap Pentas Di Tanah Kelahirannya

TROWULAN, Trenzindonesia | Bayangkan, sebuah karya pementasan opera yang indah dan bernuansa sakral dapat dinikmati di tanah kelahirannya. Kesempatan ini sangat berharga, baik bagi penonton maupun bagi sang empunya karya dan timnya.

Opera Majapahit "GAYATRI Sang Sri Rajapatni" Siap Pentas Di Tanah KelahirannyaPementasan opera MajapahitGAYATRI Sang Sri Rajapatni” kembali hadir, kali ini di Trowulan, Mojokerto, yang diduga sebagai pusat kemaharajaan Majapahit. Ini adalah momen bersejarah yang tidak boleh terlewatkan.

Pementasan berformat opera ini mengambil tempat di Museum Majapahit Trowulan dan akan terdiri dari pemutaran film dan pertunjukkan musik yang diambil dari pementasan di Jakarta tahun sebelumnya. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memungkinkan GAYATRI kembali ke Trowulan, dan sutradara Mhyajobersama tim produksi dari 7evenotes telah mempersiapkannya secara khusus.

Pertunjukkan musik opera GAYATRI akan dipimpin oleh seniman kawakan, Franki Raden, bersama dengan Indonesian National Orchestra, yang terdiri dari 14 pemusik yang memainkan peralatan musik tradisional.

GAYATRIsebelumnya dipentaskan di Teater Besar Jakarta, Taman Ismail Marzuki, pada Oktober 2022, dan mendapat respons positif dari publik. Pemutaran film dan pertunjukkan musik GAYATRI menjadi acara pembuka dari Festival Gaung Sakala Bhumi yang memperingati Hari Kelahiran Majapahit, yang ke-730 tahun.

Setelah GAYATRI, Festival Gaung Sakala Bhumi akan memanjakan penonton dengan berbagai kesenian lainnya selama beberapa hari. Kolaborasi artistik antara Mhyajo dan Franki Raden juga melibatkan penata cahaya Iwan Hutapea dan narator Nino Prabowo. Ada juga penari, penyanyi seriosa Christine Tambunan, serta sinden Satya Cipta dan Bethu.

Mhyajo, Franki Raden, dan tim GAYATRItidak hanya mempersiapkan pementasan di Trowulan, tetapi juga merencanakan “sekuel” lanjutan dari GAYATRI, yaitu opera MajapahitGITARJA Sang Sri Tribhuwana,” yang akan dipentaskan di Jakarta pada Desember 2023 mendatang.

Opera Majapahit "GAYATRI Sang Sri Rajapatni" Siap Pentas Di Tanah KelahirannyaOpera Majapahit seperti GAYATRI dan GITARJAadalah karya-karya sarat riset sejarah dan antropologis yang memungkinkan penonton merasakan semesta berbeda namun dekat. Melalui karya ini, penonton akan lebih memahami kekayaan dan kesakralan karakter Wanita Nusantara. Ini adalah sejarah Nusantara yang harus digulirkan ke generasi penerus, bukan hanya melalui jalur pendidikan formal.

Karenanya, menonton GAYATRI di tanah kelahirannya adalah merayakan sejarah, merayakan sosok GAYATRI sendiri, dan memberikan pengalaman yang unik dan istimewa.

Pentas opera MajapahitGAYATRI Sang Sri Rajapatni” di Trowulan ini akan menjadi langkah awal dalam perjalanan menuju pementasan perdana GITARJA, mengikuti jejak sejarah Majapahityang akan membawa pesan dan kebijaksanaan kepada generasi masa kini. (PR/Fajar Irawan) | Foto: Istimewa

Avatar

Fajar Irawan

About Author

Ketua Komunitas Penulis Kota Bogor I Bendahara Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia I Ketua Silverian '86 Region Bogor I Content Writer I Journalist I Photographer I Vice President Bogor Chapter 'Calon Jenazah Motorcycle Club' I PRESS #GasTipisTipis E-mail: fajar_fireone@yahoo.com Telp / WA: +62 855 740 5555

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Music

SAGA Music Festival 2017 Siap Sajikan Atraksi Keren Para DJ di Bali

  • September 21, 2017
Acara “SAGA Music Festival 2017” ini diwacanakan akan menjadi acara jelang tutup tahun terkeren yang akan berlangsung selama dua hari
Music

Irma Darmawangsa Hadirkan Hits Anyar Kucing Kawin

  • September 26, 2017
Terus berkarya menjadi bukti eksistensi penyanyi Irma Darmawangsa dalam melakoni kiprahnya di jagat musik dangdut tanah air.