Trenz Indonesia
News & Entertainment

Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif di Nilai Mampu Bertahan di Masa Pandemi

forum diskusi publik

74

Jakarta, Trenz Edutainment |  Pengembangan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif (ekraf) yang optimal dinilai mampu  mendukung percepatan pemulihan ekonomi, terlebih di masa pandemi covid-19.

Demikian disampaikan Staff Khusus Menkominfo, Rosita Niken Widiastuti dalam forum diskusi publik secara virtual pada, Sabtu, 11 Desember 2021.

Niken menyampaikan bahwa ekonomi kreatif merupakan konsep ekonomi yang lebih mengutamakan ide dan gagasan berbasis teknologi yang mengembangkan pada bidang industri kreatif.

Oleh sebab itu terdapat tiga pendorong dalam menerapkan konsepnya yakni kemudahan akses informasi, kemajuan teknologi dan keahlian tenaga kerja.

“Artinya ditengah pandemi Covid-19 ini, bagaimana memanfaatkan gadget yang berbasis teknologi informasi untuk mengembangkan ekonomi seperti jualan online, promosi online dan lain sebagainya yang berbasis teknologi,” ungkapnya.

Masih dikatakan Niken, pihaknya juga mendorong pelaku UMKM mampu beradaptasi dan transformasi menjadi kunci keberhasilan UMKM dan koperasi dalam bertahan dan bangkit dari pandemi.

Kemudian masyarakat juga senantiasa diingatkan untuk tetap disiplin mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, serta menjauhi atau mencegah kerumunan.

Hal ini dilakukan agar penyebaran covid-19 di tengah masyarakat bisa dicegah dan ditekan secara maksimal, hingga pada akhirnya pandemi bisa diakhiri.

Sementara itu Itet Sumarijanto, Anggota Komisi I DPR RI menambahkan UMKM menjadi salah satu konsep yang semakin relevan bagi milenial karena sangat inklusif yang juga membuka peluang usaha dari hobi, minat, hingga kesenangan yang sama.

Itet berharap melalui forum ini tercipta ide-ide brilian serta kolaborasi strategis dalam pengembangan ekraf Indonesia serta pemulihan ekonomi nasional.

Selvia Oktaviana, Akademisi Universitas Lampung dalam kesempatan yang sama menegaskan ekonomi kreatif memiliki keunggulan diantaranya adalah lebih mandiri, sehingga mampu bertahan ditengah pandemi.

“Nah karenanya harus mampu mengubah mindset agar bertahan,” ucapnya.

Selvi menambahkan ditengah pandemi Covid-19 adalah bijak dalam menggunakan media sosial, market place. Dengan menyampaikan informasi yang benar. [PR/Fjr]

Leave A Reply

Your email address will not be published.