Trenz Indonesia
News & Entertainment

Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) Sambut Kunjungan Mahasiswa Universitas Hang Tuah

179

JAKARTA, trenzindonesia | Suasana hangat tercipta di Ruang Serbaguna Pushidrosal saat Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menerima kunjungan mahasiswa dari Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan Universitas Hang Tuah (UHT), Kamis (8/6/2023).

Rombongan yang dipimpin oleh Dr. Ir. Nuhman, M.Kes selaku Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan UHT, hadir bersama 7 pendamping dan 40 mahasiswa. Mereka diterima oleh Kadisosemet Pushidrosal, Kolonel Laut (KH) Nawanto Budi Sukotjo, yang didampingi oleh Kadisserprof Pushidrosal, Kolonel Laut (KH) Kukuh Suryo Widodo, mewakili Komandan Pushidrosal, Laksamana Madya TNI Nurhidayat.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadisosemet, Danpushidrosal menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang telah berlangsung sejak tahun 2018 antara Pushidrosal dan Universitas Hang Tuah. Kerjasama tersebut melibatkan magang dan penyusunan tugas akhir mahasiswa.

Kerjasama ini memiliki peranan penting dalam mendorong partisipasi perguruan tinggi dan akademisi dalam mendukung program pembangunan nasional di sektor kelautan. Hal ini dilakukan melalui pemberdayaan sumber daya manusia melalui kegiatan pendidikan, pelatihan, dan penelitian dalam bidang Hidrografi.

Sebagai lembaga pemerintah yang berada di bawah organisasi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), Pushidrosal memiliki tanggung jawab dalam pembinaan hidro-oseanografi. Tugasnya meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut, dan keselamatan navigasi pelayaran, baik untuk kepentingan TNI maupun masyarakat umum, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019 tentang susunan organisasi TNI.

Pushidrosal juga merupakan representasi resmi pemerintah Indonesia dalam organisasi Internasional Hydrographic Organization (IHO) dan sebagai anggota delegasi pemerintah RI di International Maritime Organization (IMO). Saat ini, Komandan Pushidrosal menjabat sebagai ketua di dua regional komisi hidrografi dunia, yaitu East Asia Hydrographic Commission (EAHC) dan North Indian Ocean Hydrographic Commission (NIOHC).

Selama kunjungan tersebut, mahasiswa UHT mendapatkan paparan dari Kasubdis Metklimat Disosemet Pushidrosal, Letkol Laut (KH) Khoirul Imam Fatoni, mengenai tugas pokok Pushidrosal secara umum. Dilanjutkan dengan diskusi dan sesi tanya jawab yang menarik.

Tidak hanya itu, mahasiswa UHT juga berkesempatan untuk mengunjungi ruang Produksi dan Distribusi serta ruang Museum yang berada di lingkungan Pushidrosal. Kunjungan berakhir dengan foto bersama sebagai kenang-kenangan.

Kunjungan ini tidak hanya memberikan wawasan baru bagi mahasiswa UHT, tetapi juga memperkuat kerjasama antara Pushidrosal dan Universitas Hang Tuah dalam mengembangkan ilmu kelautan dan mendukung pembangunan sektor kelautan di Indonesia. Semoga kerjasama ini terus berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak. (Pushidrosal.id / Fjr) | Foto: Pushidrosal.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.