Edutainment News

Reach Beyond: Sambut Connect API dan alat-alat baru Canva

Reach Beyond: Sambut Connect API dan alat-alat baru Canva

Jakarta, Trenzindonesia | Setelah peluncuran platform Canva Developerspada tahun 2023, dengan senang kami menyampaikan bahwa Canva kini dapat diintegrasikan ke platform lain, dan kami telah meluncurkan serangkaian alat dan sarana baru untuk para developer

Canva(https://www.canva.com/id_id/) merupakan platform komunikasi visual dan kolaborasi online gratis yang diluncurkan pada 2013, dengan misi mengajak dunia untuk mendesain. Canvamenyediakan alat edit desain yang ringkas dan mudah dipakai. Ada berbagai template yang ditawarkan mulai dari presentasi, dokumen, situs web, grafis untuk media sosial, poster, pakaian hingga video. Koleksi font, foto stok, ilustrasi, rekaman video, dan klip yang ada di pustaka kami juga amat beragam. Kombinasikan semuanya dan siapa saja dapat mengubah ide menjadi karya nan indah.

Setahun telah berlalu sejak Canvameluncurkan Platform Canva Developers(https://www.canva.com/newsroom/news/canva-developers-platform/) dan sejak itu, kami kagum akan pertumbuhan komunitas developer kami dan dampak luar biasa dari hasil karya mereka. Dari pesatnya penggunaan Canva Apps SDK yang telah memungkinkan para developer untuk menciptakan pengalaman aplikasi di Canva, hingga para developer yang telah memanfaatkan Dana Inovasi Developer Canva (Canva Developers Innovation Fund) yang pertama, kami sangat senang bisa meningkatkan jumlah aplikasi di Lokapasar Aplikasi Canva (https://www.canva.com/apps/) (Canva Apps Marketplace) sebanyak 18 kali lipat.

Seiring dengan dimulainya bab berikutnya untuk Canva—yang berpusat pada mengubah alur kerja(https://www.canva.com/newsroom/news/canva-for-work/) di Canva—ekosistem aplikasi dan integrasi amat berperan penting dalam memuluskan pemanfaatan Canva dalam alur kerja harian para karyawan kantoran. Karena itulah kami bersemangat meluncurkan Connect API milik Canva untuk menyediakan alat dan sarana baru dalam rangka memberdayakan komunitas developer dengan lebih mendalam. Mari simak pembaruannya.

Memperkenalkan Connect API dari Canva

Cara berkomunikasi di tempat kerja telah berubah dengan cepat, Laporan Ekonomi Visual 2024 (https://www.canva.com/newsroom/news/visual-economy-report-2024/) yang kami buat menyoroti peningkatan jumlah pekerjaan yang mengutamakan visual dan pentingnya literasi desain. Di era meledaknya jumlah aplikasi (https://www.canva.com/newsroom/news/cio-ai-report-findings/) dan membludaknya informasi, tidak mengherankan jika 92% pemimpin bisnis global mengatakan mereka memprioritaskan platform dengan fasilitas lengkap. Berkat Connect API kami, Canva dapat disisipkan ke platform Anda untuk memuluskan alur kerja pengguna dan mengurangi waktu alih perhatian (context switching).

Connect API memudahkan bisnis saat mengintegrasikan Canva dalam alur kerja mereka. APIini menghubungkan platform kerja yang paling sering Anda gunakan dengan sumber data khusus seperti Slack dan Salesforce dalam rangka memuluskan penyelarasan aset dan kolaborasi antar rekan kerja.

Sebagai permulaan, kami meluncurkan API yang memungkinkan berbagai macam integrasi

Kelola aset kreatif dengan mudah: Ubah cara pengguna Anda mengelola, mengakses, dan mengedit aset desain dengan mengintegrasikan fungsi desain Canva dengan perangkat lunak otomasi pemasaran, digital asset management (DAM), atau platform manajemen file. Manfaatkan API baru berikut: Design API, Export API, Asset API (tersedia sekarang) dan Folder API(mode pratinjau).

Mendesain dengan data: Autofill APIdan Brand Templates API (mode pratinjau) yang baru bakal memudahkan pengguna saat mengotomatiskan proses desain dalam rangka menghasilkan aset desain yang cocok untuk pelanggan dalam skala besar dengan cara mengambil data bisnis, gambar, dan aset desain lainnya dari sistem pihak ketiga. Dengan sekali klik, pengguna dapat membuat desain khusus dengan mudah plus sesuai dengan gaya desain merek usaha.

Mempercepat kolaborasi: Pengguna dapat mengelola notifikasi, komentar, dan penugasan di Canva dengan mudah—langsung dari platform Anda—melalui Comment APIdan Notification webhook events (mode pratinjau) baru. Hal ini memungkinkan pengguna menerima masukan seputar desain dengan cepat dan menyederhanakan alur kerja mereka, sekaligus mengurangi kebutuhan mereka untuk beralih antar platform.

Catatan: API dalam Mode Pratinjau telah dapat digunakan, namun belum tersedia untuk rilis publik. Simak info lengkap di sini (https://www.canva.com/developers/reach-beyond/)

.Ketika perusahaan mencari cara untuk menyederhanakan alat dan tumpukan teknologi mereka (https://www.canva.com/newsroom/news/cio-ai-report-findings/) Connect API akan berperan penting dalam menyederhanakan kolaborasi, membantu produktivitas, dan menghilangkan pekerjaan yang tidak perlu.

Hadirkan aplikasi untuk 185 juta orang

Setelah melihat kesuksesan peluncuran Canva Apps SDK dan kapabilitas Apps SDK tahun lalu, kami kembali menggelontorkan tambahan kapabilitas baru berupa pengeditan gambar, video, dan teks agar para developer punya rangkaian alat komprehensif yang akan membuat proses pembuatan aplikasi di Canva lebih efisien.

Kapabilitas SDK Apps baru:

API untuk pengeditan gambar: Ciptakan aplikasi pengeditan foto yang canggih di Canva dengan Selection API atau Image Overlays API.

API untuk pengeditan video: Buat aplikasi video keren di Canva dengan Selection API for Video, yang memungkinkan aplikasi membaca dan mengganti konten video yang dipilih.

API untuk pengeditan teks: Kembangkan aplikasi pengeditan teks andal di Canva yang dapat menambahkan, membaca, atau mengganti teks dengan Font API dan Rich Text API.

Dengan hadirnya dukungan untuk beragam kapabilitas baru ini, developer dapat mengakses berbagai sarana yang memungkinkan mereka untuk mewujudkan ide aplikasi terbaik. Sekalian juga mereka berkesempatan untuk menyajikannya kepada 185 juta orang yang menggunakan Canva setiap bulannya. Mereka dapat berkreasi dengan aman di Canvasembari berkontribusi nyata atas peningkatan proses desain dan alur kerja para pengguna Canva berkat beragam aplikasi yang meningkatkan fungsionalitas Rangkaian Aplikasi Visual (https://www.canva.com/visual-suite/) (Visual Suite).

Membuat aplikasi dengan Canva

Wujud Baru Program Canva Developers Partner

Canvaterus berupaya untuk memberdayakan siapa saja untuk mendesain dengan menyediakan sarana yang mereka perlukan guna mencapai beragam tujuan, sama halnya dengan strategi platform kami. Wujud baru Program Mitra Pengembang Canva (Canva Developers Partner) memuluskan proses pembuatan aplikasi untuk Canva dengan cara menyediakan alat, panduan, dan sarana dalam rangka meluncurkan produk Anda di pasar

Kami berkomitmen untuk mendukung komunitas dan para developer di setiap langkah. Mulai dari menyediakan dokumentasi API dan dukungan teknis hingga mendukung strategi komersialisasi aplikasi melalui praktik terbaik pemasaran dan analisis penggunaan aplikasi.

Desain adalah esensi semua yang kami lakukan dan itu juga berlaku untuk komunitas developer kami. Sepanjang proses desain aplikasi, peninjau desain dari pihak kami akan memberikan panduan dan saran terperinci yang disesuaikan untuk memastikan bahwa developer di komunitas kami dapat menghasilkan aplikasi dengan kualitas terbaik.

Reach Beyond: Sambut Connect API dan alat-alat baru CanvaTemplate siap pakai

Starter kit kami juga mencakup serangkaian template aplikasi, termasuk Starter Kit AI milik Canva, yang menyediakan alur kerja inti aplikasi AIsebagai kode. Developer dapat dengan mudah melakukan beberapa penyesuaian pada template dan menjalankan aplikasinya dalam hitungan menit, lalu mengembangkannya dengan API yang dibuat khusus oleh Canva. Membuat aplikasi di Canvamemungkinkan Anda menghadirkan aplikasi AI generatif, gambar, video, atau pengeditan teks kepada pengguna secepat mungkin.

Statistik Kinerja yang lebih baik

Dengan fungsi statistik baru di portal developer, Anda dapat memahami kinerja aplikasi dengan lebih mudah. Anda dapat melihat pemanfaatan aplikasi, termasuk: berapa kali aplikasi dilihat dan berapa banyak yang memasang aplikasi tersebut.

Reach Beyond: Sambut Connect API dan alat-alat baru CanvaBerinvestasi di Komunitas Developer kami

Dana Inovasi Developer

Tujuan kami adalah mempercepat pertumbuhan dan adopsi Canva, dan kami bangga dapat bermitra dengan komunitas developer (https://community.canva.dev/custom) untuk membangun aplikasi dan integrasi terbaik yang mendukung adopsi ini. Banyak aplikasi dan integrasi berhasil diwujudkan berkat dukungan Dana Inovasi Developer(https://www.canva.dev/docs/apps/innovation-fund/) kami. Sejak diluncurkan tahun lalu, lebih dari 30% aplikasi baru yang diluncurkan di Canva telah menerima pembayaran dari Dana tersebut, yang secara langsung membantu keberlangsungan komunitas developer kami.

Dana Inovasi Developerdidesain untuk memberikan penghargaan pada para developer yang membuat aplikasi yang memberdayakan komunitas, terutama aplikasi yang gratis dan asyik dipakai. Dana ini terdiri atas dua bagian:

Hibah Developer Aplikasi: Ajukan permohonan bantuan dana untuk menyokong pengembangan aplikasi berkualitas tinggi yang juga gratis digunakan.

Penghargaan Pemanfaatan Aplikasi: Dengan program penghargaan ini, dapatkan uang tunai untuk setiap tonggak pemanfaatan yang dicapai.

“… saat menerima pembayaran minggu lalu dari program Penghargaan Pemanfaatan Aplikasi sungguh bagaikan mimpi. Saya amat berterima kasih pada Canva yang memungkinkan semua ini terjadi” – Nafis Azizi Riza, pendiri dan developer, Wave Generator

Hackathon AI dan Integrasi yang diselenggarakan Canva

Sampaikan ide Anda di hadapan banyak orang dengan mengikuti Hackathon AI dan Integrasi yang diselenggarakan Canva. Kami mengundang developer dari semua lapisan masyarakat untuk memanfaatkan Connect API atau SDK Aplikasi kami yang baru, untuk membangun integrasi dan aplikasi mutakhir yang mendefinisikan kembali lanskap digital–sambil bersaing untuk mendapatkan hadiah uang tunai sebesar USD 50.000 (dan kesempatan untuk menghadiri Canva Extend, konferensi developer tahunan kami di San Francisco bulan September nanti).

Siap mengasah kreativitas? Pendaftaran telah dibuka dan pengumpulan materi akan dibuka pada 25 Juni 2024. Daftar di sini (https://canva.devpost.com/) sebelum 13 Agustus 2024 pukul 7.00 WIB. Syarat dan ketentuan dapat dibaca di sini (https://canva.devpost.com/)

*Hackathondikelola oleh Devpost, Inc. dan disponsori oleh Canva Pty Ltd.

Bantu kami membangun masa depan Canva dengan Connect API kami serta beragam aplikasi dan alat integrasi. Mari lihat beragam Apps SDKdari Canva (https://www.canva.com/developers/reach-beyond/)

(PR/Fjr) | Foto: Istimewa

Avatar

Fajar Irawan

About Author

Ketua Komunitas Penulis Kota Bogor I Bendahara Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia I Ketua Silverian '86 Region Bogor I Content Writer I Journalist I Photographer I Vice President Bogor Chapter 'Calon Jenazah Motorcycle Club' I PRESS #GasTipisTipis E-mail: fajar_fireone@yahoo.com Telp / WA: +62 855 740 5555

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

News

Wedari Hadirkan Keindahan Balijava Batik Kudus Koleksi Denny Wirawan

  • September 29, 2017
Rayakan dua dekade berkarya di industri fashion tanah air, Denny Wirawan Angkat khasanah kekayaan ragam motif langka Batik Kudus Lewat
News

Indonesia Digital Popular Brand Award 2017 Fase III

  • September 30, 2017
Indonesia Digital Popular Brand Award, merupakan penghargaan terpercaya dan paling bergengsi bagi merek-merek di Indonesia yang berhasil menancapkan popularitas mereknya