Trenz Indonesia
News & Entertainment

STMIK Horizon Karawang 97 Persen Lulusan Masih Terserap Pasar Kerja Di Tengah Pandemi Covid-19

507

Karawang, Trenz Edutainment I Komitmen Yayasan Pendidikan Tri Putra Horizon Education sebagai induk STMIK Horizon Karawang dan STIKes Horizon Karawang untuk menyediakan pendidikan berkualitas bagi kaum muda Indonesia membuahkan hasil menggembirakan.

Dalam survei alumni (tracer study) terbaru yang dilakukan kepada 197 alumni lulusan 2019 terungkap bahwa lulusan STMIK Horizon Karawang yang terserap lapangan kerja mencapai 97 persen. Sedangkan lulusan STIKes Horizon Karawang mencatat angka penyerapan kerja sebanyak 93 persen.

Angka penyerapan tenaga kerja (employment rate) yang tinggi tersebut tentu merupakan sesuatu yang sangat menggembirakan. Mengingat pada saat survei dilakukan, Indonesia masih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang tentu saja memengaruhi kondisi perekonomian nasional.

Survey alumni atau tracer study sendiri adalah salah satu metode yang digunakan oleh beberapa perguruan tinggi, khususnya di Indonesia untuk memperoleh umpan balik dari alumni. Umpan balik yang diperoleh dari alumni ini dibutuhkan oleh perguruan tinggi dalam usahanya untuk perbaikan serta pengembangan kualitas dan sistem pendidikan.

Bukan hanya itu, tracer study ini juga mengungkap bahwa sebanyak 13 persen lulusan STMIK Horizon Karawang sudah mendapatkan pekerjaan sebelum lulus kuliah. Sementara itu sebanyak 56 persen lainnya dalam waktu kurang dari 3 bulan sudah mendapatkan pekerjaan. Hanya 3 persen dari lulusan STMIK Horizon Karawang yang membutuhkan waktu mendapat pekerjaan antara 6- 12 bulan, sementara 3 persen lainnya hanya membutuhkan waktu 3-6 bulan untuk mendapatkan pekerjaan.

Untuk lulusan STIKes Horizon Karawang, sebanyak 6 persen sudah mendapatkan pekerjaan semasa duduk di bangku kuliah. Sementara sebagian besar atau 40 persen lainnya hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 bulan untuk mendapatkan pekerjaan. Sisanya sebanyak 21 persen mendapatkan pekerjaan 3-6 bulan setelah lulus, sebanyak 10 persen mendapatkan pekerjaan 6-12 setelah lulus dan hanya 10 persen lainnya yang mendapatkan pekerjaan lebih dari setahun setelah lulus.

Jika dilihat dari masing-masing jurusan, misalnya di STIKes Horizon Karawang, maka angka keseluruhan penyerapan kerja (overall employment rate) jurusan Kebidanan 87 persen, D3 Keperawatan 100 persen, Profesi Ners 100 persen, S1 Keperawatan 84 persen. Sedangkan di STMIK Horizon Karawang untuk jurusan D3 Sistem Informasi / Akuntansi 94 persen dan S1 Informatika / Sistem Informasi 100 persen.

Tersedia Beasiswa
Baik STIKes Horizon Karawang dan STMIK Horizon Karawang adalah institusi pendidikan yang berlokasi di Jalan Pangkal Perjuangan By Pass KM 1, Tanjungpura, Karawang yang dimiliki oleh Yayasan Pendidikan Tri Putra Horizon Education. Horizon Education adalah satu-satunya jaringan sekolah di Indonesia dengan pengalaman internasional yang melayani pasar yang kurang terlayani dengan tujuan mendapatkan pekerjaan baik lokal maupun internasional dan mengatasi kemiskinan lewat pendidikan yang dapat diakses.

Tidak hanya menjanjikan prospek yang tinggi bagi lulusannya di dunia kerja, namun Horizon Education juga menawarkan beasiswa Keluarga Horizon untuk membantu calon mahasiswa yang terimbas dampak pandemi secara ekonomi. Bagi calon mahasiswa STMIK Horizon Karawang bisa mendapatkan potongan uang kulian dan uang SKS 50 persen sampai lulus dan bagi calon mahasiawa STIKes Horizon Karawang mendapat potongan uang kulian dan uang SKS 30 persen sampai lulus.

Saat ini, STMIK Horizon Karawang memiliki jurusan S1 Informatika, S1 Sistem Informasi, D3 Sistem Informasi dan D3 Sistem Informasi Akuntansi. Sedangkan STIKes Horizon Karawang memiliki jurusan D3 Kebidanan, D3 Keperawatan, Profesi NERS dan S1 Keperawatan baik kelas reguler maupun kelas karyawan.

STIKes Horizon Karawang dan STMIK Horizon Karawang adalah perwujudan komitmen Yayasan Pendidikan Tri Putra Horizon Education untuk menjalankan misi “Membentuk Manusia Indonesia yang Global” Untuk membekali mahasiswa Indonesia dengan kompetensi yang dibutuhkan agar mampu bersaing secara global, Yayasan Pendidikan Tri Putra Horizon Education bekerjasama dengan Phinma Education, salah satu jaringan pendidikan terbesar di Filipina dengan lebih dari 70 ribu siswa.

Pembelajaran Aktif, Kemitraan dengan Dunia Industri, Lingkungan berbahasa Inggris, Teknologi yang terkait Dunia Industri, dan Keterampilan Kerja Inti yang Mumpuni merupakan 5 penawaran utama dari Horizon Education.

Sementara itu dukungan dari Triputra Grup dan Persada Capital Investama sebagai pendukung utama merupakan kekuatan lain dari Horizon Education dari sisi kemitraan dengan dunia industri.

Seperti diketahui, Triputra Grup memiliki jaringan usaha di bidang agribisnis, manufaktur, trading dan jasa, serta pertambangan. Sementara Persada Capital Investama memiliki jaringan usaha di bidang kesehatan, agrikultur, pertambangan, property, konstruksi dan lain-lain. Di sekitar Karawang sendiri anak usaha kedua perusahaan tersebut adalah Daya Adicipta Wisesa di Cakung, Dharma Group di Cikarang, dan Pako Group di Karawang. Foto-foto: Dok. STIKes Horizon Karawang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.