Film News

FFWI Dirancang Menjadi Festival Film Bergengsi Tingkat ASEAN

FFWI Dirancang Menjadi Festival Film Bergengsi Tingkat ASEAN

JAKARTA, Trenzindonesia | Wina Armada Sukardi, Presiden Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XIII Tahun 2023,menegaskan visinya, setelah mapan pada tingkat nasional, FFWIdi masa depan bakal dirancang akan menjadi festival film bergengsi di tingkat ASEAN.

FFWI Dirancang Menjadi Festival Film Bergengsi Tingkat ASEAN
Wina Armada Sukardi, Presiden Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XIII Tahun 2023

Kehadiran FFWIsebagai festival film bergengsi di ASEAN diharapkan akan memberikan pijakan bagi sinema Indonesia dalam dunia perfilman internasional. Menurut Wina, langkah ini akan dilakukan secara bertahap. Pertama, FFWI akan memfokuskan diri pada pembenahan internal, mengatasi setiap kekurangan yang ada. Setelah itu, FFWI akan merangkul film-film dari seluruh wilayah ASEAN dan memberikan penghargaan kepada yang terbaik dari mereka.

Wina Armada Sukardi, seorang wartawan senior dan ahli hukum pers, menyadari bahwa tujuan ini tidaklah mudah, namun diyakini bahwa cita-cita baik ini akan tercapai dengan dukungan dan semangat para wartawan, praktisi kebudayaan, serta penggemar film Indonesia. Ia mengacu pada kesuksesan Festival Film Asia Pasifik (FFAP) yang awalnya hanya merupakan khayalan, tetapi akhirnya menjadi kenyataan.

Salah satu pembeda utama FFWIdibandingkan festival film lainnya adalah kehadiran panitia dan juri yang terdiri dari wartawan profesional. Dalam FFWI, penilaian dilakukan oleh mereka yang memiliki pengalaman mendalam dalam mengulas berita dan karya seni. Dalam rapat khusus tersebut, fokus penilaian yang ditekankan adalah pada film-film yang mengangkat relevansi sosial, problematik, karakter bangsa Indonesia, serta keberagaman kebudayaan daerah.

“Dalam penilaian FFWI, film-film yang memberikan wawasan dan menggugah kesadaran akan kondisi sosial masyarakat, serta memperlihatkan keberagaman budaya, akan mendapatkan nilai lebih,” ungkap Wina.

FFWI Dirancang Menjadi Festival Film Bergengsi Tingkat ASEANUntuk FFWI tahun 2023, panitia bersama Direktorat Perfilman, Musik, dan Media; Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah bekerja keras untuk menyusun Buku Pedoman Penilaian Dewan Juri. Pedoman ini akan memandu proses penilaian yang lebih jelas dan obyektif.

Puncak  acara pembagian Piala FFWI sendiri akan digelar  di Jakarta pada 27 Oktober 2023. Sebagai penghormatan terhadap banyaknya kategori penghargaan, acara ini akan dibagi menjadi dua sesi – siang dan malam.

Melalui dedikasi dan semangat untuk mengangkat sinema Indonesia ke tingkat lebih tinggi, FFWIberkomitmen untuk terus menginspirasi dan memberi apresiasi kepada para pelaku industri perfilman serta menunjukkan kepada dunia kekayaan dan kreativitas perfilman Indonesia. (PR/Fajar) | Foto: Dok. FFWI

Avatar

Fajar Irawan

About Author

Ketua Komunitas Penulis Kota Bogor I Bendahara Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia I Ketua Silverian '86 Region Bogor I Content Writer I Journalist I Photographer I Vice President Bogor Chapter 'Calon Jenazah Motorcycle Club' I PRESS #GasTipisTipis E-mail: fajar_fireone@yahoo.com Telp / WA: +62 855 740 5555

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

News

Wedari Hadirkan Keindahan Balijava Batik Kudus Koleksi Denny Wirawan

  • September 29, 2017
Rayakan dua dekade berkarya di industri fashion tanah air, Denny Wirawan Angkat khasanah kekayaan ragam motif langka Batik Kudus Lewat
Film

Bupati H. Ahmad Husein Dukung Film Satria Yang Bernuansa Kearifan Lokal Banyumas

  • September 29, 2017
Rencana penggarapan film “Satria” yang merupakan produksi perdana dari Ralia Pictures dan Gula Kelapa Pictures, sangat didukung oleh Pemerintah Kabupaten