Trenz Indonesia
News & Entertainment

Unggulan FFWI 2023 Akan Diumumkan 20 Oktober

540

JAKARTA, Trenzindonesia | Panitia Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XIII Tahun 2023 menginformasikan bahwa pengumuman semua film unggulan FFWI akan dilakukan pada hari Jumat, 20 Oktober 2023, melalui berbagai platform media sosial

Dewan Juri awal, yang terdiri dari 21 wartawan dari seluruh Indonesia, telah bekerja keras dalam menilai film-film dari empat genre yang berbeda, yaitu drama, komedi, horor, dan laga. Dari masing-masing genre, dipilih sembilan unsur, sehingga total minimal ada 36 film unggulan yang akan diumumkan.

Tertiani ZB Simanjuntak, Direktur Bidang Penjurian FFWI, menjelaskan bahwa proses penjurian terbagi menjadi dua tahap. Pada tahap pertama, Dewan Juri Awal melakukan seleksi dari 128 judul film peserta yang telah tayang di bioskop dan layanan video mulai 1 Oktober 2022 hingga 30 September 2023.

Selanjutnya, para juri memilih total 78 judul film dari keempat genre yang berbeda. Dari daftar ini, dewan juri awal kemudian menentukan lima unggulan untuk sembilan unsur film yang dinilai dari setiap genre.

Menurut Tertiani, ternyata  dalam praktek, menilai film- film yang akan dijadikan unggulan tidak mudah. “Masing- masing anggota Dewan Juri yang semuanya berlatar belakang wartawan film menyampaikan argumentasi yang tajam, dan punya basis pengetahuan yang mumpuni,” ungkap Tertiani. Itulah sebab terkadang dia perlu memberi keterangan tambahan kepada Dewan Juri Awal yang berdebat.

Unggulan FFWI 2023 Akan Diumumkan 20 OktoberDalam pengalaman Thomas Della Manggala, wartawan Sindonews, yang sudah ketiga kalinya menjadi Juri perhelataan FFWI, merasakan sangat alot dan penuh dinamika. Dia menerangkan, dari tahun ke tahun, selalu ada peningkatan sistem penjurian FFWI.

“Nah, yang paling menarik FFWI tahun ini, panitia bidang penjurian menilai genre film laga. Ini untuk pertama kalinya digelar dalam festival film di Indonesia,” papar Thomas yang kesehariannya meliput dunia perfilman.

Sampai saat ini Dewan Juri masih menyimpan rapat siapa saja dan film apa saja yang masuk dalam daftar unggulan. Kendati begitu, sudah dapat diprediksi bakal terjadi  persaingan sengit di setiap genre.

“Dijamin proses keputusan berlangsung dengan fair,” tandas Tertiani yang pernah menjadi wartawan harian berbahasa Ingris, Jakarta Post.

Bagaimana tepatnya, tunggu saja pengumumannya besok, 20 Oktober 2023.(PR/Fajar) | Foto: Dok. FFWI 2023

Leave A Reply

Your email address will not be published.