Trenz Indonesia
News & Entertainment

Satu Dekade CoffHouse Tempat Ngopi Asik Bareng Musik

Bertahan Jadi Tempat Nongkrong Ada Live Music

1,210

Berawal dari niat ingin membuka cafe, sosok pria bernama Evan Alle, pemilik tunggal CaffHouse yang terletak di Pasar Bersih Cengkareng, Jl. Danau Batur No.22, RT.1/RW.16, Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat. Awal berdirinya Cafe yang punya motto Tempat Ngopi Asik Bareng Musik ia dirikan pada tahun 2014 silam.

“Awal niat ingin punya usaha tempat tongkrongan pada tahun 2008. Pada waktu tahun 2012 saya kerja di resto dan bar. Selama kerja saya belajar resep-resep dan menabung untuk membuka usaha. Jadi kerja sambil usaha bikin tempat nongkrong,” ujar Evan Alle menceritakan awal niat berdirinya CoffHouse.

Pada tahun 2013 awalnya Evan membuka kios minuman tenda kecil dengan menggunakan tenda terpal. Setahun kemudian ia mulai berpikir membuka tempat ngopi sekaligus tempat orang nongkrong. Saat itu juga Evan ingin membuka tempat nongkrong yang ada live musiknya.

“Dari tabungan yang saya kumpulkan, saya mulai menyicil membeli alat-alat musik dan juga soundsistem. Sejak tahun 2014 itu saya mulai membuat CoffHouse rutin ada live musik setiap minggunya. Dari tahun 2013 itu masa nyaman saya karena dari tahun 2013 sampai sekarang kedai kopi yang ada live musiknya cuma CoffHouse ,” tambah Evan.

Satu Dekade CoffHouse Tempat Ngopi Asik Bareng Musik
Satu Dekade CoffHouse Tempat Ngopi Asik Bareng Musik

Selama 10 tahun menjalankan usaha CoffHouse Evan sempat membuka 4 cabang di seputaran Jakarta Barat. Diantanya cabang Puri CNI Kembangan, Kalideres dan di Ciledug Raden Saleh. Namun, saat pandemi covid kemarin CoffHouse mengalami penurunan. Agar usahanya tetap berjalan, Evan sempat menutup dua cabang CoffHouse miliknya.

“Pada tahun 2017 saya membuka cabang di daerah Puri CNI. Ini cabang pertama saya membuka usaha tempat tongkrongan. Kalau malam minggu bisa datang pelanggan sampai 300 orang,” lanjutnya.

Tiap malam minggu CoffHouse menghadirkan sejumlah musisi lokal diantaranya Deni Inter Feat Alvie Syahrien untuk menghibur para pelanggan yang datang. Deni Inter-Alvie Syahrien and Fiend adalah salah satu musisi yang reguler mengisi acara di CoffHouse. Pihak CoffHouse juga mempersilahkan para pengunjung untuk nyanyi bareng dan merequest lagu yang akan dibawakan para musisi CoffHouse. Pada tanggal 22 Oktober 2023 mendatang CoffHouse akan merayakan ulang tahun ke 10-nya di cabang Cengkareng.

Satu Dekade CoffHouse Tempat Ngopi Asik Bareng Musik
Satu Dekade CoffHouse Tempat Ngopi Asik Bareng Musik

Evan memberi motivasi kepada para pengusaha kopi dan tempat tongkrongan seperti dirinya agar tetap konsisten agar usaha yang dijalankan bisa berjalan dan sukses.

“Ke depan tidak menutup kemungkinan kita cari lokasi indoor agar saat musim hujam kita tidak misbar (Gerimis Bubar). Alhamdulillah saya sudah punya tim yang kompak dan semoga ke depan semakin sukses lagi. Aamiin,” tutup pria yang punya ambisi membuka cabang CoffHouse ke berbagai wilayah di DKI Jakarta dan juga seluruh tanah air. Rul

Leave A Reply

Your email address will not be published.