Trenz Indonesia
News & Entertainment

Dwiki Dharmawan, Dewa Budjana Dan Ivan Nestorman Tampil memukau di Moonjune Festival Toledo 2023

303

TOLEDO SPANYOL, Trenzindonesia | Pada tanggal 28 September hingga 1 Oktober 2023, kota Toledo, Spanyol, menjadi saksi pergelaran megah dalam wujud 2nd MoonJune Festival Toledo 2023.

Acara empat hari ini diadakan di Circulo de Arte, sebuah bangunan yang bertransformasi menjadi ruang pertunjukan spektakuler. Festival ini menjadi panggung bagi 40 musisi dari 10 negara yang mewakili 4 benua.

Direktur Moonjune Music, Leonardo Pavkovics, menjelaskan, “Festival ini adalah perhelatan musik eklektik yang sangat menginspirasi dimainkan oleh musisi terpilih yang berkolaborasi antar bangsa, melambangkan cinta, perdamaian, dan keberagaman di kota yang dikenal karena toleransinya dan status sebagai situs warisan UNESCO.”

Pada hari terakhir festival, yakni tanggal 1 Oktober 2023, musisi Indonesia terkemuka, Dwiki Dharmawan, bersama Dewa Budjana & Ivan Nestorman, tampil bersama dengan grup World Peace Band yang didukung oleh Ofer Assaf, Israel Varela, dan Yaron Stavi. MoonJune Festival Toledo mempersembahkan beragam dan eklektik line-up dengan bakat-bakat terkenal dari berbagai penjuru dunia, termasuk dalam genre musik progresif seperti jazz fusion, progressive rock, musik elektronik, flamenco, dan world music yang memukau.

Pada hari kedua, pianis virtuoso Diego Amador dan gitaris José Maria Bandera tampil dalam tribute untuk musik Paco de Lucía yang berjudul “Paqueando.” Sementara pada hari ketiga, band legendaris asal Inggris, Soft Machine, dengan formasi John Etheridge, Theo Travis, Fred Baker, dan Asaf Sirkis, menghipnotis penonton dengan penampilan mereka.

Hari keempat, yang juga merupakan hari penutupan, dimulai dengan acara Round-Table Discussion dengan tema “MUSICAS DEL MUNDO PARA UN MUNDO UNIDO / MUSIC OF THE WORLD FOR THE UNITED WORLD.” Acara ini dihadiri oleh moderator José Funes dan Carlos Romeo, serta narasumber seperti Leonardo Pavkovic, Ana Alcaide, Bill Cooley, Dwiki Dharmawan, dan Israel Varela.

Konser penutup dibuka oleh penampilan gitaris dan komposer asal Uruguay, Beledo, yang kemudian diikuti oleh musisi tuan rumah, Ana Alcaide. Penampilan puncak datang dari Dwiki Dharmawan World Music Band, yang membawakan karya-karya Dwiki, Budjana, dan Ivan, termasuk lagu-lagu seperti “Pasar Klewer,” “A Night in Murcia,” “Joged Kahyangan,” “Jayaprana,” “Anaritin Teo,” “Mogi,” dan ditutup dengan karya Dwiki yang sangat populer di seluruh dunia, “The Spirit of Peace.” Penampilan World Peace Band mendapat standing ovation dari penonton yang terkesan dengan atraksi mereka.

Kehadiran Dwiki Dharmawan dan rekan-rekannya di Moonjune Festival Toledo 2023 didukung oleh Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, serta KBRI Madrid, Spanyol. Festival ini bukan hanya perayaan musik, tetapi juga sebuah wujud sinergi lintas negara dalam dunia musik yang memukau dan menginspirasi. (PR/Fajar) | Foto: Istimewa

Leave A Reply

Your email address will not be published.