Trenz Indonesia
News & Entertainment

Indonesia Ritmis Edukasi Musisi Perkusi Jalanan Menuju Industri Musik

141

Pagelaran musik perkusi jalanan Indonesia Ritmis yang digelar di lapangan Bulungan, Jakarta Selatan, Minggu (10/12/2023) menampilkan musisi-musisi perkusi jalanan dengan disisipi acara diskusi tentang aplikasi musik perkusi jalanan.

Diskusi menampilkan pembicara Ekki Soekarno sebagai penyelenggara acara, Anto Baret musisi senior yang kerap disapa Presiden Musisi jalanan, Kadri Muhammad (pelaku industri musik) dan Yonas Markus Tuhulerewu dari RRI sebagai support media acara tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Anto Baret menjelaskan sejarah musik jalanan dan perkembangannya di tanah air. Pria yang juga sesepuh Aremania itu menceritakan perilaku para musisi jalanan.

 Ritmis Musik Perkusi Jalanan
InRitmis Musik Perkusi Jalanan

“Musisi jalanan juga kerap menawarkan lagu ciptaan mereka ke produser musik, namun saat mengamen di jalan mereka kerap membawakan lagu-lagu orang lain,” ungkap Anto Baret.

Selanjutnya Ekki Soekarno selalu penyelenggara mengungkapkan ide mengelar acara Indonesia Ritmis Musik Perkusi Jalanan dimana musik tabuh atau disebut perkusi itu ada di seluruh Indonesia.

 Indonesia Ritmis Musik Perkusi Jalanan
Indonesia Ritmis Musik Perkusi Jalanan

“Jika bicara musik perkusi di tanah air banyak jenisnya. Jika kita ke Aceh, kita bisa membuat acara musik perkusi Aceh. Di sana pun banyak jenisnya. Sampai menggunakan tangan pun bisa jadi musik perkusi,” ujar pria yang sukses menggelar acara Indonesia Drum Perkusi Festival (IDPFEST) itu.

Diskusi semakin seru saat giliran Kadri Muhammad menjelaskan digitalisasi industri musik. Dimana musik perkusi atau musisi jalanan juga bisa memproduksi musik mereka sebagai musik industri.

“Lewat komunitas musisi jalanan mereka bisa memproduksi musik mereka menjadi komersil. Para musisi jalanan bisa mendaftarkan karya mereka ke agrigator dan bisa menghasilkan pendatan lewat platform digital seperti YouTube, Spotify dan lain-lain,” tambahnya.

Kemudian dari pihak RRI Jakarta Yonas Markus Tuhulerewu dari RRI menjelaskan pihaknya siap mempromosikan karya-karya musik jalanan lewat acara seperti Indonesia Ritmis Musik Perkusi Jalanan ini.

“Acara seperti ini menjadi ajang para musisi jalanan untuk menuju industri musik. Seperti sekarang kami menyiarkan secara langsung Indonesia Ritmis Musik Perkusi Jalanan. Lewat aplikasi RRI kita juga menyiarkan acara ini secara visual,” tuturnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan penampilan para musisi perkusi jalanan seperti KNP Bekasi, Mister Bento, Cakranada, Martha Lufiass, Rumah Perkusi, Ruang Bunyi, The Bandels, Djump-Jakarta Rockers Club’ dan The Showstoppers (Haykaal & Friends). Rul

Asal Muasal Musik Jalanan
Anto Baret Cerita Asal Muasal musik jalanan

Leave A Reply

Your email address will not be published.