Music News

Kompetisi Piano Internasional Terbesar Kembali Digelar di Jakarta

Kompetisi Piano Internasional Terbesar Kembali Digelar di Jakarta

Indonesia International Piano Competition (IIPC) 2024

Jakarta, Trenzindonesia | Yayasan Cipta Pribadi Unggul dengan bangga mengumumkan kembalinya kompetisi piano internasional terbesar di Indonesia, Indonesia International Piano Competition (IIPC) 2024.

Setelah sukses besar pada edisi perdana tahun 2019, IIPC kembali hadir tahun ini dengan skala yang lebih besar dan partisipasi internasional yang lebih luas.

Kompetisi IIPC 2024akan berlangsung selama tujuh hari, dari tanggal 8 Juli hingga 14 Juli 2024, di Pusat Perfilman H. Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan. Pendaftaran ulang peserta telah dilaksanakan pada 7 Juli 2024, dan kompetisi resmi dimulai pada 8 Juli 2024. Babak final dan pengumuman pemenang kategori profesional akan diadakan pada hari Minggu, 14 Juli 2024. Puncak acara ini adalah penampilan para finalis kategori profesional yang akan mempersiapkan piano concerto yang diiringi oleh Jakarta Concert Orchestra.

Helen Gumanti, Presiden IIPC, menyampaikan rasa antusiasnya atas dihelatnya kembali kompetisi ini. “Saya merasa sangat gembira dan bangga menyambut pecinta musik klasik, khususnya piano, di acara bergengsi ini. Kompetisi Piano Internasional Indonesia berfungsi sebagai panggung global yang didedikasikan untuk meningkatkan seni dan pendidikan pianis klasik yang bercita-cita tinggi dalam perjalanan musik mereka. Misi kami adalah menciptakan ekosistem di mana bakat dapat berkembang dan musisi muda dapat mencapai potensi tertinggi mereka,” ujar Helen.

Kompetisi IIPC dirancang untuk menjadi salah satu kompetisi piano paling bergengsi di kawasan Asia Pasifik dan berkomitmen untuk memajukan musik klasik serta mendukung generasi pianis di Indonesia, terutama generasi muda, agar dapat membawa nama musik klasik Indonesia ke skala global.

Tahun ini, IIPC 2024 menarik lebih dari 133 peserta dari 10 negara, termasuk Indonesia, Jepang, Vietnam, Australia, Korea Selatan, Thailand, Kanada, Amerika Serikat, Singapura, dan Selandia Baru. Para peserta akan dinilai oleh 11 juri ternama dari delapan negara, seperti Amerika Serikat, Bulgaria, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Malaysia, Perancis, dan Singapura. Para juri merupakan maestro piano berpengalaman yang diakui di dunia internasional.

Di antara para juri, ada Andreas Frölich, profesor di Hochschule für Musik und Tanz Köln – Aachen dan Kalaidos Musikhochschule Zürich, yang juga menjadi profesor tamu di berbagai akademi musik internasional. Andreas telah membimbing lebih dari 150 pemenang di kompetisi piano internasional. Selain itu, Pascal Nemirovski, salah satu guru piano paling dicari di dunia, dan Rachel Naomi Kudo, pemenang pertama Kompetisi Internasional Johann Sebastian Bachdi Leipzig, juga akan menjadi bagian dari panel juri.

Kategori Kompetisi

Para peserta akan unjuk kemampuan mereka di depan para juri dan peserta akan terbagi dalam berbagai kategori usia dan tingkat kemampuan, yaitu:

Professional Senior Category (18 – 32 tahun)

Professional Junior Category (Di bawah 18 tahun)

Collaborative Piano 1 Category (18 – 32 tahun)

Collaborative Piano 2 Category (Di bawah 18 tahun)

Amateur Category (33 tahun ke atas)

Senior Category (Di bawah 18 tahun)

Junior Category (Di bawah 15 tahun)

Intermediate Category (Di bawah 13 tahun)

Category 1 (Di bawah 10 tahun)

Category 2 (Di bawah 8 tahun)

Masterclass dan Piano Recital

IIPC 2024 juga akan menghadirkan masterclass dan piano recital yang terbuka untuk umum. Masterclass akan diadakan pada 10-14 Juli 2024 oleh para juri, termasuk Pascal Nemirovski, Andreas Frölich, Avguste Antonov, Rachel Naomi Kudo, dan Miki Aoki. Piano recital akan berlangsung pada 10-13 Juli 2024, menampilkan para juri dan peserta.

Salah satu inovasi tahun ini adalah kolaborasi finalis profesional dengan Jakarta Concert Orchestra yang dipimpin oleh Avip Priatna. Perkembangan ini menunjukkan pencapaian baru dalam pendidikan dan kualitas penyelenggaraan kompetisi piano di taraf internasional.

Helen Gumanti mengajak semua pihak, termasuk pemerintah, untuk mendukung terselenggaranya kompetisi berskala internasional ini. “Mari kita, para pemerhati pendidikan, pemerhati musik, dan stakeholder lainnya, sekaligus pemerintah, memberikan sumbangsih khususnya di bidang pendidikan dan pariwisata agar kompetisi ini bisa terus diadakan dengan skala dan impact yang lebih besar ke depannya,” tuturnya.

IIPC mengundang publik untuk menonton piano recital dan menikmati pertunjukan musik klasik internasional yang luar biasa. Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara menonton dan menghadiri acara ini, silakan kunjungi situs www.indonesiainternationalpianocompetition.com atau akun resmi Instagram di @iipc.official.

Mari bergabung dan saksikan para pianis terbaik dunia berlaga di IIPC 2024 serta nikmati kemeriahan musik klasik internasional di Jakarta. (PR/Fjr) | Foto: Istimewa

Avatar

Fajar Irawan

About Author

Ketua Komunitas Penulis Kota Bogor I Bendahara Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia I Ketua Silverian '86 Region Bogor I Content Writer I Journalist I Photographer I Vice President Bogor Chapter 'Calon Jenazah Motorcycle Club' I PRESS #GasTipisTipis E-mail: fajar_fireone@yahoo.com Telp / WA: +62 855 740 5555

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Music

SAGA Music Festival 2017 Siap Sajikan Atraksi Keren Para DJ di Bali

  • September 21, 2017
Acara “SAGA Music Festival 2017” ini diwacanakan akan menjadi acara jelang tutup tahun terkeren yang akan berlangsung selama dua hari
Music

Irma Darmawangsa Hadirkan Hits Anyar Kucing Kawin

  • September 26, 2017
Terus berkarya menjadi bukti eksistensi penyanyi Irma Darmawangsa dalam melakoni kiprahnya di jagat musik dangdut tanah air.