Trenz Indonesia
News & Entertainment

Lomba Cipta Lagu Daerah Nusantara Kembali Digelar

Bangkitkan Kecintaan pada Lagu Berbahasa Daerah

575

JAKARTA, Trenzindonesia | Panitia Lomba Cipta Lagu Daerah Nusantara (LCLDN) kembali akan menggelar kompetisi cipta lagu daerah untuk yang ketujuh kalinya, dengan tujuan untuk menggugah kembali kecintaan masyarakat terhadap lagu-lagu berbahasa daerah di seluruh Indonesia.

Kompetisi ini juga bertujuan untuk memperkaya dan menggali potensi serta kreativitas para pencipta lagu di seluruh tanah air.

Puncak final LCLDN 2023 akan diselenggarakan di Auditorium Abdulrachman Saleh, LPP RRI Pusat Jakarta, pada tanggal 9 Desember 2023. Pada tanggal 14 September 2023, telah dilakukan penandatanganan kerja sama antara Prof. Dr. Sapta Nirwandar sebagai inisiator LCLDN dengan Mistam, Direktur Program dan Produksi LPP RRI, di Gedung LPP RRI Pusat Jakarta.

Mistam, Direktur Program dan Produksi LPP RRI, menyampaikan bahwa RRI memiliki komitmen yang kuat dalam melestarikan, mengembangkan, dan mempromosikan lagu-lagu berbahasa daerah nusantara melalui berbagai programnya. Lagu-lagu berbahasa daerah diharapkan dapat memperkuat ketahanan budaya bangsa dan mengembalikan penggunaan bahasa daerah yang mulai terlupakan oleh generasi muda.

Sosialisasi tentang acara LCLDN akan dilakukan melalui jaringan media sosial dan Radio Republik Indonesia. Pendaftaran peserta dapat diakses melalui tautan . Waktu pendaftaran telah dibuka mulai tanggal 15 September dan ditutup pada tanggal 15 November 2023.

Lomba Cipta Lagu Daerah Nusantara Kembali DigelarDalam kompetisi ini, akan dipilih 10 finalis yang akan dinilai oleh lima juri terdiri dari unsur pencipta lagu, penata musik, sastrawan, eksekutif industri musik, dan pengamat musik. Dwiki Dharmawan akan bertindak sebagai produser dan direktur musik pada malam final LCLDN 2023. “Akan ada 10 lagu finalis yang nantinya akan dibawakan oleh penyanyi-penyanyi nasional dan dipentaskan secara live. Selain itu, lagu-lagu ini juga akan dirilis sebagai album LCLDN 2023 di berbagai platform musik digital,” kata Dwiki Dharmawan.

Bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang acara ini, dapat menghubungi panitia LCLDN melalui nomor 021-25558981 atau menghubungi Totok Sediyantoro di 08551086865 dan Bobby di 085659219219. Anda juga dapat mengirim email ke totok@hotmail.com atau bob.naedi@gmail.com.

LCLDN 2023 menjadi wadah bagi para pencipta lagu dan penyanyi untuk mengekspresikan kecintaan mereka terhadap bahasa daerah dan budaya Indonesia melalui musik. Semoga kompetisi ini dapat memberikan inspirasi dan semangat baru dalam melestarikan warisan budaya Indonesia yang berharga ini. (PR/Fajar Irawan) | Foto: Istimewa

Leave A Reply

Your email address will not be published.