Trenz Indonesia
News & Entertainment

Musik Indonesia Tidak Tertinggal oleh Negara Lain

Oleh Dandung Bondowoso

1,532

JAKARTA, Trenzindonesia | Musik merupakan seni yang menggabungkan suara vokal dan instrumental untuk keindahan maupun bentuk ekspresi emosional.

Saat ini musik bisa didengar dan ada di mana-mana, dan hampir disukai oleh semua orang.

Musik Indonesia Tidak Tertinggal oleh Negara Lain
Agnez Mo

Perilaku konsumen musik di Indonesia saat ini bisa menerima hampir segala jenis genre berkat internet dan teknologi yang meruntuhkan dominasi media-media yang hanya bisa diakses oleh pemodal besar seperti TV, Radio dan sebagainya.

Sekarang eranya kita sudah tidak tergantung lagi dengan TV atau radio, menunggu disuapi lagu baru untuk didengarkan. Kita sekarang mempunyai kesempatan untuk aktif mencari jenis musik dan artis yang kita sukai dari pelbagai penjuru dunia. Sehingga membuat penikmat musik terekspos beraneka ragam musik, dan membuat apresiasi dan cita rasa musik makin tinggi. Hal ini merupakan salah satu indikator majunya industri musik suatu negara.

Perilaku konsumsi musik yang sangat terbuka ini membuat penikmat musik tidak peduli apakah musik yang ia dengarkan ini dari label besar atau label kecil atau musisi independen tanpa label, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, ini adalah saat terbaik buat pemusik untuk memulai karier bermusik. Saat ini musisi tidak wajib bergabung label musik besar untuk bisa sukses dalam bermusik. Dengan bermodalkan kreativitas, kerja keras dan kesungguhan hati, seorang musisi akan bisa sukses dalam industri musik di Indonesia.

Sebuah makalah di musik Industri internasional mengungkapkan, Indonesia adalah salah satu pasar streaming musik terbesar di Asia Tenggara, yang penggemarnya juga gemar mendengarkan musik dari musisi barat dengan berbagai genre baru yang menarik (lo-fi, hiphop, jazzy, edm, dll). Oleh karena itu, banyak sekali musisi dari Inggris, Eropa, Amerika yang sekarang ini gemar mengiklankan musiknya di instragram untuk menggaet pasar anak muda Jakarta.

Musik Indonesia Tidak Tertinggal oleh Negara Lain
Rich Brian

Industri musik Indonesia saat ini akan semakin maju, tidak hanya di dalam negeri tapi di luar negeri. Sekarang ini makin banyak artis Indonesia yang dilirik oleh label ternama luar negeri. Kesuksesan Rich Brian, Niki dan Stephanie Poetri, hadirnya Putri Ariani dan akan disusul oleh banyak anak muda Indonesia yang lain. Selain mereka mempunyai musikalitas (kemampuan menyanyi/ menulis lagu/ rap, dll) yang baik, mereka juga mempunyai karakter personal yang kuat, yang ditampilkan dengan baik di sosial media.kita semua sangat  yakin akan semakin banyak lagi musisi Indonesia yang autentik, yang akan menyusul kesuksesan mereka di dunia industri musik internasional.

Saat ini Industri Musik Republik Indonesia disebut oleh “Empire” adalah salah satu yang terbaik di Asia Pasifik..

Banyak sekali menurut mereka, lagu asal Republik Indonesia yang terkenal di Luar negeri..

Terutama di negara-negara Asia..

Lagu Bengawan Solo bahkan sangat terkenal di Asia Timur..

Qi Qin dari Taiwan bahkan menyanyikan lagu “Sephia” dari Sheila On 7 dan sukses besar..

Lagu “sempurna” dari Andra and The Backbone menjadi hits di Korsel dan Nihon Koku, yang banyak dibuat versi lokalnya oleh musisi dari kedua negara itu.

Juga belakangan lagu-lagu dangdut Koplo mulai populer di beberapa negara Eropa..

Dan Fildan yang bahkan Johnny Hallyday menjulukinya “The Real Super Star”..

Juga masuknya Rich Brian dan Agnez Mo ke Billboard Hot 100, menjadikan industri musik kita tidak kalah dari negara-negara lain..

Musik Indonesia Tidak Tertinggal oleh Negara LainMenurut Paul McCartney, teknologi Internet telah menggusur penjualan album, karena konsumen lebih suka mencari lagu di Internet. Oleh karena itu, dia mengatakan bahwa musisi di era digital ini harus pandai berinovasi. Terutama menyesuaikan diri dengan teknologi digital.

Jadi industri musik Republik Indonesia sama sekali tidak ketinggalan dari negara lain. (Dandung Bondowoso) | Foto: Google.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.