Trenz Indonesia
News & Entertainment

Musisi Kondang Ryan Kyoto Bersiap Tunaikan Ibadah Haji

262

Jakarta, Trenzindonesia | Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang memiliki kedudukan istimewa dalam agama Islam. Setiap tahun, jutaan umat Muslim dari berbagai belahan dunia berkumpul di Tanah Suci Makkah untuk menjalankan ibadah yang penuh makna ini.

Haji bukan sekadar perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan spiritual yang mendalam, membawa banyak pelajaran bagi setiap individu yang menjalaninya.

Ibadah haji memiliki banyak nilai spiritual yang menjadi landasan bagi penghayatan umat Muslim. Pertama-tama, haji merupakan perintah langsung dari Allah SWT kepada umat Muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Melaksanakan haji merupakan bentuk ketaatan dan pengabdian kepada Sang Pencipta yang harus dijalankan dengan penuh keikhlasan dan ketundukan.

Musisi Kondang Ryan Kyoto Bersiap Tunaikan Ibadah Haji
Ryan Kyoto

Salah satu yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini adalah Ryan Kyoto, musisi kondang yang karya-karyanya telah dinikmati para penikmat musik tanah air era 1980-an. Ryan Kyoto, seorang komposer handal di era 80-an, menciptakan banyak lagu yang menjadi hits lewat suara penyanyi ternama seperti Ermy Kullit, Chrisye, Novia Kolopaking, dan beberapa lainnya.

Karir Ryan Kyoto tidak hanya terbatas sebagai komposer. Ia juga sempat merilis album solo dan bekerja sama dengan kelompok Airr, yang ia bentuk bersama kakaknya Richard Kyoto, Iga Mawarni, dan Annie Ibon. Salah satu album solonya yang cukup berhasil adalah “Nita“, yang digarap dengan bantuan musisi handal seperti alm. Younky Soewarno, alm. Ireng Maulana, Erwin Gutawa, Oetje F. Tekol, Jopie Item, dan alm. Willy Soemantri.

Ryan Kyoto dikenal sangat piawai dalam berkarya, dan menurutnya, semua yang dimilikinya adalah karunia Tuhan. “Apa yang diberikan Allah selalu aku syukuri dan aku nikmati,” ujar Ryan Kyoto di rumahnya di kawasan Condet, Jakarta Timur.

Lebih lanjut, Ryan Kyoto merasa bersyukur karena Allah telah memberikan apa yang ia inginkan, termasuk kesempatan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. “Insya Allah saya dan istri akan menunaikan ibadah haji, berangkat hari Kamis, 6 Juni 2024, dari Asrama Haji Pondok Gede jam 3 pagi sebelum Sholat Subuh. Mohon doanya,” ujar Ryan dengan mata berkaca-kaca, merasa sangat terharu.

Ryan juga menambahkan, “Islam adalah agama yang sempurna dan lengkap yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia. Islam memiliki tiga dimensi utama yang saling berkaitan dan melengkapi satu sama lain, yaitu iman, islam, dan ihsan. Ketiga dimensi ini merupakan kerangka dasar ajaran Islam yang harus dipahami dan diamalkan oleh setiap Muslim.” (Da_Bon / Fajar) | Foto: Istimewa

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.