Trenz Indonesia
News & Entertainment

Pakle Modal Nekat, Otodidak dalam Bermusik

Berawal dari Gemar Membawakan Lagu Mendiang Didi Kempot

1,365

Penyanyi bernama asli Marsudiyanto yang juga seorang pengusaha dan akrab disapa Pakle, mengaku bisa menyanyi karena modal nekat dan belajar secara otodidak.

Berawal dari menggemari penyanyi berbahasa Jawa mendiang Didi Kempot, Pakle yang hobi menyanyi itu kemudian bertemu dengan Yogi RPH dan minta dibuatkan lagu.

“Waktu ketemu Yogi RPH saya minta saran apakah suara saya bisa direkam dan menjadi penyanyi. Mas Yogi langsung bilang suara Pakle bagus kok bisa nih rekaman,” ungkap Pakle di Menteng, Jakarta Pusat, awal pekan ini.

Bersama Yogi, Pakle kemudian membuat proyek nyanyi bareng dengan penyanyi Jawa ternma seperti RPH, Happy Asmara, Ndarboy Genk & Pendhoza. Proyek ini single perdana Pakle di NAGASWARA yang berjudul “Aku Sing Berjuang Kowe Sing Disayang”.

Pakle dikenal sebagai Ketua Umum TRN Jokowi (Tim Relawan Nasional). Untuk pemilihan presiden periode 2024-2029 ia mengaku tidak akan lagi menjadi relawan nasional. Ia ingin fokus di dunia menyanyi dan jadi pengusaha.

“Bagi saya menyanyi adalah kegiatan di luar saya menjadi pengusaha. Kalau sudah nyanyi rasa capek hilang dan hati senang,” tambahnya.

Dari single pertama sampai sekarang Pakle sangat kental dengan lagu-lagu berbahasa Jawa. Saat ditanya apakah Pakle akan menyanyi lagu pop berbahasa Indonesia?

“Menyanyi di luar bahasa Jawa menjadi tantangan buat saya. Bagi saya menyanyi lagu apapun itu membuat hati saya senang. Lewat Mas Yogi yang menjadi mentor saya, nanti akan ada karya-karya baru yang akan saya bawakan. Kita tunggu saja,” tutup pelantun single “Tresnomu Siji” itu. Rif

Leave A Reply

Your email address will not be published.