Trenz Indonesia
News & Entertainment

Sisco Batara dan Bondan Prakoso : Kompaknya Bapak Anak Sebagai Bassis

1,535

TANGERANG SELATAN, Trenzindonesia | Menghabiskan sekian waktu hidupnya bergelut di dunia musik, Sisco Batara, seorang musisi senior, terus menginspirasi dengan kiprahnya yang penuh cerita dan kenangan.

Sisco, seorang pemain bass yang memiliki reputasi gemilang ini, memulai karier musiknya pada tahun 1967, saat ia masih menjadi siswa SMP. Meskipun dia berasal dari keluarga yang tidak terlalu tertarik dengan musik, bakat musiknya telah tumbuh sejak kecil. Di rumahnya di Bilangan Gading Serpong, Tangerang Selatan, Sisco Batara berkata, “Mungkin ini adalah bagian dari rencana Tuhan, untuk mencari rezeki melalui musik.”

Berbicara dengan musisi yang masa remajanya juga dipenuhi dengan kegemaran bermain bola voli ini, bermain dan berkreasi di dunia musik telah menjadi bagian tak terpisahkan dari takdirnya.

Sisco Batara menyatakan bahwa yang terpenting adalah berkahnya. Beberapa lagunya, seperti “Rinduku“, pernah dimainkan oleh Jakarta Power Band dan “Dua Rasa” pernah dimainkan oleh The Rollies.

Musisi yang juga ayah dari penyanyi Bondan Prakoso ini terus berbicara tentang musik. Kisah tentang perjuangannya, kesenangan, dan duka di era musik Glodok membentuk bergam kisah yang pahit manis.

Sisco, yang juga pencipta lagu populer “Anak-Anak Si Lomba-Lomba“, berkata, “Beruntungnya istriku sangat memahami bahwa suaminya adalah seorang seniman.”

“Tidak masuk akal, ya. Dari sekolah STM Perkapalan di Semarang lalu melangkah dalam dunia musik,” tambahnya dengan humor. Pada tahun 1975, Sisco mulai merambah Jakarta dengan bergabung bersama musisi Ari Wibowo dalam Topan Group. Pengalaman manggung mulai dari klub malam hingga ke klub malam, seperti LCC, Marcopolo, dan Seasode, menjadi bagian dari perjalanan panjangnya.

“Semua adalah bagian dari perjalanan ini,” tambah Sisco sambil tersenyum dan merenung, seolah-olah merayapi kenangan-kenangan masa lalu yang masih begitu jelas diingatannya.

Tidaklah heran, jika Bondan Prakoso, anaknya, akhirnya juga mengikuti jejak sang ayah. Selain itu, Bondan juga mewarisi kemampuannya bermain bass dari Sisco Batara. Sisco pula yang jadi penulis lirik lagu “Ya Sudahlah“, yang dibawakan oleh Bondan n Fade2Black dan menjadi hit di Indonesia dengan lebih dari 90 juta penonton.

Sisco Batara sendiri baru saja meluncurkan karya terbarunya berjudul “Merpatiku” dan “Aku Juga Bisa,” yang semakin memperkaya warisannya dalam dunia musik. Sisco Batara terus membuktikan bahwa musik adalah bahasa universal yang dapat menyatukan banyak generasi dalam harmoni dan semangat. (Dandung Bondowoso / Fajar Irawan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.