Music News

SYNCHRONIZE FEST Hari Pertama Jadi Titik Temu Para Pecinta Musik

– Erwin Gutawa & 3Diva tampil memukau di panggung Dynamic Stage

– DJ Tessa Morena tampil di area Pasar Musik dengan penonton yang tumpah ruah di area tersebut

JAKARTA, Trenz Music |Mengulang keberhasilan di tahun-tahun sebelumnya untuk mempertemukan sejumlah musisi Indonesia dari lintas genre dan lintas generasi, Synchronize Fest tahun ini kembali hadir selama tiga hari, yakni pada 7, 8, dan 9 Oktober 2022 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta.

Memulai dengan menjadikan Synchronize Fest bukan hanya sekadar festival, tetapi juga pergerakan, Synchronize Fest telah berhasil menjadi titik temu dari berbagai warna musik Tanah Air. Di tahun ini Synchronize Fest mengusung tema “Lokal Lebih Vokal” yang menunjukkan bahwa musik dalam negeri kini telah dapat berjaya dan memperoleh sorotan dari para pecinta musik.

Melanjutkan perjalanan dan movement yang telah dirintis oleh Synchronize Fest di tahun-tahun sebelumnya, pada 2022, penyelenggara kembali menyuguhkan berbagai sajian musik panggung-panggung yang telah ada di tahun sebelumnya, yakni Dynamic Stage, Lake Stage, Forest Stage, District Stage, Gigs Stage, dan XYZ Stage. Namun tak hanya itu, tahun ini, Synchronize Fest turut melengkapi panggung-panggung tersebut dengan Pasar Musik sebagai bentuk apresiasi penyelenggara terhadap rilisan fisik. Tetapi tidak hanya kegiatan jual-beli yang berlangsung di Pasar Musik, seperti namanya, ada sejumlah suguhan segara yang tampil di dalamnya.

Gelaran hari pertama dari hajatan musik Indonesia tersebut dibuka dengan penampilan Sal Priadi dalam format akustik unplugged pada Jumat (7/10/22). Pelantun lagu ‘Kita usahakan rumah itu’ tersebut tampil dalam format yang terbilang unik dengan berkelana bersama ratusan pasukan berkostum biru dari panggung ke panggung dengan gitar. Ia pun mengajak serta para punggawa dari podcast RAPOT.

Hujan rintik sempat turun di sore hari pada awal acara. Namun, rupanya hal itu tidak menyurutkan semangat para pengunjung Synchronize Fest untuk melepas rindu terhadap panggung musik yang menyajikan keragaman musik lokal.

Sejak siang hari, yakni saat pertama kali gate dibuka, ada begitu banyak penonton telah tiba di tempat terselenggaranya acara. Antusiasme mereka untuk kembali menyaksikan Synchronize Fest rupanya begitu besar. Hal itu menghambahkan betapa bahwa Synchronize 2022 adalah salah satu acara yang paling dinanti-nanti tiap tahunnya.

Setelah dibuka oleh Sal Priadi, keseruan Synchronize Fest 2022 hari pertama dilanjutkan dengan penampilan dari Pamungkas, Project Pop, Sync Choir, White Shoes & the Couples Company, Erwin Gutawa dan 3 Diva, Efek Rumah Kaca, dan OM New Pallapa di Dynamic Stage.

Di Lake Stage, tampil Gugun Blues Shelter, Danilla, Down For Life x Gondrong Gunarto, Lomba Sihir, Seringai, dan Shaggy Dog.

Sementara itu, Lair, The Milo, Ali, Brayat Endah Laras, Jhonny Iskandar bersama Orkes Nunung Cs, dan .Feast tampil di Forest Stage.

Faye Risakotta, Muram, Bleach, Frau, Avhath, Dirty Ass, dan Rub of Rub dihadirkan di Gigs Stage.

Sementara di XYZ Stage, tampil RL KLAV, Batavia Collective, David Bayu, Krowbar, Senyawa, hingga The Sastro.

Sementara itu, Pasar Musik yang menjadi suguhan anyar dari gelaran Synchronize Fest, di hari pertama menampilkan selekta Charles, DJ Tessa Morena, selekta Febrizz, dan selekta Doomed.

Menariknya, Synchronize Fest juga kembali mengawinkan musik dengan elemen budaya pop lainnya yang dapat saling berkelindan dan mendukung satu sama lain, di antaranya seni, sinema, dan lain-lain.

Pada gelaran hari pertama pula, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sandiaga Uno, turut menunjukkan dukungannya dengan hadir dalam Synchronize Fest. Sandiaga Uno ikut serta dan berbaur dengan para penonton lainnya yang memenuhi Dynamic Stage untuk menonton kolaborasi Erwin Gutawa dan 3 Diva yang terdiri dari Krisdayanti, Ruth Sahanaya, dan Titi DJ.

 

“Berikut rangkuman keseruan Synchronize Fest 2022 hari pertama yang sayang apabila dilewatkan.”

Sync Choir dan Perayaan 20 TahunWhite Shoes & the Couples Company Berkarier

Selepas maghrib, Dynamic Stage diisi oleh ajakan bernyanyi bersama oleh Sync Choir. Meski berdurasi cukup singkat, akan tetapi kehadiran Sync Choir di panggung Synchronize Fest terbilang menarik dan memberikan warna lain.

Nyaris tanpa jeda, White Shoes & the Couples Company naik panggung setelahnya. Di panggung Synchronize Fest, band asal Jakarta itu membawakan set spesial, yakni set untuk merayakan 20 tahun mereka berkarya di industri musik.

Ada sejumlah lagu yang mereka bawakan, di antaranya ‘Windu Defrina’, ‘Selangkah ke Seberang’, ‘Senja Menggila’, hingga ‘Lembe Lembe’. Hal spesial lainnya yang hadir di panggung White Shoes & the Couples Company adalah munculnya Satria Virgana alias Sachi, anak dari Ricky Virgana dan Aprimela yang ikut unjuk kebolehan bermusik di atas panggung dalam lagu ‘Kisah Dari Selatan Jakarta’.

 

Magisnya Kolaborasi Down For Life dan Gondrong Gunarto

Beranjak ke Lake Stage, kolaborasi antara band metal Down For Life dengan seniman Gondrong Gunarto menjadi sesuatu yang eksentrik sekaligus memiliki daya tarik tersendiri. Di panggung tersebut, dua genre, yakni metal dan musik tradisional dikawinsilangkan dengan begitu apik.

Panggung tersebut menjadi saksi bagaimana gamelan dan elemen musik tradisional lainnya yang merupakan alat musik diatonis, berpadu dengan lagu-lagu milik Down For Life yang terbilang kencang. Ada sejumlah lagu yang dibawakan dalam panggung kolaborasi tersebut, di antaranya ‘Liturgi Penyesatan’ dan ‘Tertikam Dari Belakang’.

 

David Bayu Perkenalkan Lagu-lagu Anyarnya

David Bayu akhirnya merilis buah hasil dari proyek solonya di Synchronize Fest 2022. XYZ Stagemenjadi panggung tempat David Bayu memperkenalkan lagu-lagu dari album ‘Di Dalam Jiwa’ yang baru saja ia rilis tersebut pada khalayak.

Hal yang menarik dari panggung David Bayu di gelaran hari pertama Synchronize Fest 2022 tak hanya terletak pada momentum perilisan album solonya, tetapi juga intimasi yang terbangun antara David Bayu dan para penonton.

Mengawali penampilannya dengan membawakan sejumlah lagu yang dipopulerkan oleh Naif, David Bayu kemudian mengganjarnya dengan membawakan lagu-lagu barunya. Selama tampil, panggung XYZ yang sengaja dibuat rendah dan tanpa barikade itu dibanjiri oleh penonton.

Penonton tumpah ruah di berbagai sudut di area panggung dari awal hingga akhir penampilan.

Agar tiap penonton menikmati pertunjukan darinya dengan nyaman darimana pun mereka berdiri, David Bayu akhirnya rela untuk berpindah-pindah posisi di atas panggung.

Erwin Gutawa dan 3 Diva Kembali Setelah 15 Tahun

Belasan tahun yang lalu, ada tiga bintang yang begitu populer di belantika musik Indonesia, mereka adalah Krisdayanti, Ruth Sahanaya, dan Titi DJ. Ketiganya kemudian berkolaborasi dalam sebuah proyek musik besutan Erwin Gutawa bernama 3 Diva.

Setelah 15 tahun lamanya, Erwin Gutawa dan 3 Diva menuntaskan masa vakumnya di panggung Synchronize Fest 2022. Rupanya, kehadiran mereka disambut dengan begitu hangat oleh para penonton. Bahkan di antara para penonton terdapat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sandiaga Uno yang ikut memberikan dukungan.

Ada sejumlah lagu yang dibawakan dalam penampilan itu, di antaranya ‘Astaga’, ‘Sang Dewi’, ‘Takkan Ada Cinta Yang Lain’, ‘Menghitung Hari’, ‘Pilihlah Aku’, ‘Bawa Daku Pergi’, ‘Cobalah Untuk Setia’, hingga ‘Sinaran’. Mereka pun tampil dengan prima ketika membawakan lagu-lagu tersebut.

 

Meriahnya Penampilan Jhonny Iskandar bersama Orkes Nunung Cs

Penampilannya lainnya yang tak kalah seru adalah betapa meriahnya penampilan Jhonny Iskandar bersama Orkes Nunung Cs di Forest Stage. Jhonny Iskandar membawakan sejumlah lagu-lagu miliknya yang sempat ia populerkan bersama OM Pengantar Minum Racun di saat ia masih bergabung dalam orkes tersebut. Para penonton tampak berjoget dan begitu menikmati kolaborasi antara Jhonny Iskandar dan Orkes Nunung Cs. Barangkali memang benar, berjoget adalah sesuatu yang disukai banyak orang dan menjadi aktivitas yang dapat menyatukan.

 

Berbaur di Pasar Musik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pada gelaran tahun ini, Synchronize Fest turut menggarap Pasar Musik dengan berbagai suguhan. Tak disangka, rupanya Pasar Musik berhasil menjadi titik temu banyak penonton yang memadati Synchronize Fest hari pertama.

Tempatnya yang berada di tengah-tengah dan terbilang dekat dengan Gigs Stage, Dynamic Stage, dan District Stage berhasil menjadikan Pasar Musik sebagai titik temu dan tempat berbaurnya para penonton yang berlalu lalang di sepanjang acara.

Menariknya, tak hanya berlalu lalang dan berbaur, Pasar Musik menjadi alternatif pilihan bagi beberapa orang untuk menghabiskan malam dengan keriaan. Salah satu buktinya adalah penampilan dari DJ Tessa Morena yang sebelumnya sempat menjadi internet sensation.

Penampilannya berhasil menghadirkan para penonton yang bondong-bondong turut memenuhi Pasar Musik.

 

Berjoget bersama OM New Pallapa

Semua akan dangdut pada waktunya,” begitulah kira-kira hal yang dikatakan oleh biduanita dari OM New Pallapa ketika tampil di atas panggung. Pernyataan itu nyatanya tak berlebihan. OM New Pallapa nyatanya berhasil menjadi penutup untuk Synchronize Fest di hari pertama.

OM New Pallapa telah dikenal sebagai orkes koplo yang malam melintang di ranahnya. Bagai ajakan untuk segera memulai akhir pekan, OM New Pallapa berhasil membuat para penonton berjoget dengan lagu-lagu dangdut yang mereka bawakan.

Hari pertama Synchronize Fest #LokalLebihVokal telah sukses terlewati. Sampai jumpa di Synchronize Fest hari ke-2 hari ini. (PR/Fjr) | Foto: Google.com

Avatar

Fajar Irawan

About Author

Ketua Komunitas Penulis Kota Bogor I Bendahara Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia I Ketua Silverian '86 Region Bogor I Content Writer I Journalist I Photographer I Vice President Bogor Chapter 'Calon Jenazah Motorcycle Club' I PRESS #GasTipisTipis E-mail: fajar_fireone@yahoo.com Telp / WA: +62 855 740 5555

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Music

SAGA Music Festival 2017 Siap Sajikan Atraksi Keren Para DJ di Bali

  • September 21, 2017
Acara “SAGA Music Festival 2017” ini diwacanakan akan menjadi acara jelang tutup tahun terkeren yang akan berlangsung selama dua hari
Music

Irma Darmawangsa Hadirkan Hits Anyar Kucing Kawin

  • September 26, 2017
Terus berkarya menjadi bukti eksistensi penyanyi Irma Darmawangsa dalam melakoni kiprahnya di jagat musik dangdut tanah air.