Trenz Indonesia
News & Entertainment

Yonni Dores: Bela Cipta Indonesia Hadir Untuk Seniman Musik Tanah Air

BCI Berjuang Untuk Kesejahteran Pelaku Industri Musik Indonesia

682

Jakarta, Trenzindonesia | Musisi Yonni Dores, kembali mencuri perhatian dengan perannya sebagai salah satu pendiri Bela Cipta Indonesia (BCI).

Yonni Dores, yang juga dikenal sebagai pencipta lagu adik Almarhum Deddy Dores, tidak hanya berperan dalam menciptakan lagu-lagu berkelas, tetapi kini turut aktif dalam membentuk organisasi yang akan menjadi pelindung dan penopang para seniman Tanah Air.

Sebagai pencipta lagu yang karyanya banyak dibawakan oleh penyanyi terkenal, seperti Inul Daratista, Yonni Dores tidak hanya menciptakan melodi yang indah, tetapi juga menyuarakan hak-hak dan kesejahteraan para pencipta lagu dan musisi. Lewat organisasi yang didirikannya, Bela Cipta Indonesia (BCI), Yonni Dores mengusung visi untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan bakat dan kesejahteraan seluruh pelaku industri musik.

Dalam BCI, kami tidak hanya melindungi para pencipta lagu, penyanyi, dan musisi, tapi juga membuka peluang bagi masyarakat umum yang ingin terlibat dalam industri hiburan. Semua anggota BCI akan mendapatkan berbagai bentuk dukungan, mulai dari bantuan hukum gratis hingga dukungan dalam jaringan usaha, event, sponsorship, dan manajemen,” ungkap Yonni Dores.

Dalam wawancara dengan trenzindonesia di Jakarta, Yonni Dores menjelaskan bahwa BCI bukan hanya merupakan organisasi biasa. BCI hadir sebagai jawaban atas tuntutan perubahan dan peningkatan kompetensi dalam industri musik yang terus bertransformasi. Yonni Dores mencatat bahwa organisasi-organisasi sebelumnya belum mampu memenuhi kebutuhan dan hak-hak para pencipta lagu dengan baik.

“Saat ini, masih terdapat pelanggaran terhadap hak-hak moral dan ekonomi para pencipta lagu, sesuai UU Hak Cipta Nomor 28 Tahun 2014. BCI hadir untuk memberikan perlindungan, memastikan hak-hak terpenuhi, dan memberdayakan semua pihak yang terlibat dalam industri musik,” papar Yonni Dores.

Selain menekuni dunia musik, Yonni Dores juga menunjukkan kepeduliannya terhadap kesejahteraan masyarakat. Kerjasama BCI dengan LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Indonesia), yang sudah memiliki jaringan di berbagai daerah di Indonesia, menjadi langkah strategis dalam menciptakan sinergi yang produktif.

“Tidak hanya melindungi, kami juga akan memberikan pelatihan kompetensi kepada para pekerja hiburan. BCI bersama LSM LIRA akan bergerak ke seluruh Indonesia, memastikan bahwa setiap pelaku industri musik dapat berkembang dan berkarier tanpa terkendala oleh masalah hukum atau kebutuhan lainnya,” jelas Yonni Dores.

Yonni Dores, melalui perannya dalam BCI, tidak hanya mengukir jejak dalam dunia musik, tetapi juga menjadi bagian dari upaya nyata untuk menciptakan perubahan positif dalam industri musik Indonesia. (Da_Bon/Fajar)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.