Trenz Indonesia
News & Entertainment

Yovieka Rini : Warnai Industri Musik Indonesia Lewat Hadapi Dunia Karya Amiroez

140
Yovieka Rini / Yovi

Jakarta, Trenz Music | Baru dirilis pada bulan Februari lalu, Single debutan dari Yovieka Rini atau akrab dipanggil Yovi yang bertajuk “Hadapi Dunia”, ternyata mendapat apresiasi dari para musisi kenamaan, diantaranya Oetje F Tekol.

Oetje yang merupakan basist dari band legend asal kota Bandung The Rollies ini bahkan memberikan semangat kepada Yovi, untuk terus berkarya dan belajar tanpa kenal lelah.

Yovi telah memulai terjun di dunia musik, saya lihat dia punya karakter dan warna yang khas, jadi saya sarankan terus berlatih dan mendalami musik, khususnya Vokal, supaya kedepan  mampu menembus dan bertahan di Industri Musik Indonesia” saran Oetje ketika ditemui di Jakarta pada Minggu (21/03/21).

Lebih lanjut Oetje menambahkan, bahwa untuk bertahan di Industri musik Indonesia bukanlah hal gampang, oleh sebab itu terus belajar mengasah kemampuannya.

“Tidak gampang bertahan di Industri musik Indonesia, banyak tantangannya. Kita lihat banyak juga penyanyi yang muncul terus menghilang, tak sanggup bertahan, maka dari itu saya sarankan Yovi untuk terus belajar mengasah kemampuan vokalnya. Selain itu juga tetep konsisten biar bisa bertahan”, tambah Oetje.

Single ‘Hadapi Dunia’ sendiri merupakan karya Amiroez, mantan vokalis band Elpamas, yang pada Agustus 2019 lalu bersama musisi Toto Tewel (gitaris Elpamas/Swami/Kantata Takwa), Budhy Haryono (ex drummer GIGI), Mando (ex keyboardist Grass Rock) serta Andy Lee (bass) dan Nana Tambunan (vokal), juga membentuk band baru bernama CRID (Classic Rock In Djakarta) yang mengusung genre klasik rock.

Selain menjadi song writer pada lagu ‘Hadapi Dunia’, Amiroez juga berlaku sebagai Music Produser serta Keys & Programing. Adapun musisi lain yang terlibat di penggarapan ‘Hadapi Dunia” adalah Oetje F Tekol (bas) serta Ito BluesRock (Gitar).  Sementara untuk Mixed dan Mastered digarap oleh Yusak Gendeng & Amir Roez, @Sembilan Production Studio, Bintaro-Indonesia.

Dan tak hanya Oetje F Tekol yang mengapresiasi Yovi, tetapi Tonny Q yang sejauh ini sudah menjadi ikon musik Reggae Indonesia ini juga turut memberikan tanggapannya.

“Sebuah karya itu ibarat anak kandung, ia akan membawa nasibnya sendiri. Jadi untuk Yovi teruslah semangat untuk berkarya”, ujar Tonny Q menyemangati.

Meskipun lagu dari Yovi ini ber-genre  pop, tetapi apresiasi juga diberikan oleh musisi rok nyentrik Puguh Kribo, yang dikenal piawai memainkan musik rock dan heavy metal dengan instrument gitar 6 neck.

“Vokal Yovi cukup berkarakter, kesempatan sukses di industri musik Indonesia  terbuka lebar. Oleh sebab itu terus gali dan asah kemampuan bernyanyinya. Semangat..!”, tegas Puguh.

Yovieka Rini / Yovi

Yovi sendiri mengaku bahwa lagu yang ia nyanyikan ber-genre pop, sedang liriknya bertutur tentang cinta.

“Lagu ini liriknya bercerita tentang cinta, jadi lebih tepatnya bertutur tentang pengharapan seseorang akan cinta yang di inginkannya”, ungkap Yovi.

Lebih lanjut Yovi menambahkan bahwa proses pembuatan single ini sempat tertunda karena adanya pandemi Covid-19, namun akhirnya ia bersyukur bisa diselesaikan dalam waktu kurang lebih 3 bulan.

“Secara konsep sudah lama, tetapi karena kemudian ada wabah Covid-19,  jadi sempat tertunda. Tetapi setelah kita memutuskan untuk lanjut, mulai dari take vocal, mixing, mastering hingga pembuatan video clip, kira-kira memakan waktu sekitar 3 bulan”, tambah Yovi.

Sebelum terjun di industri musik Indonesia, Yovi lebih dulu dikenal sebagai seorang fotografer, selain itu ia juga seorang  pengusaha di bidang kecantikan dengan produk utamanya lipstick.

Selanjutnya single perdana Yovi ini sudah bisa di unduh di semua platform digital musik seperti Jook, Spotify, iTunes, Deezer dan lain lain. (Fajar) | Foto: IG @yovieka_yuve

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.