Trenz Indonesia
News & Entertainment

Anak Moge Gelar Plogging Aksi Peduli Lingkungan Bersihkan Pantai Ancol Dari Sampah

288

Jakarta, Trenz Community l – Anak moge (Motor Gede) memang selalu di identikan dengan kesan urakan dan ugal-ugalan seperti banyak penilaian masyarakat, kesan buruk ini seperti melekat di kalangan penggemar motor besar. Namun, tidak demikian dengan Bikers For Christ Indonesia (BFCI), tampaknya klub moge ini telah berhasil mematahkan paradigma yang sempat berkembang di masyarakat.

Melalui kegiatan aksi sosial ‘BFCI Plogging’, member klub moge ini melakukan kegiatan bersih-bersih pantai Ancol dari sampah yang berserakan disekitar pantai. Kegiatan yang dilakukan pada hari Jumat, (19/2), di kawasan pantai pasir putih Ancol, cukup memberikan bukti nyata kepada masyarakat akan kepedulian Bikers BFCI terhadap kebersihan lingkungan, meskipun masih dalam lingkup yang kecil namun tercatat berhasil memberikan dampak yang besar bagi lingkungan khususnya pantai Pasir Putih – Ancol.

Ilustrasi: Plogging BFCI merupakan kegiatan olahraga sambil memunguti sampah // Foto: Dok. BFCI / trenzindonesia.co

Bro Edy Gaban, salah seorang member BFCI yang menjadi inisiator kegiatan ini merasa prihatin ketika sedang berolahraga dan berenang dikawasan pantai Ancol. Banyaknya sampah yang berserak disekitaran kawasan pantai Ancol yang bahkan hingga ketengah laut ini telah menggerakkan hatinya untuk mencetuskan ide bersih-bersih pantai ini.

“Saya memang sering ke ancol, bahkan bisa sampai 4 kali dalam seminggu, namun saat saya sedang berenang, saya sering dikelilingi oleh sampah, padahal itu sudah agak ke tengah laut. Ini sangat menarik perhatian saya dan menimbulkan rasa keprihatinan saya terhadap keadaan yang terjadi. Pantai Ancol ternyata sudah tidak seperti dulu lagi, sekarang sudah mulai dikotori oleh sampah. Apalagi Ancol sudah menjadi ikon buat kota Jakarta,” jelas Bro Edy Gaban saat menceritakan pengalamannya kepada trenzindonesia.com.

Keprihatinan yang timbul ini telah menggerakkan hati Bro Edy Gaban untuk mengajak rekan-rekan sesama penggemar moge yang tergabung dalam BFCI untuk berbuat sesuatu, agar pantai Ancol bisa kembali bersih dan kembali terlihat indah dipandang.

Ilustrasi: “Bila bikers melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan dan sesama itu baru namanya luar biasa,” ujar Bro Eko-Presidente BFCI // Foto: Dok. BFCI / trenzindonesia.com

Husin Alatas, Kabag Community Development Taman Impian Jaya Ancol, sangat menyambut gembira inisiatif yang disampaikan oleh BFCI untuk melakukan bersih-bersih pantai dalam kegiatan Plogging.

“Kami sangat merespon kegiatan yang dilakukan oleh BFCI untuk membersihkan pantai pasir putih dari sampah, hal ini sejalan dengan visi dan misi kami – manajemen Taman Impian Jaya Ancol. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi Row Model bagi masyarakat untuk ikut menjaga pantai Ancol dan sekitarnya agar tetap bersih dan  terjaga dari sampah, meskipun sebenarnya, sampah yang ada di pantai Ancol ini sebagian besar berasal dari laut yang terdorong angin barat menuju pantai,” tukas Husin.

Ilustrasi: Pdt Marthen Neolaka, menarik sekantong trash bag, mengatakan, bahwa Kebersihan adalah bagian daripada iman, Ancol adalah milik kita bersama // Foto: Dok. BFCI / trenzindonesia.com

Seorang Rohaniwan Bikers, Pdt Marthen Neolaka, mengatakan, bahwa Kebersihan adalah bagian daripada iman, Ancol adalah milik kita bersama, sehingga sudah seharusnya dijaga bersama-sama. Walaupun kecil, tapi kita sudah menggunakan tenaga yang di berikan Tuhan untuk membuat kebaikan.”

Bro Eko, Presidente BFCI, mengatakan “Kami (Bikers Moge-red) sering diidentikan dengan bikers yang urakan dan ugal-ugalan, tapi bila bikers melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan dan sesama itu baru namanya luar biasa.”

Ilustrasi: Bro Edy Gaban, inisiator kegiatan bersih-bersih pantai pasir putih Ancol dalam Plogging BFCI // Foto: Dok. BFCI / trenzindonesia.com

“Kegiatan ini kami sebut dengan “BFCI Plogging” dan memilih lokasi di Pantai Pasir Putih Ancol,” kata Ferdo Raturandang, Ketua Umum BFCI, yang turut serta dalam kegiatan ini dan cukup merasa senang dengan kepedulian yang ditunjukkan oleh rekan-rekannya dari BFCI.

“Kan bisa sekalian olahraga juga, sambal mungutin sampah yang ada di pantai,” ujar Ferdo sambil berseloroh.

Ferdo melanjutkan, BFCI berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat besar bagi Taman Impian Jaya Ancol, meskipun hanya sebuah kegiatan kecil tetapi dapat memberikan contoh bagi pengunjung lainnya.

Kegiatan ini tetap mengikuti petunjuk dan ketentuan dari protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Standar 5M tetap kami laksanakan sambil melakukan kegiatan ini hingga selesai. Wasidi, selaku PIC Peralatan, Logistik dan Kebersihan, Sangat berterima kasih kepada semua member BFCI yang tetap mematuhi protokol kesehatan dengan penerapan 5M.

 

***

Leave A Reply

Your email address will not be published.