Trenz Indonesia
News & Entertainment

Antisipasi Musibah Kebakaran, Lapas Karang Intan Cek Instalasi Listrik

99

Karang Intan, Trenz Indonesia,– Kebakaran yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang beberapa waktu lalu, memberikan pelajaran yang berarti bagi seluruh unit kerja pemasyarakatan untuk  menimbulkan kewaspadaan mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib) akibat terjadinya arus pendek listrik.

Untuk menjamin hal tersebut tidak terjadi, Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan, menggandeng PLN Karang Intan dan instalatir listrik CV Putra Borneo untuk mengecek jaringan listrik masih berfungsi dan memastikan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada jaringan listrik Lapas Narkotika Karang Intan, Senin (27/9/2021).

“Kita mewaspadai potensi gangguan kamtib akibat arus pendek listrik. Kita melakukan diteksi dini guna mencegah hal tersebut terjadi, sehingga Lapas Narkotika Karang Intan bersama PLN dan instalatir swasta melakukan pemeriksaan instalasi listrik yang ada di Lapas, mulai panel listrik yang ada di depan, hingga ke kamar blok hunian warga binaan,” ujar Kalapas, Wahyu Susetyo.

PLN Karang Intan melakukan pemeriksaan pada panel listrik bagian luar, sementara CV Borneo Putra, melakukan pemeriksaan instalasi listrik di bagian dalam Lapas, melakukan pemasangan panel kontrol dan pemindahan arus pada jaringan listrik sebagai tindakan pencegahan terjadinya potensi arus pendek listrik.

“Hasil pemeriksaan yang kita lakukan, untuk jaringan listrik di Lapas Narkotika Karang Intan insya Allah aman, asal tidak ada warga binaan yang melakukan penyalahgunaan listrik,” kata Rudi Hermawan IT CV Borneo Putra menjelaskan.

Sementara dari Umum, Erwin Fazrin mengatakan bahwa pihaknya menjadi pihak yang juga ikut ambil bagian dalam mengamankan jalur listrik yang ada di Lapas Narkotika Karang Intan.

“Kita telah melakukan kontrol jalur dari depan hingga ke dalam untuk memastikan tidak ada gangguan listrik, membenahi jaringan listrik yang memang harus diperbaiki, bagian yang bisa ditangani tentu langsung kita tangani, selebihnya pihak ketiga yang menyelesaikan, sebagai bentuk antisipasi kita,” tuturnya.

Sebelumnya, berbagai upaya telah dilakukan sebagai tindak lanjut atas instruksi pimpinan mengantisipasi terjadinya gangguan kamtib akibat arus pendek listrik, seperti melakukan pengarahan kepada warga binaan akan bahaya penyalahgunaan listrik, penyisiran jalur listrik hingga ke kamar blok hunian dan memastikan tidak terjadi pencurian dan penyalahgunaan aliran listrik, serta sanksi tegas bagi warga binaan yang melakukan penyalahgunaan aliran listrik lapas.

Sumber: Humas Lapas Karang Intan / Arbiansyah

Leave A Reply

Your email address will not be published.