Trenz Indonesia
News & Entertainment

BKN Rayakan Hari Ulang Tahun ke-75

Pamerkan Perubahan Layanan Manajemen ASN

144

JAKARTA, Trenzindonesia | Badan Kepegawaian Negara (BKN) merayakan usia ke-75 tahunnya dengan memamerkan perubahan layanan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) dari masa ke masa.

Perayaan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) BKN ke-75 tersebut berlangsung di Kantor Pusat BKN Jakarta pada Selasa, (21/7/2023).

BKN Rayakan Hari Ulang Tahun ke-75 Seiring perjalanan waktu, BKN telah mengalami transformasi dan eksistensi dalam pengelolaan pegawai ASN. Pada momen Puncak HUT, BKN memamerkan beberapa perubahan layanan manajemen ASN yang telah memberikan dampak positif bagi masyarakat. Beberapa di antaranya adalah:

Transformasi Seleksi ASN: BKN berhasil mengubah wajah rekrutmen ASN melalui sistem Computer Assisted Test (CAT) dan Seleksi Calon ASN (SSCASN), yang telah meningkatkan kualitas rekrutmen ASN secara signifikan.

Sistem Kinerja Terintegrasi: BKN menerapkan sistem kinerja terintegrasi sebagai instrumen penilaian antara target dan kinerja ASN di 544 instansi, baik di pusat maupun daerah, untuk meningkatkan efektivitas penilaian kinerja.

Sistem Informasi ASN (SIASN BKN): SIASN adalah inovasi yang mengintegrasikan layanan kepegawaian dalam satu sistem, sehingga terdapat satu data ASN untuk seluruh Indonesia. Sistem ini memudahkan pemantauan dan pengelolaan urusan kepegawaian oleh BKN dan stakeholder terkait, seperti Kementerian PANRB.

Percepatan Layanan Kepegawaian: BKN memangkas alur layanan mutasi, kenaikan pangkat, dan pensiun untuk mempercepat proses pelayanan. Selain itu, BKN akan memberlakukan periode kenaikan pangkat sebanyak 6 kali untuk lebih efisien.

Pengembangan Manajemen Talenta: BKN melakukan pemetaan potensi dan kompetensi ASN melalui metode asesmen. Metode ini telah diterapkan pada talent pool kelompok jabatan administrator, pengawas, dan Jabatan Pimpinan Tinggi. BKN juga mengembangkan metode asesmen melalui Competency Assessment Computer Test (CACT) untuk pemetaan pegawai ASN secara massal.

Acara perayaan HUT BKN ke-75 dihadiri oleh Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, bersama Plt. Kepala BKN dan para pejabat penting, termasuk Kepala Kantor Regional BKN I – XIV serta seluruh pegawai BKN Pusat. Momen tersebut juga digunakan untuk meninjau pelaksanaan pemetaan pegawai dengan metode CACT BKN yang tengah berlangsung di Gedung CAT BKN.

BKN terus berkomitmen untuk memberikan layanan manajemen ASN yang lebih baik dan efisien demi kemajuan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat. Semoga perubahan-perubahan ini dapat terus memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pegawai ASN dan kemajuan bangsa Indonesia. (Ian Rasya / Fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.