Trenz Indonesia
News & Entertainment

Catatan Kecil Charity FORWAN Bhakti Anggota 2020

239

Yang membanggakan sebagai seorang pemimpin ketika melihat anggotanya bisa kumpul, bersendau gurau dan tersenyum menerima ‘usaha’ kami dalam meringankan beban hidup. Itulah yang tengah dirasakan seluruh pengurus FORWAN periode 2016-2020. Padahal ketika mau mengawali membuat kegiatan dengan titel “FORWAN Peduli Wartawan terdampak Covid 19, kami dihadapkan permasalahan yang pelik, ada pengurus yang menghadangnya dengan berbagai alasan, ada yang bilang kepengurusan pada posisi demisioner sehingga tidak boleh membuat keputusan strategis. Padahal suara nyaring anggota sudah berjualan barang berharga, agar bisa bertahan hidup ditengah wabah Corona, makin nyaring. Ketika beberapa anggota dan pengurus yang sepaham dengan saya ingin bergerak dengan senyap, 4 orang mundur dengan berbagai alasan juga. Tinggal saya dengan wakil bendahara, Ibnu Hajar yang bertahan. Sementara anggota FORWAN yang melihat kenyataan pahit rekannya terdampak Covid 19 bergerak lebih cepat. Pasrah!

Tiba-tiba, ada salah satu anggota FORWAN menelpon, “Pakde saya menjual motor untuk bertahan hidup, karena sudah sembilan bulan nggak gajian,” lirih perempuan dengan suara terbata-bata.

Sebagai “bapak’-nya di organisasi, siapa yang tidak menangis mendengar aduan anggotanya seperti itu, mau bantu organisasi tidak memiliki dana cukup. Karena dana yang sejatinya dimiliki sebagai kas organisasi, banyak berada di beberapa anggota yang sampai hari ini belum ada yang mengangsurnya. Mengetahui hal tersebut akan keluhan wartawati, Ibnu pun mendorongku untuk secepatnya bergerak melakukan aksi sosial.

Kamu yakin Nu (Sapaan akbrab Ibnu, Red), kalau saya bisa mencari donatur? Apa pengurus lain bersepakat dengan kita berdua?

Yakin Pakde,” singkat Ibnu.

Mendapatkan jawaban Ibnu, api yang nyaris padam, kembali menyala. Saya pun menghubungi teman lainnya  yang memiliki jiwa sosial tinggi, sebut saja , Tresnawati, Taufik Arief Denin, Thomas Manggala, Adjie Kembara, Daenk Lolo, Yayo, Rosihan Nurdin,  dan Agus Blues. Kami pun bersepakat untuk ‘bergerak secara senyap’.

Alhamdulillah upaya kami kendpaat support dari berbagai kalangan. Beberapa donator merespon dengan baik, antara lain PT Mayora, PT Kino Indonesia Tbk, SCTV, Indosiar, PT Melon, Nagaswara Music, Lazisnu, Eminews.id, PT Proaktif, Pergizi Pangan, Sari Roti, Max Pictures, PT Hafara Cantik Indonesia (Glumory), Wardah, Nina Nugroho, NUPro, dan TravelPlus Indonesia.

Sehingga FORWAN Peduli Wartawan terdampak Covid-19 bisa menyalurkan sembako untuk 134 Anggota FORWAN pemegang KTA (Kartu Tanda Anggota). Alhamdulillah. Hingga hari terakhir jelang pembagian ternyata donasi masih berdatangan dari Indofood. Pilihannya disepakati untuk melanjutkan jilid 2. Adalah donatur dari perusahaan antara lain PT Mayora, PT Kino Indonesia Tbk, SCTV, Indosiar, PT Melon, Nagaswara Music, Lazisnu, Eminews.id, PT Proaktif, Pergizi Pangan, Sari Roti, Max Pictures, PT Hafara Cantik Indonesia (Glumory), Wardah, Nina Nugroho dan TravelPlus Indonesia.

Ditengah pembagian ada anggota yang mengeluhkan tentang keterlambatan kami dalam mencari dana. Beruntung keluhan pada Tresnawati yang tahu pergerakan FORWAN. Keluhan anggota tadi terjawab lunas.

Saya tahu ketum, dia untuk urusan sosial paling cepet bergerak, nah gimana dia mau mau bergerak cepat kalau belum-belum dihadang dengan pernyataan demisioner dan beberapa anggota yang tidak sepaham. Makanya ketum pilih bergerak pelan-pelan dengan senyap,” papar Tresnawati.

Anggota yang ‘protes’ pun manggut-manggut mengetahui dan merasakan dari aksi sosial yang dilakukan sebagian Anggota FORWAN ini.

FORWAN Peduli Wartawan terdampak Covid-19 Jilid 2 bisa dijalankan dengan baik, dengan donatur yang bertambah. Perwakilan donatur yang hadir antara lain Yayasan Peduli Amal Peduli Kasih (YPP), SCTV, Indosiar, Nagaswara Music, PT. Media Musik Proaktif, Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan (BBKFB) Curug, NUpro, Gamal Putra, Roti Ropi, Soto Seger Boyolali, Nina Nugroho, TravelPlus Indonesia, PT. Bromo Noto Negoro (PT. BNN), HDCI Chapter DKI Jakarta, Cheverly Amalia, dan Trenzindonesia.com.

Tatkala jelang akhir pembagian tiba-tiba ada usulan agar FORWAN membuat kegiatan FORWAN. Saya pun kembali ragu untuk melangkah, kenapa? Ditengah pergerakan ekonomi lamban, apa masih semangat untuk berkurban. Lagi-lagi Ibnu memberi keyakinan “Insya Allah Pak Sutopo dari Soto Soto Seger’ mau kurban 2 kambing,” ucap Ibnu.

Saya pun memutuskan untuk mengganti panitia, Dan mendudukan Novillason sebagai Ketua Panitia “Tebar Cinta Jurnalis, FORWAN Berkurban”. Alhamdulillah, Tresnawati selain untuk dirinya juga turut berqurban kambing untuk mendiang suaminya, Trio Macan, Menyusul, PT. Kino Indonesia Tbk, Nina Nugroho, Yayasan Generasi Lintas Budaya dan Satunusantaranews. Alhamdulillah panitia “Tebar Cinta Jurnalis, FORWAN Berkurban”  bisa mewujudkan hewan qurban, 1 ekor sapi, 4 ekor kambing, yang daging qurban tersebut disalurkan kepada 134 Anggota FORWAN, sedangkan 3 ekor kambing dibagikan kepada warga RT.007 RT.03, Pondok Ranggon, Jakarta Timur.

Mukjizat datang lagi untuk FORWAN, kali ini sahabat lamaku Eddy Bogel menelpon dan mengabarkan kalau Yayasan Generasi Lintas Budaya pimpinan Olivia Zalianty dan 9 Lembaga Negara lain ingin berbagi sembako untuk FORWAN. Sayapun memberikan label kegiatan dengan titel “FORWAN Bhakti Anggota” dan mempercayakan sebagai Ketua Agus Blues Asianto.

Sebagai pamuncak kegiatan FORWAN Peduli Wartawan terdampak Covid-19 Jilid 1-2, Tebar Cinta Jurnalis FORWAN Berkurban dan FORWAN Bhakti Anggota 2020, kami akan menutup dengan giat Touring Kemerdekaan diselipkan charity berbagi sembako untuk warga yang akan kami lalui sepanjang perjalanan dari Depok – Ciletuh Geopark, Sukabumi Jawa Barat. Sembako akan dibagikan oleh anggota yang mengikuti giat turing motor ini.

Mohon doanya agar perjalanan Touring Kemerdekaan & Berbagi Sembako yang direncanakan pada tanggal 23 – 24 Agustus 2020 dengan Road Captain Agus Blues Asianto  bisa berjalan lancar dan tidak ada halangan yang berarti.

Saya sebagai Ketum FORWAN hanya bisa berterima kasih kepada para dermawan, panitia FORWAN Peduli Wartawan terdampak Covid-19, Tebar Cinta Jurnalis FORWAN Berkurban, FORWAN Bhakti Anggota 2020. Semoga kebaikan Anda semua mendapat balasan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Amin.

Salam Sehat,
Sutrisno Buyil

Leave A Reply

Your email address will not be published.