Trenz Indonesia
News & Entertainment

Catharina Leimena Si Gurunya Guru Vokal

Film Kisah Hidupnya Tayang di Bioskop Online

373

JAKARTA, Trenzindonesia | Catharina Wiriadinata Leimena, seorang guru legendaris dalam dunia musik Nusantara, mungkin tidak terdengar familiar bagi generasi muda saat ini.

Namun, karirnya yang memukau di industri musik Tanah Air selama lebih dari setengah abad patut mendapat pengakuan.

Berikut adalah 5 hal yang perlu kamu ketahui tentang sosok Catharina Leimena:

Catharina Leimena Si Gurunya Guru Vokal
Catharina Leimena

Menguasai Aliran Seni Vokal “Bel Canto”

Catharina Leimena dikenal sebagai seorang penyanyi opera yang sangat setia dengan dunianya. Ia menguasai aliran seni vokal “bel canto,” yang dikenal sebagai gaya bernyanyi indah. Di Indonesia, tidak banyak yang mampu menyanyi dalam aliran ini, dan Catharina adalah salah satu yang sangat kompeten dalam bidang tersebut.

 

Penampilan Opera Sejak Tahun 1970-an

Catharina telah menunjukkan passion dan konsistensinya dalam memajukan musik asal Italia tersebut sejak tahun 1970-an. Ia tidak hanya berprestasi di atas panggung, tetapi juga berperan sebagai guru yang mengajar dan mendidik murid-muridnya agar dapat menjadi penerusnya.

Pendidikan di Bidang Ekonomi dan Seni Vokal

Meskipun dikenal sebagai seorang penyanyi opera, Catharina tidak hanya fokus pada dunia musik. Ia pernah belajar di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, tetapi bakatnya dalam bernyanyi terus ia asah. Catharina berhasil mendapatkan beasiswa untuk memperdalam seni vokal dan opera, belajar di bawah bimbingan Profesor Anzelotti Zurlo, seorang dosen di Accademia di Santa Cecilia. Selanjutnya, ia melanjutkan studinya di Conservatorio di musica “Giuseppe Verdi,” Milan, Italia, untuk seni vokal dan opera dengan bimbingan Profesor Carla Castelanni.

Meraih Pencapaian Bergengsi

Catharina Leimena memiliki jam terbang yang mengesankan di panggung internasional. Pada tahun 1965, ia lulus dan meraih Diploma per il Canto Artistico. Ia berhak untuk ikut dalam pergelaran karya-karya Claudio Monteverdi dengan dirigennya, Riccardo Mutti, di hadapan Paus Paulus VI di Vatikan dan Teater Lugano, Swiss.

Sebutan “Gurunya Guru Vokal”

Catharina Leimena Si Gurunya Guru VokalHingga usia senjanya, Catharina tetap setia dengan dunia musik dan menjadi seorang pengajar. Ia dijuluki “gurunya guru vokal” karena kontribusinya yang luar biasa dalam mengajarkan seni vokal kepada generasi muda. Catharina percaya bahwa menyanyi memerlukan tidak hanya bakat tetapi juga kemampuan berpikir yang tinggi, karena untuk menyanyi diperlukan nalar dan logika.

Untuk menyaksikan perjalanan hidup seorang Catharina Leimena, kamu dapat mengunjungi situs www.bioskoponline.com atau mengunduh aplikasi Bioskop Online melalui Google Play Store dan App Store. Melalui film ini, kamu dapat lebih mengenal sosok guru legendaris ini dan mengapresiasi kontribusinya dalam dunia musik Indonesia. (Dandung Bondowoso / Fajar Irawan) | Foto: Istimewa

Leave A Reply

Your email address will not be published.