Trenz Indonesia
News & Entertainment

DANMENART 2 MAR Hadiri Upacara Bendera Peringatan HARI SANTRI NASIONAL

365

SURABAYA, Trenz News | Kenang peran para ulama dan santri dalam perjuangannya meraih Kemerdekaan Republik Indonesia, Komandan Resimen Artileri 2 Marinir Menart 2 Mar Kolonel Marinir Gunawan Tri Utomo menghadiri Upacara Peringatan Hari Santri Nasional di Gedung Grahadi, Jl. Gubernur Suryo – Surabaya. Sabtu (22/10/2022).

Penetapan Hari Santri dan diperingati secara Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tanggal 22 Oktober. Ditetapkannya 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Untuk tahun 2022 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.”

Dalam sambutannya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membacakan amanat Mentari Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, “Maksud tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan adalah santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara. Resolusi Jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan, kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 atau yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan,” tegas Gubernur Jawa Timur. (PR/Fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.