Trenz Indonesia
News & Entertainment

Danyonif Mekanis Raider 413 Kostrad Hadiri Ziarah Di Kota Solo

Dalam Rangka Peringatan HUT ke-278 Kota Solo

135

SOLO, Trenzindonesia | Jelang Hari Ulang Tahun ke-278 Kota Surakarta/Solo, Komandan Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro Kostrad, Letkol Inf Bagus Setyawan menghadiri acara ziarah ke beberapa makam yang dinilai berjasa dalam berdirinya Kota Solo yang diselenggarakan oleh segenap pimpinan daerah Kota Solo, Kamis (16/2/2023).

Salah satunya adalah makam Ki Ageng Henis di Laweyan Solo. Ki Ageng Henis merupakan kakek Sutawijaya atau Penembahan Senapati pendiri kerajaan Mataram Islam di Kotagede, Yogyakarta.

Sejarah Kota Solo sendiri diawali dari Pakubuwono II, Raja Mataram saat itu mencari tempat yang lebih menguntungkan untuk membangun kembali kerajaannya yang rusak karena serbuan penjajah.

Keraton yang awalnya berada di Kartusura dibongkar dan diangkut dalam sebuah prosesi ke Sala yang sekarang berkembang menjadi Kota Solo. Secara resmi, istana Mataram yang baru dinamakan Keraton Surakarta Hadiningrat dan mulai di tempati tanggal 17 Februari 1745, tanggal ini kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kota Solo. (Penkostrad).

Leave A Reply

Your email address will not be published.