Trenz Indonesia
News & Entertainment

GLN Gareulis Jabar Akan Gelar Festival Literasi 2024

297

Bandung, Trenzindonesia | Salah satu program unggulan yakni “Tantangan Literasi” Nusantara, GLN Gareulis Jawa Barat yang lahir sebagai Kelompok Kerja (Pokja) Literasi dibawah naungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DISPUSIPDA) Provinsi Jawa Barat mengadakan kegiatan Apresiasi dan “Festival Literasi 2024”.

Seluruh rangkaian talenta sudah selesai dilaksanakan dan kini saatnya mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada seluruh peserta yang telah berhasil menyelesaikan 10 tantangan dalam kurun waktu 10 bulan, dan seperti diketahui Literasi merupakan kemampuan berbahasa dan keterampilan membaca, menulis dalam bidang tertentu. 

Program ini dimulai pada bulan Maret 2023 dan berakhir di bulan Desember 2024 diikuti oleh hampir 6000 peserta.

Hj. R. Yulia Yulianti, M.Pd. Ketua Umum GLN Gareulis Jawa Barat

 

Dalam kesempatan ini menjelang persiapan acara, Hj. R. Yulia Yulianti, M.Pd. selaku Ketua Umum GLN Gareulis Jabar mengatakan, “bahwa tanggal 1 Juni 2024 akan dilaksanakan apresiasi dan festival literasi, sebenarnya ini lebih ke Nasional tapi yang mendominasi masih di Jawa Barat. Tujuan dilaksanakan acara ini untuk memberikan apresiasi kepada peserta yang pertama dilaksanakan tahun 2023 selama satu tahun program ini sudah berjalan dan bukan sebuah program yang ketika digulirkan itu sudah selesai, tapi kita melakukan ini hampir satu tahun dari bulan Maret 2023 dan kenapa dilakukan seperti itu, karena yang namanya pembiasaan-pembiasaan baik itu membaca, menulis dan perubahan karakter tidak bisa dilakukan hanya dengan satu kegiatan saja tapi harus berkesinambungan dan terus-menerus ada evaluasinya, makanya kami GLN Gareulis Jabar membuat program talenta tantangan literasi Nusantara ini sebegitu panjangnya prosesnya dan bisa terbayangkan yang semula peserta hampir 6000 tapi ketika diujungnya itu berjatuhan, ya namanya tantangan pasti ada yang gagal dan sisanya di akhir sekitar 3000 yang mampu bertahan untuk melaksanakan 10 jenis tantangan,” paparnya. . 

Penentuan pemenang literasi secara bertahap mulai tingkat Kota, Kabupaten, KCD, tingkat Provinsi dan tingkat Nusantara. 

“talenta ini dilaksanakan yang kedua kalinya, yang pertama dilaksanakan pada taun 2021-2022 pada waktu itu  suasana kondisi Covid, oleh karena itu talenta ini terbentuk saat aktifitas dilakukan di rumah dan seminar tidak bisa tatap muka jadi kita berpikir apa yang bisa dilakukan ketika kegiatan rutin kita semua didalam rumah, akhirnya dilakukan seminar dengan webinar secara online yang sebelumnya sudah terbentuk sudah ada ikatan dengan para pegiat literasi di kota Bandung dan se-Jawa Barat sebelum pandemi Covid dan ketika program ini diluncurkan bukan hal yang masalah lagi teman-teman di Kota dan Kabupaten dan sekaligus lahir GLN Gareulis Jabar ini,” jelasnya. 

Sebagai salah satu upaya untuk memompa semangat peserta dan penggerak Literasi agar memiliki visi, misi, semangat, komitmen dan integritas yang tinggi dalam mengembangkan gerakan Literasi di Jawa Barat dan Nusantara.

Alhamdulillah GLN Gareulis Jabar ini sudah terbentuk para pengurusnya di kota dan kabupaten dan sementara masih di area Jawa Barat dan mudah-mudahan kedepannya bisa ke seluruh Indonesia, Gareulis itu awalnya dari orang sunda Jawa Barat dan sebenarnya itu akronim,berliteras Gareulis itu Guru Siswa Keluarga dan Masyarakat menulis berliterasi, sehingga perlu dukungan dari tiga aspek itu yaitu baik di keluarga, sekolah dan di masyarakat sehingga tidak bisa terbentuk kalau tidak disatukan dan memang kami GLN Gareulis Jabar ingin menunjukan itu, sehingga talenta ini diluncurkan maka pesertanya beragam tidak hanya dari sekolah, guru, kepala sekolah atau siswa tapi ada juga yang dari masyarakat seperti orang tua dan anaknya. Bahkan untuk sekolah pun beragam TK PAUD, SD, SMP, SMA, SMK SLB SLB dan di masyarakat sampai ke komunitasnya ikut juga. Jadi betul-betul dan literasi itu tanggung jawab bersama tidak hanya sekolah saja harus dibarengi dengan yang lainnya. Untuk sementara ini yang aktif di kepengurusan Gareulis di setiap kota dan kabupaten sekitar 25 orang, dan 3000 undangan yang disebar sudah setengahnya mendaftar untuk ikut dalam acara ini dan yang tidak bisa hadir kita berikan apresiasi tapi tentunya bisa dapat hadir sebagai bukti perjuangan yang kuat selama satu tahun di tempat acara sama dengan tahun lalu di GOR Arcamanik Bandung,” tambahnya. 

Acara Apresiasi Festival yang akan diselenggarakan GLN Gareulis Jabar pada tanggal 1 Juni 2024, bertempat di Youth Centre Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda No.140,  Kecamatan Arcamanik Kota Bandung, Jawa Barat.

Apresiasi Festival yang diselenggarakan GLN Gareulis Jabar pada tanggal 1 Juni 2024

 

Adapun dalam gelaran Festival Literasi para peserta memperebutkan juara 1 untuk 12 kategori dan juara umum provinsi untuk dua pemenang masing-masing hadiah uang sebasar Rp5.000.000.

Tidak hanya itu, hadiah lain yang telah disiapkan antara lain tropy, medali serta cindera mata dari para pejabat. 

“harapannya semua peserta bisa hadir dalam perhelatan ini baik itu nominasi bahkan sampai masyarakat yang belum pernah tau juga tentang GLN atau program talenta silahkan boleh hadir karena kita buka untuk umum sehingga mereka bisa mengetahui apa itu GLN Gareulis Jabar dan program-programnya dan langsung paham dampaknya dan mudah-mudahan penyelenggaraan apresiasi itu bisa berjalan baik, lancar dan bisa memberikan dampak yang positip terhadap pengembangan literasi di Jawa Barat khusunya dn juga memberikan contoh bagaimana implementasi literasi literasi-literasi dan memerasi di sekolahan bisa dilaksanakan” tutupnya. (Dali/Ft.Ist) 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.