Trenz Indonesia
News & Entertainment

GWN Bogor Raya Ikut Partisipasi Salurkan Bantuan Presiden RI Melalui Kemensos RI

369

Bogor, Trenz News | Pandemi Covid-19 yang belum pasti kapan akan berakhir, Pemerintah atas arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), telah memutuskan untuk melanjutkan program penyaluran bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 hingga Desember 2020.

Guna mendukung kebijakan tersebut, Kantor Staff Presiden (KSP) berinisiatif mengajak beberapa organ relawan untuk diseleksi guna membantu ikut menyalurkan bantuan sosial terhadap masyarakat yang terdampak covid 19, yang mana diantaranya yang lolos seleksi adalah GWN (Gema Wadyabala Nusantara) Bogor Raya.

GWN Bogor Raya sendiri, merupakan organ baru yang terbentuk dari peleburan antara Organ Relawan Gerakan Wadyabala Jokowi atau GWJ Kabupaten Bogor dan GWJ Kota Bogor. Sengaja GWN Bogor Raya tidak menghilangkan kata Wadyabala, karena ingin menjadi pengingat darimana GWN Bogor Raya itu bisa ada.

Sebagai langkah awal, di penghujung Juli 2020 lalu, dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan Covid-19, GWN Bogor Raya telah menyelenggarakan Program” Berbagi Kasih” bertema ‘Bertali Bersama Kita Peduli Terhadap Saudara Sekitar Yang Terdampak Covid-19’.  Melalui program tersebut, GWN Bogor Raya ikut membantu menyalurkan 100 paket sembako yang merupakan “Bantuan Presiden RI Melalui Kementerian Sosial RI” yang mengusung tema ‘Bersama Melawan Covid-19’ dan diberikan kepada warga di sekitar Bojong Gede serta beberapa jurnalis dari Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia yang terdampak Covid-19.

Menurut Runi Budi Haryanti selaku koordinator dari Gema Wadyabala Nusantara (GWN) Bogor Raya, pihaknya memang ingin membantu program Pemerintah dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Meski dilakukan secara mandiri, GWN Bogor Raya ingin urut berpartisipasi menjadi kepanjangan tangan pemerintah guna menyalurkan paket Bantuan  Presiden RI Melalui Kementerian Sosial RI, agar bisa langsung disampaikan ke masyarakat yang berhak dan tepat sasaran” ujar Runi, saat ditemui usai penyelenggaraan program GWN Bogor Raya, bertajuk ”Berbagi Kasih :  Bertali Bersama Kita Peduli Terhadap Saudara Sekitar Yang Terdampak Covid-19’, yang dilaksanakan di perumahan Waringin Elok, Kedung Waringin, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Rabu (29/078/2020) lalu.

Runi Budi Haryanti

“Alhamdulillah, sebanyak 100 paket sembako yang berasal dari Bantuan  Presiden RI Melalui Kementerian Sosial RI, sudah tersalurkan kepada warga Kecamatan Bojong Gede yakni dari Kelurahan Kedung Waringin, Bojong Baru, Lio Lebak, Bojong Siaga serta para jurnalis”, tambahnya.

Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN)  Indonesia  mengungkapkan bahwa tak hanya masyarakat, tapi wartawan juga ikut terdampak akibat Covid-19.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Gema Wadyabala Nusantara Bogor Raya yang telah memberikan perhatian penuh kepada FORWAN Indonesia terutama anggota kami yang ikut terdampak Covid-19. Sesungguhnya wartawan juga ikut terdampak Covid-19, saya hadir disini karena memang wartawan juga butuh diperhatikan”.  Jelas Sutrisno Buyil.

“Selanjutnya GWN Bogor Raya kembali ikut menyalurkan paket sembako yang berasal dari ‘Bantuan  Presiden RI Melalui Kementerian Sosial RI’ terhadap warga di sekitar Ciawi, Kabupaten Bogor dan daerah Bojong Gede, Selasa (18/08/2020) lalu”, lanjut Runi.

Lebih lanjut, Runi Budi Haryanti mengungkapkan bahwa aktifitas kali ini juga sesuai dengan visi dan misi GWN Bogor Raya yang diantaranya berupa gerakan sosial di masa pandemi untuk berpartisipasi membantu Pemerintah khususnya Presiden dan Kemensos, agar bantuan sosial bisa cepat sampai langsung kepada masyarakat

Menurut Runi, karena dilakukan secara mandiri maka kesulitan yang dihadapi GWN Bogor Raya lebih pada kendala transportasi di saat pengambilan atau penjemputan paket sembako dari gudang Kemensos RI ke lokasi target pembagian Bantuan Sosial.

“Untuk mengambil paket sembako dari gudang Kemensos RI hingga ke lokasi pembagian, kami masih harus swadaya untuk menanggulangi biaya transportasi”, jelas Runi.

“Diharapkan, Pemerintah juga ikut memikirkan bagaimana agar Bantuan tersebut bisa sampe ketujuan, dengan tidak memberatkan pihak lain yang turut membantu”, harapnya.

“Tentunya GWN Bogor Raya sangat bahagia bisa turut berpartisipasi menjadi kepanjangan tangan pemerintah, semoga berkah dan amanah untuk kita semua. Tetap semangat dan tetap jaga sehat”, pungkas Runi Budi Haryanti.(Fjr) | Foto: Dok. FORWAN Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.