Edutainment News

IKA Teladan Dan HIPAKAD Sukses Gelar Sentra Vaksin Booster di SMAN 3 Jakarta

JAKARTA, Trenz News |Untuk kali ketiga, Ikatan Keluarga Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta (IKA Teladan) yang bekerjasama dengan HIPAKAD (Himpunan Putra Putri Angkatan Darat) dan KODAM JAYA kembali menggelar serbuan vaksinasi massal.

Serbuan Vaksinasi tahap 1 bertitel “Program Vaksinasi Keluarga Besar Alumni SMAN 3 Jakarta” dengan menyediakan 1000 jenis vaksin yang terdiri dari vaksin Sinovac dan vaksin Astra Zaneca, sukses digelar di SMAN 3 Jakarta, pada Kamis, (12/08/2021) lalu.

Sedangkan Serbuan Vaksinasi tahap 2bertajuk ”Program Vaksinasi Keluarga Besar Alumni SMAN 3 Jakarta”, juga sukses digelar di SMAN 3 Jakarta, pada Sabtu (16/09/2021), dengan kapasitas 1000 dosis vaksin Sinovac dan 300 vaksin AstraZaneca.

Selanjutnya, turut mendukung kebijakan Pemerintah dalam pelaksanaan program vaksinasi dosis ketiga atau booster, Ikatan Keluarga Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta (IKA Teladan) yang bekerjasama dengan HIPAKAD (Himpunan Putra Putri Angkatan Darat) dan KODAM JAYA kembali menggelar kegiatan Vaksinasi Booster bertajuk “Sentra Vaksinasi Booster Keluarga Besar Alumni SMAN 3 Jakarta” Sabtu, 19 Februari 2022, di SMAN 3 Setiabudi, Jakarta. Dalam kegiatan Vaksin Booster tersebut HIPAKAD dan KODAM JAYAmenyediakan 2000 dosis vaksin berjenis Moderna, Pfizer danAstraZaneca dengan target 1000 peserta vaksin yang diberikan secara gratis.

Vaksinasi booster sendiri merupakan upaya mengembalikan imunitas dan proteksi klinis yang menurun di populasi yang ditemukan berdasarkan hasil sero survey. Selain itu, seperti yang diungkapkan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito, ‘vaksin booster secara tidak langsung dapat menjadi modal untuk penguatan pemulihan ekonomi’.

Pelaksanaan Vaksinasi Booster di sentra vaksin SMAN 3 Setiabudi Jakarta, diperuntukan bagi individu yang telah melaksanakan vaksin dosis kedua minimal 6 bulan sebelumnya dan telah memiliki tiket vaksin booster / Vaksin Ketiga yang diperoleh melalui aplikasi Peduli Lindungi.

Pelaksanaan Vaksinasi Booster tersebut juga sebagai upaya untuk mengembalikan imunitas karena ada kecenderungan penurunan antibodi sejak 6 bulan vaksin dosis kedua terutama di tengah kemunculan varian-varian Covid -19 termasuk varian Omicron dan proteksi klinis .

Selain diselenggarakan oleh IKA Teladan yang diketuai oleh Rachmat Gobel bekerjasama dengan HIPAKADdan KODAM JAYA, kegiatan Vaksin Booster di SMAN 3 Setiabudi Jakarta tersebut juga didukung oleh Alumni Lemhanas 51, Yayasan BUMNserta Komunitas Alumni SMAN 3 Teladan, Jakarta seperti Komunitas Sabhawana, Teladan Golf Club, Komunitas Teladan Cycling, Bakti Teladan juga donasi dari beberapa alumni seperti angkatan 372, 373, 381, 383, 386, 388, 391, 392 , 397, 398 dan angkatan 2001.

Yang istimewa, kegiatan “Sentra Vaksinasi Booster Keluarga Besar Alumni SMAN 3 Jakarta” tak hanya menjadi bentuk kepedulian keluarga besar SMAN 3 Jakarta terkait penanggulangan pandemi Covid-19, namun juga menjadi ajang silaturahmi dan keakraban antar sesama para Alumni SMAN 3 Jakarta. Sebagai sekolah favorit, tentunya SMAN 3 Setiabudi, Jakarta yang dikenal sebagai sekolah Teladan ini memang banyak meluluskan para tokoh penting, baik pejabat, pengusaha dan selebritas.

Tak heran bila di kegiatan Vaksin Boostertersebut juga dihadiri oleh tokoh tokoh terkenal diantaranya Kak DR (HC) Rachmat Gobel alumni 381 yang pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan dalam Kabinet Kerja Periode 2014-2019 dan sekarang menjadi Wakil Ketua DPRsekaligus Ketua IKA Teladan. Ada pula kak H. Erick Thohir B.A., M.B.A, alumni 388 yang kini menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Masih dari alumni 388, hadir pula Kak H. Isfan Fajar Satryo MM, Ketua HIPAKADyang tak lain merupakan putra Jenderal TNI Try Sutrisno, Wakil Presiden Indonesia ke-6 periode 1993-1998. Hadir pula DR. Hj. Indaryati Motik MBA Med, (Kak Atitje Motik) alumni 376 yang tak lain merupakan adik dari DR. H. Kemala Motik A. Gafur dan DR. H. Dewi Motik Pramono M.Si.

“Hebring deh, service untuk Lansia. 20 menit dah dapat Sertifikat vaksinnya”, ujar Kak Atitje Motik, antusias.

Yang tak kalah seru, hadir pula kak Harry De Fretes, pentolan Lenong Rumpiyang sering malang melintang di layar TV. Alumni 386 tersebut bahkan menjadi peserta pertama yang menerima Vaksin Booster di SMAN 3 Teladan Jakarta.

Harry De Fretes Usai Vaksin Booster Di Almamaternya

“Seneng banget bisa dapat booster di SMAn 3 Teladan, apalagi ini almamater tercinta”, cetus Harry De Fretes ceria.

Dalam sambutannya, mewakili Kak Rachmat Gobel selaku Ketua IKA Teladan, Kak Boyke Prasetyanto selaku Penasihat dari kegiatan Sentra Vaksin Booster menyampaikan bahwa Vaksinasi booster ini sangat penting bagi kita semua, Dimana saat ini kita mengalami kenaikan yang luar biasa atas Omicron yang dari hari kehari peningkatannya cukup luar biasa.

Boyke Prasetyanto

“Acara ini diinisiasi IKA teladan, HIPAKAD, Alumni Lemhanas 51 dan Kodam Jaya, dengan target 1000 vaksin yang diberikan secara gratis”, jelas Boyke.

“Dan harapannya Pemerintah menghimbau kepada kita semua dengan vaksin boosterini bisa menghambat kontaminasi dari virus Omicron”. Tambahnya.

“Acara ini semoga tidak berhenti sampai disini, kita lihat kalau masih banyak yang terkontaminasi, tentunya kita akan selenggarakan kembali.”, pungkas Boyke.

Senada dengan Kak Boyke, Dandim 0504/Jakarta Selatan, Kolonel Inf Jamaluddin, S.IPmenyatakan bahwa, “Hari ini disediakan 3 jenis vaksin untuk booster yakni Moderna, AstraZanrca dan Pfizer, tidak masalah menggunakan yang mana saja, yang jelas bisa menangkal kita dari serangan virus Covid-19.”.

Dandim 0504/Jakarta Selatan, Kolonel Inf Jamaluddin, S.IP

“Sampai dengan saat ini, untuk wilayah DKI Jakarta, untuk virus Omicron sudah mulai menunjukan penurunan. Mungkin karena tingkat kepedulian masyarakat cukup tinggi, terutama untuk wilayah Jakarta Selatan adalah yang tertinggi partisipasinya”, ungkap Kolonel Inf Jamaluddin, S.IP

Sementara Menteri BUMN, Kak Erick Tohir menegaskan, ‘Memang penting sekali, bagaimana sekolah bisa jadi pusat daripada membantu masyarakat setempat. Dan hari ini bisa dilaksanakan dengan baik, tidak hanya para Alumni, tapi juga masyarakat sekitarnya. Dan ini bagian dari program Pemerintah yang mendorong bagaimana vaksin booster itu sudah mulai kita tingkatkan.”.

Kak Erick Tohir Dan Kak Rachmat Gobel

“Alhamndulillah Indonesia menjadi salah satu Negara yang terbaik dalam melakukan vaksinasi di dunia. Karena itu banyak sekali sekarang program dari percepatan Vaksinasi. Ini didorong lagi oleh bapak Presiden, untuk mengimbangi Omicron yang memang sedang lagi tinggi tingginya.”, jelasnya.

“Dan In syaa Allah niat bailk dari SMAN 3dan alumninya ini di apresiasi oleh Pemerintah dan tentu saya sebagai Menteri BUMN yang diundang juga sangat mengapresiasi.”, tegas Kak Erick Thohir.

H. Isfan Fajar Satryo MM, selaku Ketua HIPAKAD menjelaskan bahwa Kerjasama HIPAKAD dengan IKA Teladan terkait kegiatan vaksin ini sudah dilakukan untuk yang ketiga, yang didampingi dengan KODAM JAYA..

H. Isfan Fajar Satryo MM, Ketua HIPAKAD

HIPAKAD aan KODAM JAYA menyediakan vaksin dan nakesnya, serta kebutuhan tenda juga difasilitasi oleh KODAM JAYA. Ada 12 Vaksinator dari KODAM JAYA, dengan target 1000 dosis vaksin”, jelas Kak Isfan.

“Alhamdulillah 3 kali kegiatan vaksin di SMAN 3 berjalan lancar dan target target terpenuhi”, ujar kak H. Isfan Fajar Satryo MM.

Ditengah tengah pelaksanaan kegiatan Vaksin Booster, Dra Helmi Rosana M.Aselaku Kepala Sekolah SMAN 3 Teladan Jakarta kepada Trenzindonesia.com menyampaikan bahwa, “Hari ini SMAN 3 Jakarta tengah berlangsung kegiatan vaksin booster. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara IKA Teladan dan HIPAKAD”.

Dra Helmi Rosana M.A Kepala Sekolah SMAN 3 Teladan Jakarta

“Ada 3 unsur yang ditargetkan untuk Vaksin oleh IKA Teladan dan HIPAKAD yakni Unsur Alumni beserta keluarga dan guru guru, Unsur Lemhanas dan unsur Masyarakat”, jelas Dra Helmi Rosana M.A

Sedangkan Kak Evo Meirita selaku Ketua Pelaksana Sentra Vaksin Boostermenjelaskan bahwa kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 hingga pukul 12.00 WIB tersebut, dipersiapkan sejak dua pekan sebelumnya.

Kak Evo Meirita (ke2 dari Kanan) bersama Panitia Sentra Vaksin Booster

“Secara keseluruhan ada 25 team IKA Teladan yang terlibat di kepanitian dibantu 30 orang dari komunitas Sabhawana. Alhamdulillah meski persiapannya hanya 2 pekan, tapi berkat kerjakeras dan kekompakan semuanya, acara sentra Vaksin Booster ini bisa terlaksana secara tertib dan terkelola dengan baik.” Papar KakEvo Meirita yang merupakan alumni 383.

Secara keseluruhan, pelaksanaan “Sentra Vaksinasi Booster Keluarga Besar Alumni SMAN 3 Jakarta”,  melibatkan 38 tenaga kesehatan. Dari 1060 orang yang teregistrasi, sebanyak 1.053 orang berhasil di vaksin booster yakni 240 (Pfizer), 253 (AstraZaneca) dan 560 (Moderna). 4 orang gagal vaksin dikarenakan sakit (2 orang) dan tensi tinggi 2 (orang) sementara 3 lainnya tidak hadir.

Selain Vaksin Booster, seluruh peserta vaksin juga mendapatkan sertifikat vaksin serta goody back berisi masker, 3 jenis vitamin yakni Vit C, Vit D3 dan Natur E serta snack box.

Panitia Sentra Vaksin Booster, IKA Teladan

Kegiatan “Sentra Vaksinasi Booster Keluarga Besar Alumni SMAN 3 Jakarta” juga didukung Media Partner yakni ANTV, NET TV, Indika FM,  VRadio serta Media Online trenzindonesia.com dan telescopemagz.com.(Fjr) | Foto: Fajar & Istimewa

 

 

 

Avatar

Fajar Irawan

About Author

Ketua Komunitas Penulis Kota Bogor I Bendahara Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia I Ketua Silverian '86 Region Bogor I Content Writer I Journalist I Photographer I Vice President Bogor Chapter 'Calon Jenazah Motorcycle Club' I PRESS #GasTipisTipis E-mail: fajar_fireone@yahoo.com Telp / WA: +62 855 740 5555

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

News

Wedari Hadirkan Keindahan Balijava Batik Kudus Koleksi Denny Wirawan

  • September 29, 2017
Rayakan dua dekade berkarya di industri fashion tanah air, Denny Wirawan Angkat khasanah kekayaan ragam motif langka Batik Kudus Lewat
News

Indonesia Digital Popular Brand Award 2017 Fase III

  • September 30, 2017
Indonesia Digital Popular Brand Award, merupakan penghargaan terpercaya dan paling bergengsi bagi merek-merek di Indonesia yang berhasil menancapkan popularitas mereknya