Trenz Indonesia
News & Entertainment

Ikatan Apoteker Indonesia Menyambut Era Baru dengan UU Kesehatan 2023

183

Jakarta, Trenzindonesia.com | Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) di Solo, Jawa Tengah, pada tanggal 22-26 Agustus 2023. 

Acara ini dihadiri oleh beberapa pejabat terkemuka, termasuk Muhadjir Effendy (Menteri Koordinator Bidang PMK), Lucia Riska Andalucia (Dirjen Farmalkes), Arianti Anaya (Dirjen Nakes), dan sejumlah tokoh lainnya.

Pada 23 Agustus 2023, Rakernas akan menjadi ajang penting bagi Ikatan untuk membahas arah ke depan dalam menghadapi perubahan signifikan yang diakibatkan oleh UU No 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan. Dalam konteks ini, IAI siap mendukung perkembangan dunia kefarmasian dan tetap fokus pada peran luhur apoteker dalam memajukan kesehatan di Tanah Air.

Noffendri Roestam, Ketua Umum PP IAI

 

Noffendri Roestam, Ketua Umum PP IAI, menyatakan bahwa meskipun adanya kemungkinan munculnya organisasi profesi apoteker lain akibat UU terbaru, IAI akan tetap mendukung upaya bersama untuk kemajuan profesi dan kesehatan nasional. IAI juga akan terus berupaya melakukan perbaikan dan kontribusi terhadap praktik kefarmasian.

Selama acara PIT yang berlangsung dari 24 hingga 26 Agustus 2023, sebanyak 47 simposium, 8 workshop, dan 16 presentasi oral akan diselenggarakan. Ini merupakan pertemuan tatap muka pertama setelah periode virtual selama pandemi Covid-19. Meskipun demikian, jumlah peserta PIT terus meningkat dan tahun ini, panitia menargetkan sekitar 1.250 Apoteker hadir.

Dalam memandang masa depan, Apoteker dihadapkan pada tantangan baru, termasuk perubahan paradigma pelayanan kefarmasian menjadi lebih berfokus pada pasien. 

Transformasi teknologi dan digitalisasi akan mendukung peran apoteker dalam meningkatkan hubungan dengan pasien, serta memperkuat kolaborasi antar tenaga kesehatan.

Dengan mengusung tema “Synergizing Global Innovations: Empowering Pharmacy for Sustainable Global Health Solution,” PIT dan Rakernas IAI 2023 bertujuan untuk meningkatkan kapasitas apoteker dalam menjalankan praktik kefarmasian, memberikan edukasi kesehatan, dan memperkuat peran dalam pembangunan kesehatan yang dinamis, sesuai dengan perkembangan global.

Ardiyansyah, Ketua Panitia Rakernas dan PIT 2023

Ardiyansyah, Ketua Panitia Rakernas dan PIT 2023, menyatakan bahwa saat ini kesehatan global mengalami perubahan signifikan, dengan peningkatan pembelanjaan kesehatan, populasi yang menua, dan peningkatan permintaan akan layanan kesehatan yang lebih baik. Pergeseran fokus dari pengobatan ke pencegahan penyakit juga menjadi semakin penting.

Selain kegiatan ilmiah, acara ini akan dimeriahkan dengan Gala Dinner pada 24 Agustus 2023. Acara ini menampilkan para apoteker dari berbagai daerah di Indonesia, yang akan tampil dengan lagu, tarian, dan pakaian khas daerah masing-masing, serta fashion show dari desainer nasional.”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.