Trenz Indonesia
News & Entertainment

Indahnya Toleransi Umat Beragama Saat Perayaan Imlek Di Kelenteng Ho Tek Bio Brebes

Cerminkan Persatuan dan Kesatuan

39

Brebes, Trenzindonesia | Puluhan petugas gabungan dari TNI -Polri, Satpol PP, Banser dan juga Kesbangpol kabupaten Brebes, Kawal perayaan tahun baru Imlek 2574/2023, di kelenteng Hok Tek Bio Brebes, Jalan Binaji No.12, Jateng, Sabtu Malam (21/1/2023).

Di Sampaikan Dandim 0713 Brebes, melalui Danramil 01 Brebes, Kapt.inf. Kunpriyanto SE, bahwa pengamanan juga melibatkan anggota unit INTEL dari kedua institusi tersebut, namun penempatannya di lakukan di Ring kedua atau di lingkungan di luar kelenteng

“Kami berupaya memberikan kenyamanan kepada masyarakat Tionghoa yang akan berdoa merayakan Kongzili ( Shio kelinci ) atau Tahun baru imlek 2574  di kelenteng Hok Tek Bio Brebes”, ujar  Kapt.inf. Kunpriyanto SE,

Kunpriyanto juga menegaskan bahwa tidak ada kendala dalam tugas pengamanan itu, karena di lokasi tidak terjadi kerumunan yang berbeda – beda pada perayaan imlek tahun ini, begitu juga dari tahun – tahun sebelumnya, dikarenakan adanya support Lintas Agama yang hadir saat perayaan, sebagai bentuk kerukunan antar umat beragama, termasuk dari TNI, Koramil 01 Brebes, yang sebelumnya telah mengerahkan anggotanya untuk melakukan Bersih- bersih, Pengecatan Klenteng dan membantu mencuci Rupang patung Dewa – Dewi, Seminggu jelang perayaan ( 15/1)

“Malam ini puncak perayaan Kongzili kita melakukan pengamanan, Semoga kegiatan yang di lakukan anggota kami bisa bermanfaat bagi masyarakat Konghucu di Brebes”, imbuhnya.

Di sampaikan Gunawan selaku pengurus Vihara Brebes, bahwa di hari pertama perayaan imlek juga di lakukan Doa bersama yang di pimpin Acoy / Thio Jun Coi, untuk keselamatan Bangsa Indonesia dan juga Mendoakan Almarhum Gus Dur atau KH. Abdurrahman Wahid ( Presiden RI – Ke 4 )

Menurutnya, Berkat Kebijakan Gus Dur, kala itu yang menetapkan Imlek sebagai Salah satu hari Libur di Indonesia (9 April 2001) sehingga masyarakat Tionghoa bisa rayakan imlek saat ini.

Gunawan Berharap, walaupun perayaan imlek tahun ini di lakukan secara sederhana namun tidak mengurangi maknanya. Terlebih perwakilan dari Santri dan umat Kristiani juga turut hadir saat perayaan, sebagai bentuk kerukunan antar umat beragama bahkan saat makan malam bersama dengan petugas keamanan. Doa sebelum makan di pimpin oleh Adit Ramadhani yang merupakan Santri dari Pondok pesantren Darul ABRAR , Kelurahan Pasar Batang Brebes.

Di sampaikan salah satu Umat Konghucu, Sdr Odie Susanto, Acara bersih – bersih yang di laksanakan Forum komunikasi Pimpinan Daerah di vihara Brebes, mencerminkan kerukunan  Toleransi umat beragama yang solid, erat, kekeluargaan, meskipun berbeda – berbeda satu juga ( Bhinneka Tunggal Ika ) yang harus di pertahankan.

Odie mengajak Umat Konghucu yang merayakan imlek di Brebes agar merayakan penuh Suka cita, di rayakan secara sederhana  membawa kedamaian, Sehat Jasmani dan Rohani, Semoga imlek tahun ini membawa banyak Rejeki, Badan Sehat, Keluarga Sehat, Usaha Lancar, Masalah cepat teratasi. ” tutupnya. (Fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.